Penghijauan – Pengertian, Manfaat, Jenis dan Perbedaan dengan Reboisasi

Posted on

Penghijauan– Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai penghijauan yang mencakup Pengertian Penghijauan, Perbedaan dan persamaan Penghijauan dengan Reboisasi, Tujuan Penghijauan, Manfaat Penghijauan. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Pengertian Bencana Tsunami.

Penghijauan merupakan proses mengubah lingkungan, serta benda-benda seperti ruang, gaya hidup atau citra merek, menjadi versi yang lebih menghormati/ramah terhadap lingkungan lingkungan. Aksi Penghijauan biasanya melibatkan sebuah sistem yang lebih ramah lingkungan untuk lingkungan seperti rumah, tempat kerja dan tempat umum. Penghijauan pada dasarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi membutuhkan kesadaran bahwa perlu untuk dilakukan melestarikan lingkungan. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang penghijauan, artikel ini akan menyampaikan tentang definisi, tujuan dan manfaatnya.

Untuk lebih jelas pembahasan tentang materi penghijauan, kalian dapat simak materi berikut ini :

penghijauan – materigeografi.com

Pengertian Penghijauan

Definisi penghijauan merupakan semua daya dan upaya dalam memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan keadaan bumi untuk memproduksi dan beroperasi secara optimal, baik sebagai pengatur ketersediaan air atau sebagai perlindungan untuk lingkungan bumi kedepannya.

Penghijauan dapat didefenisikan sebagai penanaman (tanah atau lereng gunung gundul) dengan pohon-pohon sehingga udara segar dan bersih dan erosi yang dapat dihindari.

Tujuan Penghijauan

Tujuan dari penghijauan biasanya merupakan kombinasi untuk kepentingan lingkungan dan meningkatkan desain visual permukaan bumi, seperti pembuatan daerah hijau. Hal ini biasanya memerlukan langkah-langkah teknis, seperti pekerjaan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Selain itu, pemeliharaan dan irigasi berkelanjutan biasanya diperlukan untuk menjaga lingkungan dihijaukan tersebut.

Di beberapa daerah, ada persyaratan standar untuk perencanaan dan pelaksanaan penghijauan, reboisasi misalnya pinggir jalan. Bioteknologi dalam tanah, tanaman dengan fungsi teknis mungkin diperlukan. Secara khusus, tujuan penghijauan seperti:

Untuk Tujuan Perlindungan (proteksi)

Misalnya, perlindungan kondisi lingkungan alam terbadapn berbagai ancaman angin yang kuat, terik matahari, gas atau debu – debu melakat dalam struktur bumi.

Untuk Tujuan Keindahan (estetika)

Pohon yang memiliki berbagai bentuk besar dan kecil, dapat menciptakan keindahan tersendiri bagi yang melihatnya.

Untuk Tujuan Kesehatan (hygiene)

Sebagai contoh, di pohon-pohon siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang merupakan salah satu udara yang dibutuhkan oleh pernapasan manusia yang penting, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbon dioksida) adalah hasil dari gas buang knalpot.

Untuk Rekreasi dan Pendidikan (pendidikan)

Berbagai jenis pohon yang ditanam di kota merupakan laboratorium alam yang dapat digunakan sebagai tempat untuk belajar tentang tanaman dalam berbagai aspek.

Untuk Tempat Satwa

Penghijauan tujuan akhir adalah tempat hewan yang hidup di sekitar itu kontinuitas dipertahankan. Sebagimana hal ini adalah cagar alam.

Manfaat Penghijauan

Penghijauan lingkungan memberikan berbagai manfaat bagi lingkungan. Manfaat penghijauan dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Manfaat Hidrologis

Pohon yang ditanami guna penghijauan akan memiliki kemampuan daya serap dan mampu menyimpan air, sehingga jumlah pohon yang ditanam akan lebih banyak air yang tersimpan di dalam tanah, sehingga dapat digunakan oleh organisme hidup ( termasuk manusia) sebagai pasokan air selama musim kemarau, atau mencegah banjir.

2. Manfaat Orologis

Manfaat orologis diperoleh melalui kemampuan akar pohon untuk mencegah erosi tanah atau abrasi baik sebagai air atau angin.

3. Manfaat Penghijauan Lingkungan

Pohon-pohon hasil  dari penghijauan dapat menjadi salah satu komponen biotik terbaik yang tidak bisa dipishkan lagi dari lingkungan. Komponen abiotik dan biotik untuk menciptakan sinergi dan lingkungan yang seimbang Blok.

