Proses Terjadinya hujan Asam beserta penjelasannya lengkap

Posted on

Proses Terjadinya hujan Asam – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Proses Terjadinya hujan Asam pengertian, proses, penyebab dan manfaat hujan asam. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Ekosistem Terumbu Karang.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Proses Terjadinya hujan Asam, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian hujan asam

Hujan Asam adalah jenis hujan yang mempunyai pH yang berada di 5,6.

Hujan mempunyai sifat yang asam karena yang di sebabkan oleh adanya karbondioksida di udara yang larut dalam air hujan sebagai asam lemah. Hujan asam ini dapat terjadi karena adanya belerang sebagai pengotor dalam bahan bakar fosil contohnya seperti bensin.

Selain belerang, nitrogen yang berada di udara berekasi dengan oksigen dapat membentuk silfur dioksida. Zat-zat tersebut membentuk asal sulfat dan asam nitrat yang mempunyai sifat mudah larut lalu jatuh bersamaan dengan air hujan. Jenis air hujan yang asam dapat meningkatkan kadar keasaman tanah dan air di permukaan yang dapat membahayakan kehidupan ikan dan juga tanaman.

Proses hujan asam

Hujan asam terjadi dengan alami yang di akibatkan oleh semburan gunung berapi dan proses biologi dalam laut, tanah dan rawa. Akan tetapi penyebab hujan asam yang terbesar merupakan karena adanya aktivitas tak ramah di runang publik untuk kehidupan di sekitar lingkungan yang di lakukan oleh manusia seperti kendaraan bermotor, industri, pabrik pengolahan pertanian. Gas-gas tersebut di bawa angin ke atmosfer sebelum menjadi asam.

Lalu di bumi terjadi penguapan dari berbagai sumber air karena pemanasan matahari

Setelah terjadinya penguapan air yang akan mengembun lalu bertemu dengan gas-gas yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam tersebut yaitu karbondioksida dan karbonmonoksida dengan uap air dan hidrogen sulfur dan sulfur oksida dengan uap air.

Adanya pertemuan uap air dan karbonioksida atau karbon monoksida akan menghasilkan asam yang lemah. Hidrogen oksida dan sulfur dioksida bertemu denga uap air akan menyebabkan asam yang kuat. Lalu kandungan yang bertemu terbawa angin menuju ke tempat yang tinggi ke atas.

Saat di atas gas yang bercampur dengan uap air akan mengalami kejenuhan lalu menjatuhkan kandungan airnya seperti titik titik air. Titik-titik air ini lah yang dinamakan hujan asam.

Hujan asam ini dapat merusak lingkungan contohnya seperti Amerika Serikat. Selain Amerika Serikat negara lain juga yang terkena hujan asam seperti Rusia, Cina Hutan New York, Eropa Barat dan lainnya.

Penyebab hujan asam

Penyebab terjadinya hujan asam sebagai berikut:

  • Karbondioksida adalah hasil dari gas pembakaran.

Penggunakaan cerobong asap yang tinggi bertujuan untuk mengurangi polusi di bawah tetapi dapat merusak dan menyebar menyebabkan hujan asam.

  • Uap air juga dapat berperan terjadinya hujan asam. Karena adanya penguapan sumber-sumber air yang ada di bumi saat karena adanya sinar matahari.
  • Hujan asam terjadi di daerah yang jauh dari lokasi dari sumbernya. Seperti di pegunungan, karena tingkat hujan di pegunungan lebih tinggi dari pada daratan lainnya.
  • Karbondioksida atau CO­2­ dan Karbon Monoksida CO adalah suatu gas hasil proses dari pembakaran yang bertemu dengan uap air atau H­2­O. Jika kedua gas tersebut bertemu akan membentuk asam karbonat atau H2CO3 yang termasuk dalam kategori asam lemah.

Hidrogen Sulfida H2S dan sulfur oksida yang bertemu dengan uap air akan membentuk asam sulfat (H2SO4) yang termasuk ke dalam kategori asam yang kuat.

Hujan asam mempunyai pengaruh terhadap penurunan jumlah ikan di danau-danau dan tumbuhan lapisan lilin daun dapat rusak. Selain it nutrisi pada tumbuhan juga dapat menghilang yang dapat berdampak pada matinya tanaman yang tidak tahan terhadap dingin, serangan serangga dan jamur.

Sedangkan pengaruh pada manusia dapat berdampak pada kesehatan. Tercemarnya air dapat berdampak pada kesehatan misalnya timbulnya wabah penyakit.

Rumusan kimia hujan asam secara sederhana:

S(s) + O2 (g)         =    SO2(g)

2SO2(g) + O2(g)       =      2SO3(g)

SO3(g) + H20(I)        =      H 2SO4(aq)

Manfaat hujan asam

Sebenarnya hujan asam lebih mempunyai dampak negatif dari pada dampak positif. Tetapi keberadaannya bumi ternyata membawa sedikit menfaat. Manfaat hujan asam seperti Hujan asam mampu melarutkan berbagai mineral yang sangat di butuhkan oleh binatang dan juga tumbuhan yang ada di bumi.

Dengan hujan asam yang banyak mengandung asam yang tinggi ini lah yang dapat melakukannya. Pada saat ini manfaat dari hujan asam yang di ketahui hanya ini saja, banyak yang belum di ketahui dari manfaat hujan asam ini.

Lalu selain itu hujan asam mempunyai banyak dampak negatif. Dampak negatif hujan asam ialah sebagai berikut:

  • Penurunan jumlah ikan

Hujan asma yang mempunyai sifat yang berbeda dari hujan lainya pada umumnya. Dengan kandungan pH yang di miliki oleh hujan asma ini menyebabkan ikan-ikan yang ada di laut mati sehingga dapat menurunkan jumlah ikan yang ada di laut. Selain ikan binatan yang ada di laut yang tidak terbiasa dengan asam yang di miliki oleh hujan asam ini juga dapat menyebabkan kematian.

  • Merusak lapisan lilin pada daun

Di tumbuhan seperti pada daun mempunyai lapisan lilin. Lapisan ini berfungsi untuk menjaga pohon tersebut. Dengan kandungan hujan asam yang di mmiliki dapat merusak lapisan lilin pada daun sehingga daun-daun pada pohon akan rusak.

  • Hilangnya beragam nutrisi pada tumbuhan

Nutrisi pada pohon mempunyai kandungan yang sangat tinggi. Jika nutrisi pada pohon hilang akan menyebabkan tumbuhan menjadi rentan terkena penyakit misalkan mudah terkena serangan hama, virus, jamur dan serangga.

  • Pertumbuhan akar tanaman menjadi lambat

Dampak lain dari hujan asam ini menjadikan pertumbuhan akar pada tumbuhan menjadi lambat sehingga mengakibatkan melambatkan perkembangan tumbuhan tersebut.

  • Menyebabkan manusia terkena penyakit

Dampak buruk dari hujan asam ini adalah dapat memunculkan atau menyebarkan penyakit tertentu. Penyakit yang dapat di timbulkan oleh hujan asam ini seperti penyakit kulit.

  • Besi mudah berkarat

Logam besi menjadi mudah berkarat karena kandungan yang ada di hujan asam. Asam yang terlalu banyak membuat besi menjadi mudah untuk berkarat.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Proses Terjadinya hujan Asam yang mencakup pengertian, proses, penyebab dan manfaat hujan asam.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Pembagian Musim di Indonesia : Pengertian, Musim Panas, Musim Hujan, Iklim, dan Perubahan Musim
Hujan Frontal: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Manfaat dan Dampak-nya