Pengertian Tsunami – Pengertian, Penyebab, dan cara Penanggulangannya

Posted on

Pengertian Tsunami – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai bencana tsunami yang mencakup Pengertian Tsunami, Karakteristik Tsunami, Penyebab Tsunami, Jenis jenis Tsunami, Dampak Tsunami, Penanggulangan Tsunami. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Relief Dasar Laut.

Siapa yang belum mendengar istilah tsunami? Tsunami adalah salah satu jenis bencana alam yang terjadi di Bumi. Di masa lalu, tsunami asing bagi masyarakat Indonesia sebelum bencana itu terjadi di ujung barat Indonesia, Aceh. Pada tanggal 24 Desember 2004, Indonesia berduka. Tidak hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia berduka atas bencana alam yang mengerikan, yang ternyata ratusan ribu jiwa. Gempa berkekuatan sekitar 9 pada skala Richter (baca Gempa pengukur) menyebabkan tsunami di Aceh. Gelombang tsunami yang terbentuk sangat tinggi hingga belasan meter dan berhasil menghancurkan Aceh dan sekitarnya.

Selain itu, tidak hanya wilayah Aceh, tetapi juga beberapa negara tetangga. Sejak saat itu masyarakat Indonesia lebih akrab dengan nama tsunami. Bahkan kata tsunami bertengger terlalu akrab di telinga, menyebabkan trauma dan penderitaan.

Untuk lebih jelas pembahasan tentang materi pengertian tsunami, kalian dapat simak materi berikut ini :

pengertian tsunami – materigeografi.com

Pengertian Tsunami

Tsunami berasal dari Jepang, yang ‘tsu’dan’nami ‘yang memiliki arti harfiah ombak besar di pelabuhan. Dalam hal, gagasan tsunami secara umum dapat didefinisikan sebagai gerakan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dan berlangsung tiba-tiba.

Tsunami Istilah berasal dari Jepang karena secara geografis, Jepang adalah negara yang rawan bencana alam tsunami. Gelombang tsunami merupakan jenis gelombang yang mampu bergerak ke segala arah dengan jarak hingga ribuan kilometer, tak heran jika dampak yang dirasakan oleh bencana ini dapat menyapu seluruh kota. Tidak hanya jarak yang luas, tetapi juga memiliki kecepatan gelombang tsunami dari 500 – 1000 km per jam, bahkan itu adalah kecepatan pesawat.

Karakteristik Tsunami

  • Kondisi air di sekitar pantai tiba-tiba surut
  • Keberadaan deru jauh cukup keras
  • Sebuah perilaku hewan aneh seperti burung ke arah laut, stres terlihat ternak
  • Adanya gempa sebelum sumber tsunami dasar laut
  • Ada gelombang yang tidak biasa
  • Kondisi awan lebih mendung dari biasanya
  • Listrik yang menyala meskipun tidak ada aliran listrik untuk gelombang elektromagnetik mereka

Penyebab Tsunami

Ternyata di balik kedatangan gelombang tsunami, ada beberapa faktor yang menyebabkan bencana alam ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gempa

Tsunami gelombang kedatangan ke daratan dapat dipicu oleh gempa bumi. Jadi jangan heran jika ada gempa bumi di pusat dasar laut, pemerintah setempat akan mendorong untuk menjauh dari pantai untuk mengamankan dari akan datangnya tsunami. Salah satu penyebab terjadinya gempa ini adalah gerakan lempeng dan adanya sesar aktif.

2. Letusan Gunung Berapi

Letusan gunug api atau yang biasa dikenal sebagai letusan gunung berapi juga memicu tsunami karena akan mengakibatkan gempa vulkanik. Salah satu contoh tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi adalah tsunami akibat letusan Gunung Krakatau.

3. Longsor Underwater

Tidak hanya gempa bumi dan gunung berapi, longsor bawah laut  yang disebabkan oleh lempeng bertabrakan juga dapat menyebabkan tsunami disebut tsunami submarine landslide.

