Persebaran Daerah Pertambangan di Indonesia dengan penjelasan

Posted on

Daerah Pertambangan di Indonesia – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Daerah Pertambangan di Indonesia pengertian dan daerah pertambangan di Indonesia.  Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Proses Terjadinya hujan Asam.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Daerah Pertambangan di Indonesia, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Indonesia di kenal dengan banyak pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Selain banyak pulau yang tersebar jenis-jenis sumber daya alam yang terdapat di Indonesia sangatlah banyak, seperti pertanian, hasil hutan, perairan dan perkebunan atau dari pertambangan.

Pengertian pertambangan

Pertambangan merupakan rangkaian kegiatan untuk pencarian, penggalian, pengolahan, penjualan dan pemanfaatan bahan galian (mineral, batubara, migas, panas bumi).

Hasil dari pertambangan yang mempunyai sifat tidak dapat terbarukan atau membutuhkan waktu yang lama untuk dapat memperbaruinya. Di Indonesia terdapat banyak tempat yang di gunakan untuk mencari hasil dari dalam tanah atau pertambangan. Tetapi tidak semua daerah menghasilkan barang tambang.

Untuk menemukan hasil pertambangan di perlukan pemetaan dari peta geologi. Indonesia terdapat banyak sumber daya pertambangan dengan lokasinya yang tersebar luas di pulau-pulau. Dalam pengelolaan barang tambang di butuhkan upaya yang tidak mudah untuk di lakukan.

Membutuhkan proses yang panjang dan tepat yang di mulai dari awal hingga akhir. Proses awal yang sangat menentukan dalam pengelolaan barang tambang atau sumber daya akam yang terkandung di perut bumi adlaah dengan melakukan pemetaan wilayah pertambangan.

Peta geologi merupakan peta yang menggambarkan bagaimana keadaan geologis dari bentang alam Indonesia.

Persebaran daerah pertambangan

Daerah yang terkenal dengan hasil tambangnya yaitu sebagai berikut:

Sumatera

Di sumatera sendiri terbagi menjadi banyak tempat pertambangan dengan hasil tambang yang macam-macam yaitu sebagai berikut:

  • Aceh : Emas (Meulaboh), batu bara, gas alam (arun) dan minyak bumi (Lhoksumawe dan Peureula)
  • Sumatera barat: gas alam dan minyak bumi (tanjung pura dan langkat)
  • Kepulauan Riau: Timah(dabo, pulau singkep) dan bauksit (pulau kayang, pulau koyang dan pulau bintan)
  • Riau: emas (logos), timah, granit, gas alam dan minyak bumi (sungai pakning, dumai
  • Sumatera barat: grafit (payakumbuh, singkarak), batu bara (Ombilin, sawahlunto), marmer dan kapur
  • Lampung: emas, kapur, mangan, biji besi (gunung tegak), granit dan marmer
  • Jambi: emas, batubara (muara bungo) dan tembaga
  • Sumatera selatan: batu bara (bukit asam, tanjung enim), minyak bumi (plaju, muara enim, sungai gerong)dan gas alam.
  • Kepulauan bangka belitung: hanya terdapat timah (sungai liat dan manggar)
  • Bengkulu: perak (rejang lebong) dan emas

Jawa

  • Jawa barat: minyak bumi (majalengka, jatibarang), belerang ( telga bodas dan gunung patuha), emas ( tasikmalaya, jampang, pongkor dan cikotok), mangan (tasikmalaya), gas alam, fosfat (bogor, pangandaran), dan tembaga (cikotok).
  • Jawa tengah: biji besi (cilacap), pasir besi (cilacap), minyka bumi ( cepu dan cilacap), yodium (semarang), belerang ( dieng), tembaga ( tirtomoyo, wonogiri), gips (kalianget dan rembang), tembaga ( tirtamaya), fosfat (purwokerto, gombong, jepara dan rembang) dan kapur.

Kalimantan

  • Kalimantan timur: batubara ( samarinda dan lembah sungai berau), minyak bumi (balikpaapan, pulau bunyu, pulau tarakan dan sungai mahakam), biji besi ( pulau sebuku, pulau suwang, pulau dermawan), gas alam (bontang), intan (martapura) perak dan emas.
  • Kalimantan barat: emas dan perak ( sambas), intan, batu bara, bauksit (singkawan) dna nikel
  • Kalimantan selatan: batu bara( kota baru), besi(pulau sebuku), emas, perak, minyak bumi ( amuntai, rantau, tanjung), mangan (martapura).
  • Kalimantan  tengah: bauksit, batu bara(purukcahu) dan intan

Sulawesi

  • Sulawesi Selatan: tembaga (Sangkarapi), nikel (Kolaka, Danau Towuti, Danau Matana) , besi (Pegunungan Verbeek), batu bara (Makassar), marmer (Makassar), gips, belerang dan mika (Pulau Peleng).
  • Sulawesi Tengah: tembaga , biji besi (Longkana, Lengkabana), nikel (Muara Sipeng), dan mika (Kepulauan Banggai, Donggala).
  • Sulawesi Tenggara: nikel (Soroako), kapur  dan aspal (Pulau Buton).
  • Sulawesi Utara: gips, emas (Bolaang Mongondow, Minahasa), perunggu,  biji besi dan mangan

Maluku

Nikel, Minyak bumi (Pulau Seram, Tenggara, Pulau Kai), asbes (Pulau Seram, Pulau Halmahera) dan mangan (Pulau Doi).

Papua

emas (Timika), tembaga (Kompara, Tembagapura),  Marmer, minyak bumi (Klamono, Sorong, Babo), batu bara (Klamono).

Pertambangan di Indonesia memanglah tidak rata di setiap daerahnya karena terdapat perbedaan dalam sejarah geologi di daerah masing-masing. Tanda untuk melihat tambah yang paling mudah di lihat dari bentuk batuan dan kenampakan geomorfologi yang terbentang di wilayah.

Contohnya adalah gunung yang mengeluarkan material dari lipatan atau patahan yang berasal dari gerakan lempeng bumi, penurunan atau pengangkatan dasar laut dan lain sebagainya.

Persebaran hasil tambang mempunyai kandungan yang berbada-beda dari wilayah lainnya. Dari sejarah geologi tersebut yang menyebabkan kandungannya berbeda-beda. Dari perbedaan tersebut menyebabkan belum adanya penelitian yang lebih dalam mengenai bagaimana keadannya kondisi potensi sumber daya tambang yang ada di suatu wilayah.

Perusahan yang menangani pertambangan contohnya seperti PT. Angincourt Resources. Perusahan tersebut bergerak secara khusus dalam penambangan dan pengolahan barang tambang yang berupa mineral emas dan perak dalam bentuk batangan.

Lokasi perusahan ini berada di Tambang Emas Martabe, Pulau Sumatera. Dengan adanya perusahan yang mengelola hasil tambang ini mendukung operasi penambangan yang ada di pulau sumatera, di pulau ini merupakan salah satu pulau yang mengandung barang tambang yang melimpah.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Daerah Pertambangan di Indonesia yang mencakup pengertian dan daerah pertambangan di Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Jenis Jenis Barang Tambang dan Manfaatnya
Sumber Daya Tambang Beserta Manfaatnya Lengkap