Persebaran Stepa di Benua Eropa : Pengertian, Jenis, Ciri, Proses Tebentuk-nya, dan Persebaran-nya Lengkap

Posted on

Stepa di Eropa – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai pengertian, jenis, ciri, proses, dan persebaran nya. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentan Penyebab Banjir.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan materi Stepa di Eropa, kalian dapat simak materi berikut ini :

Stap sendiri berarti adalah suatu dataran tanpa ditumbuhi pepohonan, stepa ini mirip dengan prairi, tetapi di prairi ini berupa dataran yang luas yang tidak ditumbuhi pepohonan, tetapi masih ditumbuhi rerumputan yang tinggi, jika steoa ditumbuhi dengan rerumputan yang pendek.

Ada stepa yang berupa semi-gurun ini seperti daerah yang terlalu kering untuk adanya ditumbuhi hutan, tetapi juga tidak cukup kering seperti hal nya gurun.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Stepa

Stepa berasal dari Bahasa inggris yakni Steppe  yang berarti padang rumput. Stepa adalah sebuah dataran yang seperti padang rumput yang terbentang luas dari daerah tropis ke daerah subtropis yang hanya memiliki curah hujan sedikit.

Stepa berupa semi-gurun yaitu dataran yang tertutup rumput ataupun semak yang tergantung musim dan juga garis lintang. Istilah stepa ini menunjukan suatu iklim di suatu daerah yang terlalu kering, tetapi tidak cukup kering untuk menjadikannya gurun.

Bioma pada stepa yaitu suatu ekosistem yang berada di dataran yang luas yang berupa semi-gurun yang tergantung musim dan garis lintang, yang luasnya terbentan dari derah tropis ke subtropics.

Proses Terbentuknya Bioma Stepa

Adanya bioma stepa, yang secara alami disebabkan karena memiliki tingkat curah hujan rendah, yakni sekitar 30 mm/tahun, sehingga menyebabkan tumbuhan akan sulit untuk menyerap air dan janya jenis tumbuhan rerumputan yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi pada daerah ini.

Ciri-Ciri Stepa

Ciri-ciri stepa sebagai berikut :

  • Curah hujan yang tidak teratur, yaitu antara 250-5000 mm/tahun.
  • Memiliki suhu 19 – 30 derajat celcius saat dimusim panas, dan 12 – 20 derajat celcius di musim dingin.
  • Suhu udara di sinag hari sekitar 45oC dan suhu dimalam harii sekitar 0oC.
  • Memiliki kelembaban udara yang cukup rendah.
  • Adanya penguapan atau evaporasi yang tingi dan lebih cepat dari pretiasi (hujan).
  • Tanahnya merupakan tanah tandus, yang umumnya tanah tersebut tidak dapat menyimpan air karena rendahnya tingkat porositas.
  • Memiliki tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik, sehingga menyebabkan rerumputan tumbuh dengan subur dan ada beberap jenis.
  • Rerumputan yang tumbuh di stepa rata-rata tingginya sekitar 3 ½ meter. Sehingga vegetasi rumput lebih luas.
  • Bioma pada stepa yaitu berupa pohon Akasia, yaitu persebarannya berada di Afrika, amerika serikat bagian barat, amerika selatan, arentina, dan juga Australia.

Persebaran Stepa di Benua Eropa

Stepa yang berada di benua eropa biasanya disebut dengan Stepa Eurasia. Penyebutan tersebut memiliki alasannya sendiri, yaitu stepa ini bukan hanya berada di eropa tetapi terdapat dibenua asia juga. Stepa – stepa ini biasanya menghubungkan :

  • Eropa Timur
  • Asia Tengah
  • Tiongkok
  • Asia Selatan
  • Timur Tengah

Pada abas pertengahan stepa Eurasia ini memiliki peranan yang penting, yakni berperan sebagai salah satu jalur Sutra darat yang cukup terkenal. Maka tida heran jika stepa ini ditinggli oleh suku – suku seperti Xiongnu, Skithia, Sarmatia, Kekaisaran Hun, Xianbei, Mongol,  Chorasmia, Kimmeria, Transoxiana, Sogdiana, dan Kekhanan Göktürk.

Persebaran stepa dibenua eropa sendiri sebagian besar teersebar di bagian tengah benua eropa. Berikut adalah negara pada benua eropa yang memiliki stepa :

  • Rumania
  • Moldova
  • Rusia
  • Ukraina

Jenis – Jenis Stepa

Stepa erurasia sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan ‘memiliki bagian yang cukup penting’, berikut adalah jenisnya :

a. Stepa Pontus-Kaspia

Stema Pontus-kasipia ini adalah salah satu bagian dari stepa Eurasia yaitu terbentang dari pasesisir utara laut hitam hingga laut kaspia.

b. Stepa Kazakh

Seperti halnya dengan namnya stepa berada di negara khazakhtan, lebih tepatnya stepa ini berapa di stepa yang satu terletak di sebelah timur Stepa Pontus-Kaspia.

c. Stepa Pannonian

Stepa Pannonian adalah stepa yang berupa sebuah bagian dari stepa Eurasia yang dapat dikatakan terbesar. Stepa ini berada di daerah Hungaria.

Dari ketiga stepa tersebut , stepa Pontus-Kaspia adalah salah satu stepa yang cukup penting keberadaannya. Berdasarkan dari teori yang ada, stepa ini yaitu penutur Bahasa Proto-Indo-Eropa berasal.

Dan dari suku tersebut adalah suku yang pertama kali dapat menjinakkan kuda. Sehingga suku tersebutlah suku yang pertama kali mengenal kuda yang dijadikannya untuk sebuh kendaraan.

Kawasan stepa ini sempat dikuasai oleh suku Kimmeri, Skithia, dan suku Sarmatia.

Bioma stepa dan bioma sabana memiliki perbedaan, hal ini karena kedua bioma tersebut adalah berdominasi oleh rerumputan, namun pada dasarnya mereka memiliki perbedaam yang mencolok antar keduanya.

Pada bioma sabana kita masih dapat melihat adanya pohon di antara rerumputan tersebut, sedangkan pada bioma stepa kita tidak akan menemukan pohon.

Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai Stepa di Eropa.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Stepa