Letak Geologi Indonesia Paling Lengkap

Posted on

Letak Geologi Indonesia– Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai letak geologis Indonesia, pada materi kali ini kita akan membahas apa itu letak geologi, pengeruh letak geologis bagi negeri indonesia. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Angin Muson Timur.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang letak geologis indonesia, kalian dapat simak materi berikut ini :

Apa sih sebernernya letak geologi ?

Sebelum membahas materi lebih jauh, sebaiknya kita ketahui terbelih dahulu apa itu letak geologis.

Pengertian Letak Geologi

Letak geologi merupakan sebuah letak negara yang di dilihat dari kondisi batuan yang terdapat di bagian bumi yang ada pada wilayah tersebut.

Pengertian Letak Geologi Indonesia

Letak geologis Indonesia merupakan letak negara Indonesia yang di lihat dari komposisi bebatuan yang ada di daerah tersebut. Negara dapat di katakan sebagai letak geologis  karena memiliki komposisi. Secara geologis, negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pegunungan besar yang masih aktif ataupun non aktif dan lokasinya berada di antara wilayah yang dangkal beberapa yang menjadi titik pertemuan beberapa lempeng litosfer di dunia.

Tata letak Geologi Indonesia

Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung berapi yang terbesar di dunia, terutama dengan jenis gunung berapi Strato yang sebagian besar masih aktif. Hal tersebut karena kondisi geologis yang ada di Indonesia.

Terdapat 3 tanda letak geologi Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Indonesia dilalui oleh dua sistem pegunungan utama yang ada di dunia. Pegunungan tersebut merupakan rantai circum-Mediterania dan sirkum Pasifik.
  • Indonesia terletak diwilayah yang menjadi di titik pertemuan tiga lempeng litosfer, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.
  • Indonesia terletak di tiga wilayah dangkal dintaranya adalah sebagai berikut dangkal Sunda, wilayah laut dangkal pertengahan bank menjalankan dan Australia Asiatis.

Dampak Letak Geologi

Indonesia dikatakan sebagai letak geologi karena di Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi, sehingga hal tersebut memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak Positif Letak Geologi

Dampak dari letak geologi bagi suatu negara khususnya bagi Indonesia yaitu tanah di Indonesia tentunya akan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, akibat pengaru dari pegunungan pegunungan yang ada di beberapa wilayah yang ada di Indonesia

Dampak Negatif Letak Geologi

Selain dampak positif, letak geologi juga memiliki gampak negative diantaranya adalah sebagai berikutakan mudah terjadi bencana alam yang disebakan oleh peristiwa vulkanik gunung berapi yang masih aktif. Contohnya sepert bencana gempa bumi, letusan gunung berapi, hingga tsunami.

Daerah Dangkan di Indonesia

secara geologi, di Indonesia terdapat tiga daerah dangkal atau shoal. Daerah dangkal atau (Shoal) merupakan laut dangkal yang menghubungkan dua daratan yang ada di Indonesia. Berikut ini 3 daerah dangkalan yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Dangkalan Sunda yang menghubungkan bagian barat Indonesia dengan benua Asia.
  • Dangkalan Sahul yang menghubungkan bagian timur Indonesia dengan benua Australia.
  • Dangkalan Tengah yang terletak di daerah Australia di tengah laut astis, daerah yang terletak di wilayah tengah antara dangkalan Sunda dan dangkalan sahul.

Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Letak geologis di Indonesia tentunya memberikan beberapa pengaruh. Pada materi kali ini kita akan membahas juga pengaruh yang dihasilkan dari letak geologi Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Daerah Kepulauan Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Gunung berapi yang masih banyak aktif khususnya berada di wilayah bagian barat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan di wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum atau wilayah pegunungan mediterania. Cirkum mediterania merupakan rangkaian pegunungan api yang masih muda, sehingga lebih sangat berpotensi untuk aktif.
  2. Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian dari pegunungan muda sirkum mediterania (wilayah barat) dan sirkum pasifik di wilayah timur.
  3. Wilayah di Indonesia termasuk daerah yang “rawan bencana”. Di Indonesia sering terjadi bencana gempa bumi tektonik ataupun gempa bumi vulkanik yang disebabkan aktivitas gunung berapi yang masih aktif.
  4. Laut di Indonesia bagian barat merupakan laut dalam. Sedangkan di wilayah tengah dan timur terdiri dari lautan yang dangkal. Hal ini dipengaruhi oleh letak geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Selain itu juga terdapat wilayah di Indonesia yang terletak diantara dua dangkalan tersebut yang di sebut dengan dangkalan (Australia-Asiatis).
  5. Di beberapa wilayah Indonesia masih banyak mempunyai hasil tambang dan mineral seperti emas, perak dan besi. Hal tersebut dikarenakan banyak terdapat cekungan sedimen (sedimentary basin) yang disebabkan aktifitas tektonik di wilayah Indonesia.
  6. Di Indonesia terdapat banyak jenis tanah untuk pertanian dan perkebunan yang masih sangat subur. Hal tersebut disebabkan oleh aktivitas gunung berapi yang menghasilkan tanah vulkanik. Tanah vulkanik banyak mengandung unsur hara yang menjadi indikator kesuburan tanah.
  7. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, baik flora maupun faunanya. Bahkan di Indonesia juga flora dan fauna yang ada dilindungi. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh dua dangkalan yang melalui wilayah Indonesia.
  8. Terdapat gunung api yang berada di tengah perairan laut. Terutama lagi wilayah barat Indonesia yang dilalui oleh sirkum Mediterania.
  9. Letak geologis Indonesia mempengaruhi sumber daya alam yang ada di Indonesia, maka dari itu sebagai warna negara Indonesia, wajib kita bersyukur atas limpahan kekayaan alam yang ada

Demikian penjelasan materi mengenai Letak Geologis Indonesia yang mencakup apa itu letak geologi, pengeruh letak geologis bagi negeri indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.

Baca Juga :
Pengertian Vulkanisme Paling Lengkap
Satelit Bumi – Pengertian, Jenis dan Macamnya
Letak geologi  indonesia