Sumber Daya Tambang Beserta Manfaatnya Lengkap

Posted on

Sumber Daya Tambang – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai sumber daya tambang, pada materi kali ini kita akan membahas pengertian sumber daya tambang, pengertian barang tambang, macam macam sumber daya tambang, manfaat sumber data tambang, jenis sumber daya tambang, asal pembentukan barang tambang dan hasil tambang di Indonesia dan daerahnya. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Garis Lintang.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang sumber daya tambang, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Sumber Daya Tambang

Sumber Daya Tambang merupakan sesuatu yang keluar dari dalam bumi yang dapat digunakan dan di manfaatkan oleh manusia. Sumber daya tambang masuk dalam kategori jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui,

kenapa barang tambang termasuk sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui ?

sumber daya tambang tidak dapat diperbarui karena memulihkan barang tambang ketertersediaan membutuhkan waktu ribuan tahun. Di Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki beragam sumber kekayaan barang tambang, mulai dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke.

Pengertian Barang Tambang

Barang tambang merupakan sumber daya alam yang berasal dari dalam bumi yang sifatnya tidak bisa diperbaharui karena pembentukkannya membutuhkan waktu yang lama sampai ribuan tahun bahkan sampai jutaan dan jutaan tahun.

Pertambangan dilakukan dengan cara menggali, mengambil sumber daya alam yang terkandung di dalam perut bumi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dalam kegiatan pertambangan yang dilakukan secara tidak terbatas tentunya dapat merusak ekosistem lingkungan disekitarnya. Barang tambang yang di ambil kemudian akan digunakan sebagai  barang setengah jadi seperti industri bahan dasar.

Jenis Barang Tambang

Barang tambang yang ada di bumi ini dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu jenis barang tambang berdasarkan manfaat atau kegunaannya dan barang tambang berdasarkan bentuknya. Berikut ini penjelasan jenis barang tambang yang ada :

a. Berdasarkan Manfaat Atau Kegunaan

Jenis barang tambang berdasarkan manfaat dan kegunaannya kemudian dikelompokkan menjadi 3 diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Grup A
    Manfaat barang tambang kategori group A merupakan barang tambang yang Strategis dan merupakan barang tambang penting bagi perekonomian negara.
    Contohnya : Minyak Bumi, Batu Bara, Gas Alam, Bijih Besi, Tembaga, Dan Nikel.
  • Grup B
    Manfaat barang tambang kategori group B merupakan barang tambang yang vital dan penting untuk kehidupan banyak atau penting bagi hajat hidup orang banyak.
    Contohnya : Emas, Perak, Sulfur, Fosfor, Dan Mangan.
  • Grup C
    Manfaat barang tambang kategori group B merupakan barang tambang yang jenis produk pertambangan yang secara langsung digunakan untuk bahan keperluan Industri.
    Contohnya : Batu Kapur, Kaolin, Marmer, Gipsum Dan Batu Apung.

b. Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya produk pertambangan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  • Barang Tambang Berbentuk Energi
    Barang tambang berbentuk energi merupakan jenis produk pertambangan yang dapat menghasilkan tenaga atau energi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
    Contohnya : Minyak Bumi, Batu Bara, Gas Alam dan Uranium.
  • Barang Tambang Berbentuk Nimeral Logam
    Contohnya : Timah, Tembaga, Bijih Besi, Emas, Perak dan Nikel.
  • Barang Tambang Berbentuk Mineral Non Logam
    Contohnya :  Berlian, Belerang, Kapur, Marmer, Kuarsa dan Fosfat.

Asal Pembentukan Barang Tambang

Selain pengelompokan di atas, barang tambang juga dapat dikelompokkan berdasarkan asal pembentukannya yaitu barang tambang organik dan anorganik, berikut ini penjelasannya :

a. Barang Tambang Organik

Merupakan barang tambang yang berasal dari sisa makhluk hidup

Contohnya : Gas Alam, Minyak Bumi dan Batu Bara.

b. Barang Tambang Anorganik

Merupakan barang tambang yang berasal dari sisa-sisa bahan anorganik.

