9 Tanaman Langka di Papua dan Penjelasan-nya Lengkap

Posted on

Tumbuhan Langka di Papua– Pada maeteri kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai jenis tumbuhan apa saja yang langka yang ada di Papua. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi Kondisi Georafis dan Astronomis Papua.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan materi Tumbuhan Langka di Papua, kalian dapat simak materi berikut ini :

Papua merupakan salah satu dari pulau besar yang berada di Indonesia timur. Wilyah papua sangat luas, hingga menempakan sebagai pulau terbesar kedia didunia. Pulau papua memiliki luas 421.981 km2 dan populasi penduduknya sekitar 3 juta jiwa.

Dari luasnya pulau papua tersebut, didalmnya tersembunyi banyak tumbuhan yang hanya ada di papua, tumbuhan tersebut termasuk kedalam tumbuhan yang langka atau yang di lindungi. Beberapa tumbuhan tersebut juga memiliki ciri unik.

Berikut penjelasan legkapnya.

1. Anggrek Hitam Papua

Anggrek Hitam

Tumbuhan anggrek hitam papua, adalah merupakan bunga yang sangat cantik dan juga eksotis. Hal ini karena bunga ini merupakan endemik papua, yaitu yang hanya ada di papua atau tanaman endemik Indonesia.

Bunga anggrek hitam ini juga ada di Kalimantan, namun yang di Kalimantan kelopaknya berwarna hijau. Jika yang ada di papua kelopaknya berwarna hitam.

Bunga anggrek hitam ini tergolong dalam bunga yang langka, karena sangat sulit untuk dibudidayakan. Bibit bunga anggrek ini harus benar – benar ditanam pada tempat yang seperti habitat aslinya.

Sehingga bunga anggrek ini keberhasilan dalam membudidayakannya hanya 20% – 30% saja pada setiap musimnya.

Untuk menemukan induk anggrek ini, harus memasuki arean pedalaman hutan papua, namun hanya sedikit kemungkinan untuk menemukannya dialam liar yang juga sangat terbatas.

jika ada yang menjual anggrek ini, juga sudah dipastikan harganya akan sangat mahal. Ada juga kolektor yang pernah mendapatkan anggrek hitam ini, dan harga mencapai 100 juta rupiah.

2. Anggrek Stuberi

Anggrek Stuberi

Selain anggrek hitam, ada juga nggrek yang lainnya, yaitu anggrek stuberi yang uga termasuk kedalam tanaman langka di papua. Warna pada anggrek ini berkombinasi, yaitu warna putih dan ungu pada kelopaknya. Keistimewaan pada anggrek ini yaitu berada pada kelopaknya yang berbentuk gelombang.

Di papua tumbuhan ini memiliki nama ilmiah, yaitu Dendrobium Iasianthera yaitu termasuk kedalam jenis flora yang sangat dilindungi.

Tidak semua orang dapat memlihara tanaman ini, karena pasalnya angrek stuberi ini masuk dalam tanaman budidaya yang tumbbuh di lingkkungan konservasi. Karena hal ini aka nada sanksi tegas untuk orang yang terbukti memilihara anggrek ini.

3. Musa Ingens (Pisang Raksasa)

Pisang Raksasa

Bukan hanya jenis bunga yang ada di papua yang langka, yaitu adanya juga yang berupa buah. Buah Musa Ingens merupakan salah satu jenis buah unik yang hanya dapat dijumpai di papua.

Buah ini adalah buang pisang raksasa yang memiliki ukuran yang berbeda dengan buang pisang biasanya.

Buahnya memilii ukuran yang besar, bukan hanya buahnya, pohonnya juga memiliki ukuran yang besar, yang terbilang raksasa karena dapat tumbuh hingga 15 meter, dan lingkar batangnya  mencpai 2 meter dan pelepah nya dapat mencapai 5 m.

Musa ingens memiliki buah yan ukurannya sebesar lengan orang dewasa. Tumbuhan ini dapat dijumpai dihutan di papua khususnya di pegunungan Arfak, namun sangat sulit untuk dibudidayakan.

Meski memiliki buah yang besar, ternyata buah ini tidak dapat dikonsumsi karena rasanya yang hambar.

4. Anggrek Besi

Anggrek Besi

Pulau papua memang sangat kaya dengan Bungan anggrek yang langka. Bunga nggrek besi ini cukup terkenal dan juga merupakan bunga yang langka.

Anggrek ini memiliki ciri kelopaknya berwarna hijau dan putiknya berwarna ungu. Jika memandangi dengan waktu yang cukup lama bunga ini akan terlihat semakin cantik dan menarik.

