Proses Terjadinya Angin Muson Barat Paling Lengkap

Posted on

Angin Muson Barat � Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai angin muson barat yang sering terjadi di Indonesia yang mencakup pengertian angin muson barat, proses terjadinya angin muson barat beserta dampak yang ditimbulkan. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Hujan Orografis.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang angin muson barat, kalian dapat simak materi berikut ini :

angin muson barat – materigeografi.com

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis jenis angin yang sering terjadi, namun pada materi kali ini kita akan lebih mempelajari tentang angin muson barat.

Apa itu Angin Muson Barat ?

Pengertian Angin Muson Barat ?

Angin Muson Barat merupakan  angin yang bertiup dari benua Asia menuju benua Australia, angin muson barat biasanya terjadi di Indonesia pada bulan Oktober sampai bulan Maret.

Di Indonesia Angin Muson Barat menjadi salah satu angin yang berhembus karena beberpa proses atau tahapan tertentu. Mungkin kita tidak bisa merasakan ketika terjadi angin muson barat, akan tetapi dampak dari terjadinya angin muson barat dapat kita rasakan salah satunya yaitu di Indonesia terjadi musim hujan. Musim hujan yang terjadi di Indonesia disebabkan karena sedang terjadinya angin muson barat.

Proses Terjadinya Angin Muson Barat

Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana proses terjadinya angin muson barat :

1. Posisi Matahari di Belahan Bumi Selatan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bumi yang kita tempati ini merupakan salah satu planet yang ada di dalam tata surya yang selalu melakukan Gerakan atau rotasi, selain melakukan rotasi, bumi juga berevolusi mengelilingi matahari. Sehingga akan ada posisi yang pada saat itu matahari berbeda lokasinya dalam setiap periode. Salah satu posisi matahari ke bumi adalah matahari berada di belahan bumi selatan. Posisi tersebut terjadi ketika bulan Oktober sampai Maret.

2. Terjadinya Tekanan Maksimum di Benua

Pada saat matahari beradapa di belahan bumi selatan, maka daerah tersebutlah yang akan paling terkena sinar matahari yaitu berada di Benua Australia. Sehingga ketika benua Australia terkena sinar matahari secara maksimum, maka benua Australia akan memiliki suhu yang sangat tinggi. Seperti yang kita semua tahu juga bahwa daerah dengan suhu yang lebih tinggi akan memiliki tekanan yang lebih rendah.

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa benua Australia memiliki tekanan yang lebih rendah atau memiliki tekanan minimum dibandingkan dengan Benua Asia di mana suhu rendah tetapi tekanan jauh signifikan lebih tinggi atau tekanan maksimum.

3. Udara Bergerak Dari Tekanan Tinggi Ke Tekanan Rendah

Setelah kita mengetahui dimana daerah yang memiliki tekanan yang lebih tinggi dan tekanan yang lebih rendah, maka kita juga akan mengetahui dimana udara tersebut berjalan dari mana. Sebagai sifat udara yang akan membentuk angin, yang bertiup dari daerah dengan tekanan yang tinggi ke daerah dengan tekanan yang rendah, maka udara akan bergerak dari benua Asia untuk sampai ke benua Australia.

4. Terjadilah Angin Musim Barat

Udara yang bergerak dari benua Asia menuju ke benua Australia adalah apa yang disebut angin muson barat. Sehingga barat angin muson bertiup dari bulan Oktober sampai bulan Maret karena posisi matahari berada di belahan bumi selatan.

Angin bertiup dari benua Asia untuk sampai ke benua Australia membawa sifat-sifat tertentu sehingga menyebabkan Indonesia sebagai wilayah tersebut melewati mengalami musim hujan.

Dampak Angin Muson Barat

Dampak yang dapat kita rasakan ketika terjadi angin musim barat terjadi di Indonesia maka, negara Indonesia akan mengalami musim hujan.

Beberapa dampak positif dan negatif angin muson barat adalah sebagai berikut :

a. Dampak Positif Angin Muson Barat

Angin muson barat yang berhembus tentunya akan membawa beberapa dampak positif bagi benua Asia khususnya negara Indonesia. Dampak positif dari berhembusnya angin  muson barat salah satunya yaitu Indonesia mengalami musim hujan.

Berikut adalah dampak positif adanya angin muson barat ke Indonesia:

  • Negara Indonesia akan memiliki banyak ketersediaan air
    Hal tersebut terjadi karena Indonesia ketika terjadi angin muson barat maka sedang mengalami musim hujan sehingga tidak akan khawatir tentang kekurangan air dan kekeringan pada sumber daya air.
  • Tanaman Menjadi Subur
    Karena Indonesia sedang mengalami musim hujan dan menjadapatkan hujan  hampir setiap hari maka ditanaman tanaman di ladang, kebun, ladang mereka akan subur karena secara otomatis disiram oleh hujan.
  • Ketersediaan Air Minum Menjadi Berlimpah
    Salah satu keuntungan ketika terjadi angin muson barat yaitu pasokan air akan sangat berlimpah, karena terjadi hujan yang terus menerus. Sehingga hal tersebut akan membuat kita tidak akan khawatir tentang kehabisan persedianan air minum.
  • Periode Untuk Bercocok Tanam Lagi
    Salah satu efek positif bagi ketika terjadi angin musim barat yaitu akan membuat masa tanam taman menjadi lebih panjang, sehingga dapat digunakan untuk berulang kali tanam.

b. Dampak Negatif

Angin Muson Barat juga menimbulkan beberapa dampak negatif. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya musim hujan di Indonesia. Berikut ini beberapa dampak negatif dari angin musom barat:

  • Terjadinya Banjir
    Banjir merupakan bencana yang sangat mungkin terjadi ketika terjadi hujan secara terus menerus, hal tersebut akan terjadi karena pola aliran sungai tidak dapat menampung debit air yang terlalu banyak. Dengan terjadinya bencana banjir tentunya akan sangat merugikan bagi masyarakat.
  • Berpotensi Menyebabkan Tanah Longsor
    Selain bencana banjir, bencana lain yang berpotensi terjadi adalah bencana tanah longsor. Hal tersebut biasanya terjadi didaerah pedalaman yang memiliki sebuah lingkungan di bukit atau gunung.
  • Potensi Untuk Menyebabkan Gagal Panen
    Meskipun musim hujan sangat baik untuk tanaman, namun apabila hujan yang terjadi secara terus menerus sepanjang hari, maka akan dapat menyebabkan para petani mengalami gagal panen, karena tanaman yang ditanam akan menjadi busuk karena terkena air secara terus menerus.

Demikian penjelasan materi mengenai angin muson barat yang mencakup proses terjadinya angin muson barat, pengertian angin muson barat dan dampak dari angin muson barat.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.

Baca Juga :
Angin Muson : Pengertian, Jenis dan Prosesnya
Jenis Jenis Angin
Musim Gugur � Pengertian, Karakteristik dan Waktu Terjadinya