Terumbu Karang : Pengertian, Manfaat, fungsi dan proses terbentuk terumbu karang lengkap

Posted on

Terumbu Karang – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Terumbu Karang pengertian, Manfaat, fungsi dan proses terbentuknya terumbu karang. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Troposfer.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Terumbu Karang, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan sebuah batuan sedimen yang terbentuk dari kalsium karbonat yang di hasilkan oleh suatu biota laut yaitu penghasil kalsium karbonat lalu tersedimentasikan. Dari sebuah karang atau alga yang mempu bersedimentasi

Di sekitar terumbu karang terdapat hewan avertebrata hewan-hewan tersebut  ialah crustacea, bulu babi, siput, teripang, ikan-ikan kecil, anemo laut, kerang-kerangan, bintang laut, ganggang, ular laut, alga dan penyu laut.

Terumbu karang dapat sangat bermanfaat jika di kelola dengan baik dan benar dan hidup yang baik. Terumbu karang adalah ekosistem laut dangkal di sebuah iklim tropis yang produktif dan kompleks, terumbu karang juga merupakan ekosistem yang paling rentan terhadap daya dukung yang terbatas dan perubahan lingkungan.

Manfaat terumbu karang

Terumbu karang mempunyai manfaat yang di bedakan menjadi 3 kategori yaitu:

Terumbu karang secara ekologi

Manfaat secara ekologi yang di maksud adalah manfaat dalam hal timbal balik antar makhluk hidup.  Terumbu karang mempunyai manfaat secara ekologi yaitu:

  • Bermanfaat untuk sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut dan habitat. Selain untuk mencari makan, terumbu karang juga bermanfaat untuk berlindung, berkembang biak dan untuk tempat tinggal.
  • Sebagai sumber keanekaragaman hayati. Keanekaragaman terumbu karang sangatlah tinggi untuk genetik dan spesies yang di temukan mempunyai ketahanan hidup yang tinggi
  • Menjadi pelindung ekosistem yang berada di sekitarnya, seperti ekosistem fungsi hutan bakau, melindungi pantai dan meindungi pesisir dari ombak yang besar karena terumbu karang dapat memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan.
  • Dapat mengurangi dampak pemanasan global dengan proses kimia yang ada pada terumbu karang dan zooxanthellae. Proses kimia pada terumbu karang merupakan peroses berlangsungnya gas CO2 menjadi zat kapur.

Terumbu karang secara sosial

  • Untuk penunjang kegiatan pendidikan dan penelitian yang ada di dalamnya dan tumbuhan dan hewan yang berada di dalam ekosistem terumbu karang agar dapat lebih mudah untuk di pelajari.
  • Dapat di manfaatkan untuk tempat rekreasi dengan bentuk yang indah.

Terumbu karang secara ekonomi

  • Terumbu karang memiliki sumber perikanan yang tinggi. Di dalam terumbu karang terdapat beberapa jenis ikan yang dapat di tangkap untuk pangan manusia. Terumbu karang juga dapat di manfaatkan sebagai obat-obatan.
  • Sebagai tempat objek wisata yang dapat meningkatkan sumber ekonomi untuk masyarakat sekitar.
  • Di terumbu karang terdapat biota yang dapat di manfaatkan masyarakat, dapat di jadikan sebagai sumber pangan atau dapat di jual kembali.
  • Ikan, rumput laut dan teripang dapat di gunakan sebagai sumber bibit bududaya.
  • Terumbu karang juga dapat di manfaatkan sebagai untuk pembuatan kosmetik.

Itu lah beberapa manfaat terumbu karang yang dapat di rasakan saat ini.

Terumbu karang yang ada di Indonesia adalah 1/8 yang ada di dunia yang tersebar di lautan Indonesia.oleh karena itu Indonesia adalah tempat keanekaragamn biota laut yang besar dari dapa negara lainnya. Luas keseluruhan terumbu karang yang ada di Indonesia adalah 60.000 km2.

Di lautan Indonesia terdapat 350 spesies karang scleractinian dan 263 spesies ikan hias laut yang hidup di dalamnya. Pada saat ini banya terumbu karang yang mengalami kerusakan baik rusak karena keadaan alam atau kerusakan oleh tangan manusia.

Sebanyak 7%  terumbu karang berada dalam keadaan baik-baik saja, 33% dalam keadaan cukup baik, 46% mengalami kerusakan dan 4% dalam keadaan kritis.

Proses terbentuknya terumbu karang

Terumbu karang terbentuk dengan melalui proses dari endapan-endapan masif kalsium karbonat (CaCO3) yang di dapat dari organisme karang pembentuk terumbun, filum Cnidaria, ordo Sceractinia yang hidup bersimbiosis dengan zooxantellae dan alga berkapur serta organisme lainnya. Di terumbu karang terdapat hewan karang yang masuk ke kelas Anthozoa ( hewan pembentuk bunga). Hewan karang merupakan binatang.

Fungsi terumbu karang

Terumbu karang mempunyi fungsi sebagai berikut:

  • Pelindung ekosistem pantai

Terumbu karang dpaat berfungsi untuk menahan dan memecah enegri gelombang agar tidak terjadi abrasi.

  • Penghasil oksigen

Terumbu karang dapat menghasilkan oksigen sama seperti hutan pada daratan.

  • Rumah untuk berbagai jenis makhluk hidup

Di terumbu karang banyak tempat untuk makhluk hidup tinggal di dalamnya. Selain terdapat tempat untuk tempat tinggal, di dalamnya juga terdapat tumbuhan sebagai makanan. Hal ini membuktikan bahwa terumbu karang adalah tempat produksi ikan yang baik.

  • Sumber obat-obatan

Di terumbu karang terdapat zat-zat kimia yang dapat di gunakan untuk memproduksi obat-obatan

  • Objek wisata

Dengan terumbu karang yang indah dapat menarik wisatawan datang berkunjung. Banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk diving melihat warna-warni dan bentuk terumbu karang yang indah sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat sekitar.

  • Daerah penelitian

Terumbu karang menyimpan banyak manfaat yang belum di ketahui, banyak penelitian datang mencari terumbu karang sebagai objek penelitian untuk di teliti.

  • Mempunyai nilai spiritual

Banyak masyarakat mempercayai laut merupakan daerah spiritual yang penting.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Terumbu Karang yang mencakup pengertian, Manfaat, fungsi dan proses terbentuknya terumbu karang.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Manfaat Terumbu Karang Beserta Penjelasannya
Ekosistem Laut : Pengertian, Ciri-ciri, Zona, Jenis, dan Manfaat Beserta Penjelasan Lengkap