Manfaat Keanekaragaman Hayati beserta penjelasan-nya

Posted on

Manfaat Keanekaragaman Hayati – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Manfaat Keanekaragaman Hayati pengertian dan manfaat keanekaragaman hayati.  Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Daerah Pertambangan di Indonesia.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Manfaat Keanekaragaman Hayati, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati adalah bermacam-macam ekosistem dan habitat yang di sertai dengan banyaknya spesies tumbuhan dan hewan yang menghuni ekosistem.

Menurut Global Village Translations keanekaragaman hayati merupakan semua kehiduapan yang berada di atas bumi baik tumbuhan ataupun hewan dan jamur mikroorganisme serta berbagai jenis materi genetik yang didalamnya banyak kandungan dan keanekaragaman sistem ekologi di mana mereka hidup. Yang di dalmnya terdapat kelimpahan keanekaragaman genetik relatif dari sebuah organisme yang berasal dari habitat yang berada di darat ataupun laut.

Menurut Sudarsono dkk keanekaragamn hayati ialah ketersediaan keanekaragaman sumber daya hayati berupa jenis ataupun kekayakan plasma nutfah dan keanekaragaman antar jenis serta ekosistem.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis hewan dan tanaman yang unik-unik. Hal ini karena Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Benua tersebut berpengaruh terhadap persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia.

Manfaat keanekaragaman hayati

Dengan keanekaragaman hayati ini dapat di manfaatkan. Manfaat yang dapat di peroleh dari kenekaragaman hayati ini adalah sebagai berikut:

Sebagai sumber  pangan

Makhluk hidup membutuhkan energi undap beraktivitas. Energi di dapat dari makanan yang di konsumsi. Makanan dapat berasal dari tumbuhan ataupun hewan. Contoh sumber makanan tunbuhan dan hewan sebagai berikut:

  • Karbohidrat di dapat dari padi, jagung, singkong, talas, sgu, gandum, dan tanaman umbi-umbian.
  • Sayur mayur di dapat dari berbagai macam tanaman sayur seperti bayam, tomat, kangkung, sawi, wortel, buncis, kubis dan masih banyak yang lainnya
  • Buah-buahan di dapat dari berbagai jenis tumbuhan buah. Contohnya jeruk, apel, melon, semnagka dan lain sebagainya.
  • Minuman yang banyak mengandung mineral dan vitamin contohnya susu dan air yang di dapat dari pegunungan.

Untuk sumber pandang

Sumber pandang atau pakaian yang di gunakan manusia di dapat dari tumbuhan dan hewan. Dengan perkembangan zaman sekarang banyak pakaian yang terbuat dari sintesis tetapi tidak semua pakaian berasal dari sintesis. Contoh pakaian yang terbuat dari tumbuhan ataupun hewan yaitu sebagai berikut:

  • Songket yang terbuat dari berbagai macam serat tumbuhan
  • Kain yang terbuat dari buah dari tanaman randu
  • Kain sutra yang terbuat dari pintalan benang berasal dari ulat sutra
  • Jaket kulit, tas dan ikat pinggang yang terbuat dari berbagai jenis kulit hewan reptil misalnya ular dan buaya
  • Jaket wol yang terbuat dari bulu domba dan biri-biri.
  • Pakaian tradisional dan aksesoris yang terbuat dari tulang-tulang hewan, kulit kayu dan bulu burung dan merak.

Sebagai sumber papan

Rumah yang di bangun untuk tempat tinggal manusia atau pun hewan dapat di buat dari tumbuhan. Rumah yang di bangun terbuat dari kayu yang berasal dari pohon. Selain ini aksesoris yang di dalam rumah berasal dari hewan maupun tumbuhan.

Untuk sumber pendapatan

Mata pencarian banyak bergantung dengan kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan. Contoh mata pencarian yang di dapat dari keanekaragamn hayati yaitu antara lain:

  • Petani yang memanfaatkan tanamn padi, kacang hijau, jagung dan lain-lain dengan hasilnya untuk di jual.
  • Petani tambak memanfaatkan hewan seperti ikan, kerang dan udang yang di budidayakan untuk penghasilan petani tambak
  • Nelayan menggantungkan pendapatan mereka dari pencarian banyaknya ikan yang di peroleh.
  • Peternak yang memelihara hewa unggas ataupun mamalia untuk berkembang biak yang di mana telur dan dagingnya dapat di jual kembali. Contohnya ialah seperti kambing, kerbau, ayam, sapi, itik dan ayam
  • Industri perkebunan yang memanfaatkan hasil perkebunan teh dan tebu.

Di manfaatkan sebagai obat-obatan

Tumbuhan mempunyai kandungan yang bermacam-macam termasuk di dalmnya terdapat kandungan yang dapat di gunakan untuk obat. Tanaman obat dapat di tanam di rumah. Teknologi yang ada juga banyak memproduksi obat dari tumbuhan. Pengunaan tanaman sebagai obat ini lebih aman dan efek samping yang lebih sedikit. Tanaman obat tersebut seperti kencur, temulawak, jahe, sirih, kayu putih, alang-alang, buah mengkudu dan lain sebagainya.

Untuk bahan kosmetik

Kosmetik yang di gunakan pada saat ini banyak memanfaatkan keanekaragaman flora. Contohnya lidah buaya yang di gunakan untuk pelembab muka rambut, masker ataupun shampo lalu ada minyak bunga melati dan bunga kantil yang dapat digunakan untuk parfum. Bengkoang dan teh hijau yang dapat di manfaatkan untuk kosmetik dan masih banyak yang lainnya.

Untuk sumber ilmu

Banyak ilmuan yang memanfaatkan keanekaragam ini untuk di teliti untuk agar dapat mengembangkan potensi dari tumbuhan dan hewan. Dengan penelitian tersebut dalam mendalami berbagai ilmu terutama biologi. Penelitian ini dapat menghasilkan berbagai metode keilmuan contohnya seperti perkembangan vegetatif buatan hewan dan tumbuhan.

Aspek budaya

Indonesia mempunyai banyak budaya yang dari beberapa diantara lainnya masih menggunakan tanaman dan hewan. Contohnya upacara yang menggunakan hewan kerbau, sapi dan lainnya. Sedangkan tumbuhan seperti mawar, melati untuk di taburkan.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Manfaat Keanekaragaman Hayati yang mencakup pengertian dan manfaat keanekaragaman hayati.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Ekosistem Terumbu Karang dengan penjelasan lengkap
Terumbu Karang : Pengertian, Manfaat, fungsi dan proses terbentuk terumbu karang lengkap