4. Manfaat Iklim

Manfaat klimatologis karena penghijauan adalah  dapat menyerap karbon dioksida (CO2) dan juga menghasilkan oksigen (O2) melalui proses fotosintesis oleh tumbuhan. Hal ini akan meningkatkan kualitas udara dan untuk mencegah dampak pemanasan global.

5. Manfaat Edaphis

Manfaat penghijauan adalah edaphis menanam pohon akan menjadi tempat tinggal, di mana untuk hidup, di mana berkembang biak dan mencari makan untuk berbagai spesies hewan.

6. Manfaat Estetika

Manfaat estetika penghijauan (keindahan) adalah penghijauan mempercantik suatu daerah atau tempat.

7. Manfaat Protektif

Manfaat penghijauan dapat langsung atau tidak langsung memberikan perlindungan bagi manusia. Langsung, misalnya untuk melindungi dari matahari, angin, sebagai penghalang debu dan sebagai tempat untuk berteduh. Meskipun perlindungan tidak langsung terhadap banjir dan kekeringan (manfaat yang terkait hidrologi).

8. Manfaat Higienis

Penghijauan manfaat higienis akan menjadi filter udara di mana pohon-pohon akan mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen juga.

9. Manfaat Pendidikan

manfaat pendidikan penghijauan pohon mampu menjadi laboratorium alam yang dapat digunakan sebagai pembelajaran dan penelitian.

10. Manfaat Rekreasi

manfaat rekreasi yang penghijauan akan memiliki sifat estetika yang tersedia yang dapat digunakan sebagai tempat rekreasi dan hiburan.

11. Manfaat Ekonomi

Manfaat ekonomi adalah hasil dari penghijauan pohon mungkin memiliki nilai ekonomi tinggi. Termasuk bunga, buah, batang, akar, dan juga berbagai bagian lain dari pohon.

Perbedaan dan Persamaan Penghijauan dengan Reboisasi

Istilah/pengertian penghijauan dan reboisasi pada dasarnya hampir sama, karena keduanya bertujuan rehabilitasi atau pemulihan lahan yang terdegradasi. Namun perbedaan antara keduanya adalah “target lokasi” dan “jenis kemampuan tanaman” ditanam di setiap lokasi kegiatan.

Reboisasi atau dalam bahasa Inggris yaitu reforestation merupakan penanaman kembali hutan yang telah di tebang sebelumnya (tandus atau gundul).

Reboisasi berguna untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, rekonstruksi habitat dan ekosistem alam, mengurangi pemanasan global sejak hutan dapat menyerap karbon dioksida di atmosfer, dan sebagai penyedia sumber daya, khususnya kayu, tetapi hasilnya sebagai hutan non-kayu.

Konsep yang sama adalah aforestasi  adalah jenis lain dari penghijauan, yang mengacu pada proses restorasi dan pembentukan  hutan kembali atau hutan yang mungkin telah yang lama mengalami penggundulan atau deforestasi atau sebaliknya dihilangkan pada masa lalunya atau tidak terjadi secara alami (misalnya padang rumput alami).

Memang, penghijauan yang paling sulit adalah tanaman hijau di daerah padang pasir. Jika penghijauan dilakukan secara teratur dan terus menerus, maka akan menjadi efektif untuk pembangunan ekonomi di kawasan yang gersang, menurunkan pemanasan global, serta meningkatkan iklim setempat.

Negara Israel di Negev telah lama menjadi pelopor dalam bidang ini. Sebuah proyek antara 1991 dan 2011 dan didukung oleh hutan di negara Jerman yang menyediakan 450.000 pohon di kota gurun Bersyeba.

Proyek penghutanan kembali (penghijauan) adalah lainnya utama Green Wall of China, yang bertujuan untuk mengurangi peningkatan penghancuran seluruh wilayah di utara dan barat dari Republik Rakyat Cina.

Demikian penjelasan materi mengenai Penghijauan yang mencakup Pengertian Penghijauan, Perbedaan dan persamaan Penghijauan dengan Reboisasi, Tujuan Penghijauan, Manfaat Penghijauan.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Pencemaran Lingkungan : Pengertian, Penyebab,Dampak dan Contohnya
Lingkungan Buatan – Pengertian, Manfaat, Konsep dan Contohnya
Abrasi adalah : Pengertian, Penyebab dan Dampaknya