4. Meteor

Jika semua kondisi ini adalah faktor internal bumi, berbeda dengan faktor terakhir ini yang berasal dari luar bumi. Keberadaan laut menghantam meteor bisa memicu tsunami.

Jenis jenis Tsunami

Setidaknya ada tiga jenis tsunami yang harus Anda harus  ketahui, bahwa :

1. Tsunami Lokal

Jenis yang pertama adalah tsunami dapat menyebabkan kerusakan pada langka cukup dekat. Penyebab tsunami lokal adalah gempa bumi yang terjadi pada kedalaman 100 km. Kedatangan tsunami lokal adalah sekitar 1 jam dari kedatangan gempa, bahkan kurang dari 10 menit.

2. Tsunami Regional

Berbeda dengan tsunami lokal, dampak regional tsunami atau kerusakan pada lingkup regional yang lebih luas bisa mencapai 100 – 1000 km. Gelombang tsunami akan datang ke darat dalam waktu 1-3 jam sehingga Anda dapat membayangkan dampaknya akan cukup parah.

3. Tsunami Jarak Jauh

Tsunami jauh ini adalah semacam tsunami tahun 2004, juga disebut tele-tsunami. bencana alam dahsyat ini dapat mencapai jarak lebih dari 1000 km dari daratan. Kedatangan gelombang tsunami di jenis ini memiliki durasi yang cukup panjang, tetapi dampaknya juga sangat besar.

Dampak Tsunami

Akibat tsunami tentunya menimbulkan berbagai dampak baik dampak positif maupun negatif. Berikut adala dampak akibat tsunami :

Dampak Negatif

  • Membutuhkan banyak korban manusia dan hewan
  • Merusak infrastruktur bangunan, tanaman, dan apa pun yang dilalui oleh gelombang
  • Menghabiskan banyak dana pemerintah untuk pengembangan pasca-tsunami
  • Dapat meningkatkan tingkat kemiskinan
  • Menghabiskan harta benda

Dampak Positif

  • Meningkatkan rasa saling kerjasama
  • Sebagai bahan pembelajaran dalam hal tsunami lain
  • Dapat menganalisa dan  mengidentifikasi seberapa kuatkonstruksi bangunan yang terkena dampak
  • Kerja meningkat setelah tsunami

Penanggulangan Tsunami

  • Berlari menuju titik tertinggi setelah mendengar deru keras di perairan dekat pantai. Anda juga dapat mengambil tempat yang lebih tinggi dan mnaiki pohon kokoh
  • Ikuti panggilan dari pemerintah daerah, tidak kembali ke tempat yang lebih rendah sebelum pemerintah menyatakan status aman di tsunami
  • Kapan tsunami, saling membantu membantulah meskipun tidak tahu, bantuan korban luka
  • Menetap di pos bencana dan jangan panik berlebihan

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Pengertian Tsunami yang membahas secara lengkap mengenai Pengertian Tsunami, Karakteristik Tsunami, Penyebab Tsunami, Jenis jenis Tsunami, Dampak Tsunami, Penanggulangan Tsunami.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Dampak Globalisasi : Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya
Pencemaran Lingkungan : Pengertian, Penyebab,Dampak dan Contohnya
Manfaat Hutan – Lengkap dengan Pengertian dan Penjelasannya

Apa itu Bencana Tsunami ?

Tsunami Istilah berasal dari Jepang karena secara geografis, Jepang adalah negara yang rawan bencana alam tsunami. Gelombang tsunami merupakan jenis gelombang yang mampu bergerak ke segala arah dengan jarak hingga ribuan kilometer

Penyebab Terjadinya Bencana Tsunami ?

Ternyata di balik kedatangan gelombang tsunami, ada beberapa faktor yang menyebabkan bencana alam ini, diantaranya . . .