Troposfer: Pengertian, Ciri-ciri, kandungan dan mafaat-nya lengkap

Posted on

Troposfer – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Troposfer pengertian, ciri-ciri, kandungan dan manfaat lapisan troposfer. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Keanekaragaman Ekosistem.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Troposfer, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Bumi

Bumi merupakan planet yang berada di tata surya yang dapat di tempati oleh makhluk hidup. Bumi adalah planet yang di lapisi oleh udara.

Atmosfer adalah udara yang menyelimuti bumi yang memiliki ketebalan sampai berkilo-kilo meter. Pada atmosfer ini mempunyai beberapa lapisan. Dan lapisan-lapisan tersebut mempunyai nama yang berbeda-beda selain nama yang berbeda tentunya memiliki manfaat danfungsi yang berda-beda.

Lapisan atmosfer tersebut ialah troposfer, mesosfer ionosfer atau termosfer, eksosfer dan startosfer. Pada pertemuan kali ini kita akan membahsa tentang troposfer.

Pengertian Troposfer

Troposfer adalah suatu lapisan atmosfer yang menempati lapisan atmosfer terendah dan yang paling dekat dengan bumi dari lapisan atmosfer yang lain.

Lapisan troposfer ini mempunyai ketebalan sekitar 16 km pada bagian khatulistiwa, sedangkan di daerah kutub mempunyai ketebalan sekitar 7-8 km. Dan ketebalan rata-rata pada lapisan troposfer dari permukaan bumi mencapai 11 km. Lapisan troposfer ini adalah lapisan yang berada paling bawah atau yang paling mendekati dengan bumi.

Campuran gas yang ada di lapisan atmosfer ini adalah jenis gas yang paling cocok atau ideal untuk kehidupan di bumi.

Di lapisan troposfer inilah terjadinya fenomena seperti hujan, awan, kabut, petir dan fenomena lainnya. Sedangkan suhu pada lapisan troposfer ini mencapai -600 C.

Ciri-ciri troposfer

Lapisan troposfer mempunyai ciri-ciri selain lapisan paling rendah yaitu sebagi berikut:

Tempat segala peristiwa alam terjadi seperti suhu, cuaca, kelembaban dan lainnya.

Setiap naik 100 meter maka suhu udara akan turun sebesar 0,50 C sampai 0,640C, dan saat turun maka akan naik suhu tersebut.

Mempunyai ketinggian yang berbeda-beda pada setiapn tempat seperti yang telah di katakan sebelumnya.

Di dalam lapisan troposfer ini adanya sebuah lapisan tropopause merupakan sebuah lapisan yang letaknya di antara lapisan startosfer dan lapisan troposfer. Pada lapisan ini adalah tempat terjdinya suhu udara berhenti menurun karena pada lapisan ini bersifat positif ke negatif.

Itu lah beberapa ciri-ciri yang di miliki oleh lapisan traposfer.

Kandungan lapisan Troposfer

Selain ciri-ciri lapisan troposfer, di dalam lapisan troposfer ini memiliki kandungan-kandungan, yaitu memiliki berbagai macam molekul atau komponen yang menjadi penyusun lapisan ini.

Penyusun lapisan ini terdiri dari komposisi kimia yang berbeda-beda, selain kandungan uap air yang makin menurun jika ketinggiannya bertambah.

Hampir 99% lapisan ini terdiri dari uap air, kandungan uap air yang berada di kutub lebih sedikit dari pada daerah yang lainnya. Uap air ini memiliki fungsi sebagai mengatur suhu udara. Kandungan-kandungan di lapisan ini selain uap air adalah sebagai berikut:

  • Uap air 99%
  • Hidrogen
  • Asap
  • Karbondioksida
  • Nitrogen 78%
  • Polutan
  • Jejak argon
  • Oksigen 21%

Troposfer sendiri di ciptakan bukan hanya semata-mata hanya menciptakan fenomena-fenomena yang telah di sebutkan sebelumnya, tetapi lapisan troposfer memiliki manfaat bagi kehidupan.

Manfaat troposfer

Manfaat troposfer bagi kehidupan itu sendiri yaitu antara lain:

  • Adanya cuaca

Lapisan troposfer merupakan salah satu lapisan atmosfer tempat terjadinya fenomena alam cuaca seperti angin darat, hujan, petir, awan, hujan dan lain-lain. Perubahan cuaca hanya terjadi pada lapisan ini.

Udara yang berada di khatulistiwa lebih panas dari pada kutub, karena ini dapat mengakibatkan adanya pemanasan merata oleh matahari yang berdampak terjadinya pergerakan angin dan juga kelembaban. Para ahli meteologi dapat melihat cuaca yang ada di bumi dengan cara melihat pada lapisan troposfer.

  • Lapisan yang mempunyai uap air

Uap air adalah elemen terpenting bagi kehidupan dan keberlangsungan kehidupan. Lapisan ini adalah lapisan terjadinya siklus air. Dengan suhu yang rendah pada lapisan troposfer ini mengakibatkan uap air tidak dapat menembus kelapisan atmosfer yanglebih tinggi karena lapisan atmosfer yang lain tidak memiliki uap air.

  • Tempat terjadinya hujan

Dari gesekan udara dan permukaan bumi akan mendorong partikel naik ke udara. Dan keduanya bersentuhan dengan kelembapan yang mengakibatkan pembentukan awan lalu menyebabkan curah hujan.

Karena lapisan troposfer ini memiliki uap air maka terjadi proses kondensasi lalu proses tropopuse dan akan jatuh ke bumi dalam bentuk struktur bumi yaitu yang di sebut sebagai hujan.

Sumber udara yang di butuhkan untuk kehidupan

Pada lapisan troposfer ini juga dapat menghasilkan udara yaitu karbondioksida yang di perlukan untuk keberlangsungan makhluk hidup yang ada di bumi.

  • Lapisan untuk melajunya pesawat terbang                                              

Pesawat terbang yang di gunakan pada kehidupan sehari-hari sebagai alat transportasi selam ini melintas di lapisan troposfer. Dengan pesawat dapat mempermudahkan manusia untuk bepergian jauh karena dengan menggunakan pesawat terbang dapat mempersingkat waktu perjalanan.  Lapisan ini adalah lapisan yang aman untuk di lintasi oleh pesawat terbang.

  • Sebagai sumber udara yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Itulah beberapa manfaat yang dapat di rasakan oleh makhluk hidup. Selain itu masih banyak manfaat yang lainnya yang tidak dapat kita rasakan yang tidak di sadari oleh makhluk hidup.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Troposfer yang mencakup pengertian ciri-ciri, kandungan dan manfaat lapisan troposfer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Lapisan Atmosfer : Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
Penyebab Penipisan Lapisan Ozon Beserta Dampak-nya Lengkap