Pengertian Geografi, Sejarah, Ruang Lingkup

Posted on

Definisi Geografi- Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas tentang pengertian geografi, ruanglingkup, sejarah geografi serta objek  geografi  serta menurut para ahli serta contoh. Setelah sebelumnya kita sudah membahas Jenis jenis Hujan. Sebelum kalian belajar lebih jauh jauh mengenai ilmu geografi tentunya kali harus mengetahui dulu apa itu definisi geografi itu sendiri , seperti apa konsep geografi itu agar lebih mudah kalian dalam mempelajarinya untuk materi selanjutanya.

Sejarah Geografi

Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh  seorang ahli filsafat serta astronomi yang sangat terkenal yaitu Eratosthenes (276–194 SM). Menurut Eratosthenes kata geografi itu sendiri berasal dari kata Geographika yang memiliki arti yakni  “tulisan atau deskripsi tentang Bumi”.

Eratosthenes adalah orang pertama yang berhasil menghitung keliling Bumi secara matematik. Perhitungan tersebut dilakukan dengan membandingkan panjang busur antara dua kota di Mesir, yaitu kota Alexandria (Iskandariyah) dan Kota Seyne (Aswan) dengan panjang keliling Bumi secara keseluruhan.

Sejarah perkembangan geografi terus berlanjut dimana ilmuan yakni Immanuel Kant mengembangkan geografi modern kemudian ilmuan Karl Ritter juga mengembangkan geografi sosial sehingga ilmu geografi ini terus berkembang melalui tokoh-tokoh tersebut. Terdapat tokoh- tokoh lain yang ikut andil dalam perkembangan ilmu geografi ini diantaranya yakni Alexander von Humbolt sebagai peletak dasar geografi fisika modern

Sejarah geografi masi terus berjalan dan berkembang seiring berjalannya waktu. Tepatnya, diabad ke-XIX  geografi mengalami perkembangan yang sangat pesat dari segi keilmuannya. Dari yang sebelumnya  hanya mendeskripsikan kemudian berkembang menjadi lebih rinci yaitu dengan menjelaskan lingkungan geografi secara terstruktur dan terinci dan tingkat  keilmuan geografi sudah membahas hingga membandingkan keadaan, data geografis dan karakteristik antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain di muka bumi yang dikenal  kenal sebagai “Comparative Geography

Perkembangan geografi semakin pesat setelah terjadinya perang dunia ke-II. Yang sebelumnya ilmu geografi  dikembangkan oleh imuwan Amerika dan Inggris yang dikenal sebagai “Comparative Geography” berkembang menjadi “Global Geography” dimana objek kajiannya meliputi seluruh dunia. Era inilah yang dinamakan sebagai “era geografi modern”.

Pengertian Geografi

Pengertian geografi jika diambil secara umum yakni suatu imu yang mempelajari segala aktivitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya yang meliputi permukaan bumi, flora,fauna, iklim dan kependudukan yang terjadi diatas muka bumi.

Pengertian Geografi Menurut beberapa Ahli

Beberapa pengertian geografi menurut para ahli adalah sebagai barikut :

1. Eratosthenes

Eratosthenes merupakan seorang ilmuwan atau seorang filsafat yang hidup pada abad ke satu. Menurut geografi adalah penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

2. Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant yang juga seorang ilmuan, geografi adalah ilmu yang memiliki  objek benda- benda, hal- hal atau gejala- gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

3. Claudius Ptolomaeus

Claudius Ptolomaeus  merupaka ilmuan yang terkenal diantero dunia dengan kecerdasannya. Menurit Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian melalui peta sari sebagian dan seluruh permukaan Bumi.

4. Halford Mackinder

Menurut Mackinder, Geografi adalah ilmu yang mempunyai fungsi utama yakni menyelidiki interaksi manusia dalam kehidupa bermasyarakat dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya.

5. Alexander Von Humboldt

Menurut Alexander Von Humboldt, geografi adalah suatu studi yang mempelajari mengenai pengaruh lingkungan alam terhadap manusia yang berkaitan dengan alam dan juga makhluk hidup yang hidup di dalamnya.

Ruanglingkup Geografi

Geografi sendiri memiliki beberapa ruang lingkup didalamnya yang memiliki klasifikasi berdasarkan fungsi dan jenisnya. Berikut adalam 3 Ruang lingkup Geografi secara umum yang sering digunakan.

1. Geografi Regional

Geografi regional adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari mengenai  kejadian  khusus yang terjadi di suatu daerah  seperti desa, kota, provinsi, dan negara tertentu di bumi. Selain itu, geografi regional juga mempelajari mengenai hal khusus pada suatu wilayah, baik aspek sosial maupun aspek fisik.

2. Geografi Fisik

Geografi fisik adalah ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik yang menyangkut keadaan lingkungan alam di luar manusia seperti gejala-gejala alam pada peristiwa yang terjadi di muka bumi  yang berkaitan dengan bentuk, relief, iklim dan segala sesuatu tentang bumi dimana ruang lingkup geografi fisik tersebut antara lain lapisan air, ruang angkasa, laisan tanah dan lain-lain.

3. Geografi Sosial

Pengertian geografi sosial adalah suatu  ruang lingkup ilmu geografi yang mempelajari mengenai segala aktivitas kehidupan manusia lengkap dengan interaksi terjadi didalamnya. Ruang lingkup geografi sosial  memiliki beberapa ojek yakni meliputi lingkungan ekonomi, lingkungan budaya serta lingkungan sosial yang terjadi didalam aspek tersebut.

Objek Geografi

Objek material geografi ini dibagi menjadi 2 objek studi yang dapat kalian pahami dan kalian pelajari diantaranya adalah:

1. Objek Formal

Objek formal yakni suatu  objek yang berkaitan dengan fenomena keruangan yang dituangkan dalam konsep keilmuan geografi. Dimana studi geografi tersebut  menganalisa lokasi serta persebarannya di permukaan Bumi serta  saling keterkaitan antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya.

2. Objek Material

Objek yang kedua yakni objek material dimana objek material ini memiliki definisi yakni suatu kejadian di permukaan bumi yang meliputi litosfer yaitu lapisan batuan dan tanah, atmosfer yaitu lapisan udara , hidrosfer yaitu bentang perairan , biosfer yaitu  dunia tumbuhan dan hewan  dan antroposper yaitu manusia.

Demikian artikel tentang definisi geografi, ruanglingkup, sejarah geografi serta objek  geografi  serta menurut para ahli serta contoh. Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

BACA JUGA :