Proses Terjadinya Angin Muson Timur Paling Lengkap

Posted on

Angin Muson Timur – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai angin muson timur yang sering terjadi di Indonesia yang mencakup pengertian angin muson timur, ciri ciri angin muson timur proses terjadinya angin muson timur beserta dampak yang ditimbulkan. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Angin Muson Barat.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang angin muson timur, kalian dapat simak materi berikut ini :

angin muson timur – materigeografi.com

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis jenis angin yang sering terjadi, namun pada materi kali ini kita akan lebih mempelajari tentang angin muson timur.

Apa Angin muson timur ?

Pengertian Angin Muson Timur

Angin muson timur merupakan  angin yang bertiup dari benua Australia menuju Benua Asia, angin muson timur biasanya terjadi di Indonesia pada bulan April sampai bulan Oktober.

Di Indonesia Angin muson timur menjadi salah satu angin yang berhembus karena beberpa proses atau tahapan tertentu. Mungkin kita tidak bisa merasakan ketika terjadi angin muson timur, akan tetapi dampak yang akan kita rasakan yaitu suhu panas yang meningkat di Indoesia. Hal tersebut terjadi karena matahari berada di belahan bumi utara sehingga menyebabkan benua asia memiliki suhu yang panas.

Proses Terjadinya Angin muson timur

Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana proses terjadinya angin muson timur :

1. Posisi Matahari Di Belahan Bumi Utara

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bumi yang kita tempati ini merupakan salah satu planet yang ada di dalam tata surya yang selalu melakukan Gerakan atau rotasi, selain melakukan rotasi, bumi juga berevolusi mengelilingi matahari. Sehingga akan ada posisi yang pada saat itu matahari berbeda lokasinya dalam setiap periode. Salah satu posisi matahari ke bumi adalah matahari berada di belahan bumi utara. Posisi matahari berada di belahan bumi utara biasa terjadi pada bulan April sampai bulan Oktober.

2. Terjadinya Tekanan pada dua Benua Berbeda

Ketika matahari berada pada belahan bumi utara, maka di benua Australia akan memiliki tekanan suhu yang maksimum, sedangkan di benua asia akan memiliki tekanan suhu minimum. Ketika matahari berada di belahan bumi utara maka benua yang ada di bagian utara akan mendapatkan sinar matahari yang berlebih, yaitu benua asia. Maka hal tersebutlah yang membuat Indonesia mengalami musim panas.

3. Udara Bergerak Dari Tekanan Tinggi Ke Tekanan Rendah

Setelah kita mengetahui dimana daerah yang memiliki tekanan yang lebih tinggi dan tekanan yang lebih rendah, maka kita juga akan mengetahui dimana udara tersebut berjalan dari mana. Sehingga ketika matahari berada di belahan bumi utara, maka tekanan udara dari benua Australia akan menuju benua asia.

4. Terjadilah Angin Muson Timur

Udara yang bergerak dari benua Australia menuju ke benua Asia adalah apa yang disebut angin muson timur. Sehingga barat angin muson bertiup dari bulan April sampai bulan Oktober karena posisi matahari berada di belahan bumi utara.

Angin bertiup dari benua Australia untuk sampai ke benua Asia membawa sifat-sifat tertentu sehingga menyebabkan Indonesia sebagai wilayah tersebut melewati mengalami musim panas.

Ciri ciri Angin Muson Timur

Beberapa ciri ciri dari angin muson timur adalah sebagai berikut :

  • Angin muson timur akan bertiup dari bulan April sampai bulan Oktober atau pada saat kedudukan matahari berada pada belahan bumi utara.
  • Angin muson timur berasal dari benua Australia.
  • Angin muson timur tidak mengandung banyak uap air
  • Angin akan bergerak melalui laut sempit antara Indonesia dan Australia.
  • Dampak yang akan terjadi dari angin muson timur salah satunya terjadi musim kemarau.

Dampak Angin muson timur

Dampak yang dapat kita rasakan ketika terjadi angin musim barat terjadi di Indonesia maka, negara Indonesia akan mengalami musim hujan.

Beberapa dampak positif dan negatif angin muson timur adalah sebagai berikut :

a. Dampak Positif

Angin muson timur yang berhembus tentunya akan membawa beberapa dampak positif bagi masyarakat khususnya yang berada di benua Asia khususnya negara Indonesia. Dampak positif dari berhembusnya angin muson barat salah satunya yaitu Indonesia mengalami musim panas.

Berikut adalah dampak positif adanya angin muson timur di Indonesia:

  • Mempermudah Aktivitas Masyarakat
    Ketika musim panas datang ke Indonesia, maka masyarakat Indonesia akan sangat mudah untuk beraktivitas kemana saja. Khususnya beraktivitas di luar ruangan, karena cuaca yang sangat mendukung. Namum apabila terjadi angin muson barat yaitu sering terjadi musim hujan, maka akan dapat membuat kita tidak leluasa dalam beraktivitas keluar ruangan.
  • Peningkatan Pariwisata di Indonesia
    Masyarakat Indonesia sangat senang sekali dalam ber rekreasi, khususnya ketika musim panas telah tiba, maka masyarakat biasanya akan liburan menuju pantai untuk mendapatkan kesejukan. Dengan bertambahnya jumlah wisatawan pada musim panas, maka akan dapat meningkatkan daya Tarik wisata pantai di suatu daerah di Indonesia.
  • Petani Menjadi Mudah
    Para petani biasanya akan menjemur hasil panen dari sawah atau lading untuk mengurangi kadar air yang ada pada tanaman hasil panen, ketika musim panas, tentunya akan sangat memudahkan petani, karena akan sangat mudah untuk menjemur hasil pertanian yang akan di jual.
  • Nelayan Menjadi Mudah
    Selain hanya petani yang merasakan kemudahan ketika terjadi musim panas, para nelayan juga merasakan kemudahan yang hampir sama, ketika terjadi musim panas. Para nelayan akan sangat mudah untuk kelaut tanpa takut akan terjadinya badai, dengan kemudahan dalam melaut, maka para nelayan akan bisa mendapatkan banyak ikan.

b. Dampak Negatif

Angin muson timur juga menimbulkan beberapa dampak negatif. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya musim panas di Indonesia.

Berikut ini beberapa dampak negatif dari angin musom barat:

  • Kekeringan
    Pada suatu daerah tertentu, ketika terjadi musim panas yang terjadi selama 6 bulan berturut-turut tentunya akan membuat sumur dan lahan pertanian menjadi kering, sehingga banyak di antara para masyarakat menjadi susah air bersih pada saat musim kering.
  • Ion Tubuh Menjadi Cepat Berkurang
    Selain dampak kekeringan akibat musim panas, ternyata musim panas juga berdampak pada tubuh kita loh. Dampak kepada tubuh kita ketika musim panas yaitu ion yang ada di dalam tubuh menjadi cepat berkurang, sehingga tubuh kita akan menjadi lemas.
  • Petani Menjadi Gagal Panen
    Selain memberikan dampak positif bagi petani ketika terjadi musim panas, ternyata musim panas juga memberikan efek negatif bagi para petani. Salah satunya ketika tanaman para petani membutuhkan pasokan air, namun keadaan sedang sangat kering, maka dapat membuat tanaman para petani menjadi kering dan gagal panen.

Demikian penjelasan materi mengenai angin muson timur yang mencakup proses terjadinya angin muson timur, pengertian angin muson timur dan dampak dari angin muson timur.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.

Baca Juga :
Angin Muson : Pengertian, Jenis dan Prosesnya
Jenis Jenis Angin
Sumber Energi – Pengertian, Macam dan Manfaatnya