Pembagian Musim di Indonesia : Pengertian, Musim Panas, Musim Hujan, Iklim, dan Perubahan Musim

Posted on

Pembagian Musim di Indonesia – Pada maeteri kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai pengertian, musim panas, musim hujan, iklim, dan perubahan iklim di Indonesia. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi Bioma Tundra.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan Pembagian Musim di Indonesia, kalian dapat seimak materi berikut ini :

Membahas mengenai musim yang ada di Indonesia tentunya kita sudah tau, bahwa Indonesia memiliki dua musim yaitu, musim hujan dan juga musim panas.

Indonesia hanya memiliki dua musim tersebut, sebab letak astronomis negara Indonesia berada pada 6 O LU – 11O LS dan 95O BU – 141O BT. Jika dilihat daru luar angkasa, letak Indonesia ini berada pada sisi timue dan menghadap matahari. Karena letaknya ini Indonesia termasuk dalam negara beriklim tropis.

Ika menurut letak geografis, pembagian iklim di Indonesia ini karena letak negara Indonesia diapit oleh dua Samudra, yaitu Samudra hindia dan juga Samudra pasifik. Dan juga negara Indonesia dilewati oleh dua pegunungan muda, yaitu pegunungan mediterania dan pegunungan sirkum pasifik.

Hal ini juga yang menyebabkan negara Indonesia memiliki aktivitas gunung berapi yang aktif cukup banyak, dan negara yang rawan dengan terjadinya gempa vulkanik. Dari hal tersebut dampak positifnya yaitu Indonesia memiliki tanah yang subur dan gembur, khususnya pada daerah sekitar gunung berapi.

Berikut penejelasan lebih lengkapnya.

Angin Penyebab Musim di Indonesia

Angin Muson Barat

Adanya angin ini yang bergerak dari utara barat laut memiliki tekanan udara yang tinggi yaitu pada arah selatan. Angin muson barat akan membawa banyak uap air yang saat melewati Indonesia akan menjadikannya turun hujan. Angin ini biasanya terjadi pada bulan oktober hingga April. Dari adanya angin ini yang menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan.

Angin Muson Timur

Angin muson timur bergerak dari selatan tenggara dan hanya memiliki sedikit uap air, sehingga dikatakan kering. Saat angin ini melewati negara Indonesia akan membawa panas, yang disebut dengan musim kemarau. Angin ini biasanya terjadi pada bulan April hingga oktober.

Negara Indonesia memiliki suhu rata – rata 23o C – 28O disepanjang tahun. Suhu ini di anggap normal dan tidak termasuk dalam cuaca ekstrim. Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki suhu yang tinggi hingga 40o C yaitu pada kota palu, Timor, dan Sulawesi. Jika pada pegunungan jayawijaya suhu rata-ratanya yaitu 0O C, karena hal ini paca puncaknya terdapat salju abadi.

Iklim di Indonesia

Iklim Muson

Adanya iklim ini di sebabkan karena pergerkan dari angin muson barat daya dan juga angin muson timur laut, yang meneyababkan negara indonesai dijuluki dwi musim (kemarau dan hujan).

Iklim Tropis

Negara Indonesia yan berada pada garis ekuator atau garis khatulistiwa mengalami iklim tropis. Akan lebih panas jika suatau daerah berada di garis khayal ekuator seperti Pontianak.

Iklim Laut

Negara Indonesia yang memiliki banyak kelautan, dimana dataran dan perairannya lebih besar perairan. Banyak pulau-pulau di Indonesia sehingga Indonesia disebut denan negara kepulauan palin banyak di dunia.

Pembagian Musim Di Indonesia

Musim hujan

Musim hujan adalah dimana suatu daerah memiliki curah hujan yang tinggi. Di Indonesia sendiri musim hujan terjadi pada bulan oktober hingga April. Pada saat tersebut rata – rata curah hujan yang turun di Indonesia hinga 1.600 mm/tahun. Namun ada juga beberapa daerah yang curah hujannya hanya 500 – 700 mm/tahun contohnya yatu pada daerah palu dna timor.

Dalam kurun waktu 3  – 5 tahun sekali Indonesia mengalami El Nino yaitu suatu peristiwa yan menyebabkan musim kering yang terlalu lama, jika ada musim hujan lewan hanya dalam kurum waktu yang sangat sebentar atau singkat.

Musim Kemarau

Musim kemaray yaitu dimana pada suatu keadaan mengalami curah hujan yang sangat rendah, hanya 360 mm/tahun. Musim panas di Indonesia terjadi pada bulan April hingga oktober. Musim kemarau ini yaitu dimana sinar matahari yang langsug menyenari ke permukaan bumi tanpa ada halangan awan.

Perubahan Musim di Indonesia

Perubahan ini dilihat dari pergerakan matahari.  Indoneis yan berada pada aris ekuator tau khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia, serta di antara Samudra hindia dan Samudra pasifik. Adanya besar atau kecil tekanan udara dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi.

Pada tanggal 21 juni posisi matahari berada pada 23 ½ O LU. Tanggal 23 september berada pada diatas garis khatulistiwa. Tanggal 22 desember, berada pada 23 ½ O LS. Dan pada tanggal 21 mare berada di garis khatulistiwa.

Pada  saat bulan September – desember matahari akan bergerak ke selatan, hingga wilayah selatan akan memiliki temperature yang tinggi, dan tekanan udara yang rendah. Dan hal ini akan menakibatkan aliran udara dari Asia akan bergerak ke wilayah tropis.  

Pergerakan angin dari asia ini membawa massa udara dan uap air jenuh yang terbawa dari lautan pasifik dan juga lautan hindia. Adanya pergerakan angin barat ini yang membawa musim penghujan di Indonesia.

Pada saat bulan maret hingga juni saat matahri berada dibagian wilayah utara, dan berganti angin bertiup dari Australia ke Indonesia. Angin tersebut yang datang dan dari benua Australia yang kering tidak akan membawa banyak air, dan hal ini yang akan menyebabkan musim panas pada Indonesia.

Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai Pembagian Musim di Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Musim Semi : Pengertian, Karakteristik dan Negara Yang Mengalami-nya Lengkap
Musim Gugur – Pengertian, Karakteristik dan Waktu Terjadinya