Anggrek besi merupakan tumbuhan yang langka di papua. Namun tidak banyak orang yang bisa memilikinnyaa, yaitu karena juga harga yang sangat tinggi. Satu tanaman anggrek ini bisa menyentuh harga puluhan juta rupiah.

Budidaya anggrek besi ini tergolong mudah, sehingga banyak yang menjualnya dan diberikan harga yang lebih terjangkau.

5. Buah Merah

Buah merah

Papua juga memiliki jenis buah yang unik lainnya, dan yang hanya terdapat dipapua. Buah merah adalah buah yang memiliki ukuran besar dan bentuknya seperti jagung. Buah ini bukan hanya untuk hiasan rumah, buah tersebut jua dapat dikonsumsi dan memilikki rasa yang enak.

Buah ini memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus ternyata memiliki beragam manfaat, khususnya pada Kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu saat kita memakan buah ini akan menurunkan resiko anker, hipertensi, dan penyakit jantung.

Buah merah ini juga dikatakan mengandung zat antibody untuk hal meninkatkan daya tahan tubuh untuk tidak mudah sakit.

Buah ini memiliki ukuran panjang mencapai 100 meter dan berdiameter 18 cm dengan berat 7,5 kg. buah ini dikonsumsi masyarakat papua bersamaan dengan upacara batu.

6. Bunga Jenggot

Bunga Jenggot

Saat ini belum ada konfirmasi pasti mengenai nama buah ini. Bunga jenggot ini pertamakali ditemukan oelh Ruth Karma, wara Biak, Manokwari, Papua Barat. Bunga ini ditemukannya pada tahu 2011 dan diambil dalam batu yang berada di Goa adibai, biak, papua.

Tampilan bunga ini sangat unik. Bunga ini memiliki warna putih kusam dan memanjang yang mencapai 1 meter. Sekilas bunga ini erlihat sepeti tanaman rambat atau tanaman gantung. Ruth , yang menemukan tanaman tersebut memilih untuk merawatnya dirumah. Dna bunga ini pernah di pamerkan dalam Majelis Rakyat Papua Barat.

7. Rabon Pi

Rabon Pi

Rabon pi juga merupakan salah satu tumbuhan langka yang di papua. Tumbuhan ini merupakan buah unik yang hanya bisa temukan di Bumi cendrawasih.

Jika dilihat sekilas, bunga ini mirip dengan jambu air. Pada bagian kulit buahnya berlendir dan  juga memiliki ukurnan sebesar genggaman tangan orang dewasa.

Kanon adalah buat dari rabon pi, buah ini dapat menyambuhkan penyakit mata rabun. Hal ini pernah dicoba oleh seorang warga belanda, Heinrich yang berkunjung pernah ke papua.

Heinrich melakukannya dengan merendap biji buah rabin pi tersebut lalu meneteskannya ke mata yang rabun dekat. Awalkan terasa perih, namun heinrich mengaku rabun dekatnya pulih secara derastis.

Selain rabun dekat, biji juga bisa untuk menyebuhkan rabun jauh hingga katarak. Buah rabon pi tidak dapat dikonsumsi.

8. Bintangur

Bintangur

Bintangur adalah buah langka, yang hanya dapat ditemukan di papua. Buah memiliki warna hijau dan jika dilihat tidak menarik untuk dimakan. Masyarakat papua tidak memakan atau mengolahnya, melanikan diolah untuk menjadi bahan bakar.

Buah ini mengandung minyak yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar. Untuk memperoleh minyak ini, harus mengerikan buah ini terlebih dahulu dengan sinar matahari. Lalu disaring untuk memisahkan dengan benda atau endapan yang terdapat diminyak tersebut.

Kemudian minyaknya dijadikan pengganti BBM. Buah ini cukup langka ditempat lain, namun buah ini cukup melimpah di bumi cendrawasih.

9. Matoa

Buah Matoa

Buah ini sudah tidak sangat asing didengar, karena buah ini sudah hampr tersebar ke sekuruh nusantara. Sebenarnya buah ini adalah buah endemik papua.

Buah motoa memiliki perpaduan rasa durian dan kelengkeng. Dari rasa yang uniinya banyak yang menyukai buah matoa.

Buah matoa ini memiliki khasiat, yaitu dapat melancarkkan peredaran darah, menceah hiperteni dan menghambat penumbuhan sel kanker dna juga tumor.

Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai Tumbuhan Langka di Papua.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Kondisi Geografis dan Astronomis Papua : Provinsi Papua, Letak Geografis, Hidrologi, Iklim, Kondisi Topografi, Flora dan Fauna, Penduduk, dan Kebudayaan
Persebaran Daerah Pertambangan di Indonesia dengan penjelasan