7 Pulau Terbesar di Indonesia

Posted on

Pulau Terbersar di Indonesia – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai daftar pulau terbesar di Indonesia. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi Jenis Siklus Air.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan materi Pulau Terbesar di Indonesia, kalian dapat simak materi berikut ini :

Negara Indonesia terdiri dari banyak sekali pulau. Jumlah pulau di Indonesia bahkan mencapai ribuan dari pulau besar dan juga pulau-pulau kecil. Secara geografis letak negara Indonesia ini berada pada dua benua dan dua samudera.

Benua yang mengelilingi negara indinesia yaitu benua Australia dan benua asia, sedangkan pada Samudra yaitu Samudra pasifik dan Samudra hindia.

Letak astronomis Indonesia berada pada 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajar BT – 141 derajat BT. Wilayah pada Indonesia ini memiliki luas 3.977 mil. Untuk luas daratan 1,9 km2, sedankan untuk luas perairannya mencapai 3,3 juta km2.

Ujung utara Indonesia erdapat pulau miangas, Sulawesi utara. Ujung selatan Indonesia yaitu pulau Ndana, NTT. Ujung timur negara Indonesia yaitu pulau Liki, Papua. Dan ujung barat Indonesia yaitu pulau Benggala, Aceh.

Dari luas wilayah Indonesia yang sudah disebutkan diatas, dan juga terdiri dari pulau besar dan kecil, berikut adalah daftar pulau terbesar di Indonesia.

1. Pulau Papua

Pulau papua merupakan pulau terbesar pertama di Indonesia. Untuk peringkat dunia pulau ini berada di urutan ke dua. Pulau ini berada paling timur Indonesia, memiliki luas hingga 786.000 km2, pada pualu papua terdapat puncak tertinggi yakni Puncak Jaya Wijaya yang ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Pulau papua ini dibagi menjadi dua, yaitu bagian barat (wilayah NKRI) dan bagian timur (Wilayah Negara Papua New Guinea). Pulau papua ini dikenal dengan hasil tambangnya yang berupa emas dan perak.

Jika dilihat lebih teliti pulau papua ini memiliki bentuk seperti burung, yaitu bagian Peninsula barat (kepala burung), bagian daratan utama (badan), dan bagian timur ( ekor burung).

Bentuk unik pada pulau papua ini diyakini karena adanya tumbukan antara lempeng Australia da lempeng pasifik. Dulu pulau papua ini bernama irian jaya saat ini nama tersebut berubah menjadi papua.

2. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ke dua di Indonesia. Untuk peringkat dunia pulau ini berada pada urutan ke tiga. Luas wilayah pulau Kalimantan yaitu 743.330 km2.

Pulau Kalimantan ini memiliki nama lain yakni Borneo dan pulau ini terbagi menjadi 3 wilayah. Bagian selatan dari negara Indonesia. Bagian utara dari negara Malaysia, dan bagian utara dari negara Brunei Darussalam.

Pulau Kalimantan yang termasuk kedalan NKRI dibagi menjadi 4 provinsi, Kalimantan barta, Kalimantan selatan, Kalimantan timur, dan juga Kalimantan utara.

Jumlah penduduk di Kalimantan sekitar 13.787.831 jiwa. Pada pulau Kalimantan memiliki punck tertinggi, yaitu pada Kinabalu yang memiliki ketinggian 4.095 mdpl.

Pulau Kalimantan memiliki suku yang bernama suku Dayak, yaitu penduduk asli pulau Kalimantan.  Masyarakat suku Dayak tinggal di rumah yang panjang rumah adat tersebut bernama Rumah Lamina tau Umat Darul. Rumah tersebut biasnaya dihuni oleh 50 orang lebih.

4 provinsi yang ada di Kalimantan ini masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dapat dilihat dari potensi alam, cagar budaya, dan keunikan nya masing-masing.