Contohnya : Kaolin, Batu, Kuarsa dan Yodium.

Proses Pembentukan Barang Tambang

Sebelum menjadi barang tambang yang kemudian di ambil oleh manusia untuk di kelola, ada beberapa tahapan pembentukan barang tambang, yaitu :

1. Melalui Proses Konsentrasi Magma

Proses penurunan temperatur magma yang terjadi secara perlahan yang diikuti dengan terbentuknya mineral-mineral

2. Proses Sublimasi

Proses sublimasi merupakan proses yang terjadi melalui penguapan secara langsung yang diikuti oleh pengendapan benih uap darurat pada suhu dan uap yang rendah.

3. Proses Hidrotermal

Proses hidrotermal merupakan proses pembentukan magma yang menyusup diferesiasi ke atas menjauh dari suhu dapur magma. Perubahan magma tersebut kemudian menyebabkan gas berubah menjadi air panas.

4. Proses Deposisi Sedimen

Proses deposisi sedimen merupakan proses pengendapan yang terbentuk karena proses pengendapan berbagai barang tambang yang telah mengalami pelapukan batuan asal.

5. Proses Metamorfosis / Metamorfosis

Proses metamorphosis merupakan proses yang terjadi karena adanya perubahan dalam unsur-unsur kimia yang terjadi dalam batuan.

Sumber Daya Tambang Di Indonesia

Sumber daya alam tambang merupakan sumber daya alam yang sangat langka karena memang tidak dapat diperbaharui, akan tetapi di Indonesia masih banyak sekali barang tambang yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa barang tambang yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan salah satu sumber daya tambang yang masih ada di Indonesia. Akan tetapi saat ini keberadaan sumber minyak bumi di Indonesia semakin sulit. Selain itu sumber daya minyak bumi ini tidak dapat di perbaharui dan proses pembentukan minyak membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Gas Bumi

Gas bumi atau disebut dengan gas alam merupakan sumber daya tambang yang berasal dari  bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4. Gas alam di Indonesia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara

3. Batubara

Batubara merupakan salah satu bahan bakar fosil yang berasal dari batu batuan yaitu batuan sedimen. Batuan sedimen yang dapat terbakar dan terbentuk dari endapan organik. Sehingga akan menghasilkan sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur utama pembentukan batubara yaitu terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Beberapa wilayah di Indonesia yang menghasilkan batubara ada di Tanjung Enim, Berau Sungai Dan Sumatera Barat.

4. Timah

Timah merupakan sebuah unsur kimia yang dihasilkan dari pelapukan batu granit. Timah biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan kaleng, pelapis logam dan tabung. Beberapa wilayah di Indonesia yang menghasilkan sumber daya tambang timah ada di Pulau Bangka, Riau Daratan dan Manggara Pulau Karimun.

5. Emas

Emas merupakan unsur kimia yang tinggi nilainya. Di Indonesia memiliki suku cadang sumber tambang emas sekitar 6,7 %. Emas di tambang biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai perhiasan  dan aksesoris, karena memang emas dikenal sebagai aksesoris yang mewah bagi masyarakat Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia yang menghasilkan Emas, ada di Meuleboh (Aceh), Bengkalis (Sumatera), Logas (Riau) dan Kurai (Jawa Barat).

Demikian penjelasan materi mengenai Sumber Daya Tambang yang mencakup membahas pengertian sumber daya tambang, pengertian barang tambang, macam macam sumber daya tambang, manfaat sumber data tambang, jenis sumber daya tambang, asal pembentukan barang tambang dan hasil tambang di Indonesia dan daerahnya.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.

Baca Juga :
Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui Paling Lengkap
Proses Pembentukan Minyak Bumi Paling Lengkap