Peta Negara Malaysia beserta penjelasan-nya

Posted on

Peta Negara Malaysia – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Peta Negara Malaysia pengertian, Astronomis, Geografis, Sejarah dan iklim. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Peta Benua Eropa.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Peta Negara Malaysia, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Malaysia

Malaysia adalah suatu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Di peta negara malaysia di bagi menjadi dua bagian yaitu yang berada di bagian Utara pulau Sumatera dan bagian Utara pulau Kalimantan.

Ibu kota negara malaysia sendiri berada di Kuala Lumpur, yang menjadi pusat administratif negara Malaysia. Negara Malaysia termasuk ke dalam negara Melayu, dengan masyarakatnya yang mayoritas merupakan suku Melayu. Negara Malaysia bersidat Federal berbeda dengan Indonesia yang berbentuk Republik.

Atronomis

Negara Malaysia berdasarkan letak astronomis berada di 10 lintang Utara sampai 70 C lintang Utara dan 1000 bujur Timur 1190 derajad bujur timur. Negara Malayasia dapat di lihat bahwa negara ini berada di bagian Utara semua. Negara ini memounyai iklim Tropis karena lokasinya dekat dengan jalur lintas garis Khatulistiwa.

Geografis

Negara Malaysia jika di lihat berdasarkan Geografis berbatasan langsung dengan negara di Asia Tenggara, seperti Indonesai, Singapura dan Brunei Darussalam. Selain itu Malaysia juga berbatasa dengan laut Sulu, laut Cina Selatan dan Laut Sulawesi. Karena perbatasan inilah dapat berpengaruh dengan budaya dan iklim negara Malaysia ini.

Negara ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian Utara Pulau Sumatera yang berdekatan dengan Singapura dan bagian Braat Pulau Kalimantan yang berbatasan dengan Indonesia dan Brunei Darussalam.

Dari lokasi berdasarkan astronomis dan geografis berpengaruh pada kondisi negara Malaysia. Kondisi bentangan alam di negara ini cukup hijau, terdapat banyak hutan dan perkebunan. Di negara ini juga terdapat kota yang cukup terkenal yang menjadi destinasi wisata mancanegara.

Sejarah Negara Malaysia

Malaysia adalah negara federasi yang terdiri dari 13 negara bagian dan 3 negara persekutuan serta termasuk kawasan Asia Tenggara. Negara persekutuan berada di kuala lumpur dan putrajaya. Di negara ini mempunyai jumlah penduduk kurang lebih 27 juta jiwa.

Malaysia terbagi menjadi dua kawasan yaitu malaysia timur dan malaysia barat kepulauan Natuna. Dengan kepala negara yang di pimpin oleh Pertuan Agung dan pemerintahannya di pimpin oleh Perdana Menteri.

Malaysia menjadi negara persekutuan sebelum tahun 1963. Sistem yang di anut oleh negara ini mirip dengan sistem parlementer westminster. Pada abad ke-18 terdapat koloni yang didirikan oleh Britania Raya yang menjadikan sebagian dari malaysia bagian barat modern terdapat beberapa kerajaan yang terpisah-pisah.

Malaysia berdiri dengan kerajaan induk tertua di Malaka. Pendiri malaka sendiri yaitu pangeran yang berasal dari Sumatera Sriwijaya. Semenanjung malaysia berkembang menjadikan pusat perdagangan Asia Tenggara dengan perkembangan perdagangan Cina, India dan negara lainnya melalui selat malaka. Seorang sultan Malaka mendirikan dinasti yang di mulai dari pengeran dari Sriwijaya pada abad ke-15.

Malaka menjadi ibukota kesultanan yang dapat mengontrol wilayah di semenanjung malaysia. Selama berdirinya kerajaan tersebut disebarkanlah agama islam kepulauan melayu selama satu abad lebih. Hingga sekarang yang menjadikan malaka menjadi salah satu pelabuhan perdagangan penting di tengah-tengah rute perdagangan India dan China.

Pada tahu 1511 Portugal menjadikan Malaka menjadi sebuah koloni dengan kekuatan militer. Lalu sultan terakhir mengakhiri akhir hayatnya di daerah Kampar Malaysia.

Iklim di Malaysia

Negraa malaysia di bagi menjadi dua bagian yaitu bagian Timur dan Barat. Malaysia bagian Barat berada di semenanjung Malaya yang terdiri dari 11 negara bagian. Dan melaysia bagian Timur berada di Pulau Borneo yang terdiri dari 2 bagian negara.

Kondisi iklim Malaysia berdasarkan letaknya tidak beda jauh dengan negara Indonesia. Negara malaysia yang berada di kawasan Asia Tenggara berbatasan langsung dengan negara Indonesia.  Iklim Negara Malaysia mempunyai iklim tropis atau khatulistiwa. Hutan hujan tropis salah satu jenis iklim tropis yang tidak terdapat musim kering. Dengan curah hujan yang mencapai 60 mm setiap bulannya.

Kawasan yang mempunyai iklim hujan tropis yaitu kuala lumpur, kinabalu, petaling jaya, kuching, kinabalu, shah alam, kuala trengganuu, alor setar, miri, george town, malak, ipoh dan johor bahru.

Hutan hujan tropis mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Curah hujan tahunan yang mencapai 2000- 2500 mm
  • Kelembapan yang tinggi
  • Mempunyai suhu 24 sampai 350 C.
  • Panas dan lembab terjadi sepanjang tahun.

Selain itu terdapat pergerakan angin dan udara yang berpengaruh pada iklim. Yang mempunyai 3 jenis angin yaitu angin muson timur, angin sumatera dan angin muson barat. Angin muson barat terjadi di bulan mei sampai september. Angin dapat menyebabkan hujan di wilayah barat semenanjung malaysia yaitu wilayah sabah dan sarawak.

Angin muson timur terjadi di bulan November sampai Maret. Angin ini dapat menyebabkan pantai timur semenanjung malaysia hujan lebat di wilayah seperti Trengganu,Pahang dan  Kelantan.

Angin sumatera yang terjadi di bulan April sampai Mei dan September sampai Oktober. Angin ini dapat menyebabkan hujan deras dan petir. Setiap daerah Malaysia mempunyai iklim yang berbeda-beda tergantung dnegan letak geografisnya.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Peta Negara Malaysia yang mencakup pengertian, Astronomis, Geografis, Sejarah dan iklim

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Peta Geologi : Pengertian, Jenis, Komponen, Simbol, dan Kegunaa-nya Lengkap
Jenis-jenis Peta: Pengertian, Fungsi dan Unsur-nya Lengkap