Kota besar yang ada di Kalimantan yaitu kota Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

3. Pulau Sumatera

Pulau terbesar ke tiga di Indonesia dalah pulau sumatera, jika pada peringkat dunia pulau sumatera berada pada urutan ke 6. Luas wilayah pulau sumatera yaitu 443.065 km2.

Pada pulau sumatera terdiri dari beberapa provinsi yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Jumlah penduduk pada pulau sumatera ini sekitar 50.630. 931 jiwa. Puncak tertinggi pada pulau ini yaitu ada pada Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Pulau sumatera ini juga dikenal dengan nama pulau Andaas, Percha, atau Suwana Swipa yang dalam Bahasa sansekerta memiliki arti pulau emas. Nama-nama tersebut dipakai dalam naskah yang ada di neara india.

Pada pulau sumatera terdapat prasasti, yaitu Prasasti Padang Roco. Pada prasasti tersebut terpahat “Swarnnabhumi” (Tanah Emas) dan Bhumi (tanah melayu).

4. Pulau Sulawesi

Pulau terbesar ke empat yaitu pulau Sulawesi, jika dalam peringkat dunia, pulau ini berada di urutan 11. Luas pulau ini sekitar 174.600 km2. Pulau Sulawesi ini terbagi menjadi 6 wilayah, yaitu , Sulawesi Utara, Sulawesi barat, Sulawesi tengah, Sulawesi selatan, Sulawesi tenggara, dan provinsi Gorontalo.

Pada pulau Sulawesi jumlah penduduknya sekitar 17.371.782 jiwa. Puncak tertinggi pada pulau Sulawesi berada pada Rantemario yang memiliki ketinggian 3.478 mdpl.

Pulau Sulawesi ini juga memiliki bentuk unik, yaitu terlihat seperti bunag mawar, laba-laba, dan huruf K.

Pada pulau Sulawesi memiliki beberapa perbatasan yaitu, pada sebelah utara berbatasan dengan Filipina, sebelah selatan beberatasan dengan Floresm dan sebelah Tenggara berbatasan dengan Timor, [ada sebelah timur berbatasan dengan Maluku.

5. Pulau Jawa

Pulau terbesar kelima pada Indonesia yaitu pulau jawa, jika pada peringkat dunia pulau ini berada pada urutan 13. Luas wilayah pulau jawa sekitar 126.700 km2. Pulau ini terbagi menjadi 6 wilayah yaitu, Provinsi Banten, DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa timur, dan Yogyakarta.

Pada pulau jawa memiliki penduduk sekitar 136.610.590 jiwa. Puncak tertinggi pada pulau jawa berada pada gunung semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Pulau jawa ini memiliki banyak kisah sejarah yang berlangsung. Pada pulau jawa juga merupakan pusat dari beberapa kerjaaan Hindu-Budhha, kesultanan islam, pemerintah colonial, dan pusat pergerakan kemerdekaan RI.

6. Pulau Halmahera

Pualu Halmahera berada pada urutan ke 6 sebagai pulau terbesar di Indonesia, jika menururt peringkat dunia pulau ini berada pada urutan 50. Pualu ini merupakan bagian dari kepulauan maluku. Luas wilayah ini sekitar 17.780 km2.

Pada pulau Halmahera ini sanagt kaya akan barang tambangnya yaitu berupa eas, kobalt, nikel, dan yang lainnya.

7. Pulau Seram

Pada urutan ke tujuh yaitu pulau seram, jika pada peringkat dunia pulau ini berada pada urutan 51. Luas pulau ini sekitar 17.100 km2. Pulau seram bagian dari provinsi maluku. Pulau ini dahulu dikenal dengan daerah penghasil rempah-rempah dikenal hingga ke mancanegara.

Pada pulau ini jua memiliki bentan alam yang indah dan banyak diteukan pegunungan hutan hujan tropis.

Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai Pulau Terbesar di Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Negara Terbesar Di Dunia : Karakteristik, Luas dan Informasi-nya Lengkap
Danau Terbesar di Dunia beserta penjelasannya dengan lengkap
10 Pulau Terbesar di Dunia : Luas dan Lokasi-nya Lengkap