Laut Terdalam di Dunia : Kedalaman dan Lokasi-nya Lengkap

Posted on

Laut Terdalam di Dunia – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Laut di Dunia yang mencakup pengertian, palung Mariana dan palung terdalam yang ada di dunia. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Inti Bumi.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Laut Terdalam, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Dasar laut mempunyai kedalaman sampai ribuan meter. Setiap bagian terdalam dari samudra di sebut dengan palung samudera.

Palung Mariana atau palung Marianas merupakan palung yang paling dalam yang di ketahui dan lokasi terdalam berada di kerak bumi. Palung ini berada pada dasar barat laut samudra Pasifik di sebelah timur pada kepualauan Mariana pada lintang 110 21` Lintang Utara dan 1420 12` Bujur Timur.

Palung mariana ini adalah batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana lempeng pasifisik disubduksi di bawah lempeng Filipina. 

Palung Mariana mempunyai kedalaman maksimum 10.911 meter di bawah permukaan laut. Menurut garis lintang dan garius bujur bumi palung ini berada 6.366,4 km dari pusat bumi Samudra Arktik, dan dengan kedalaman 4 km mempunyai jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar 6.352,8 km, 12,6 km leboih dekat.

Pada dasar Palung Mariana tekanan air sebesar 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi).

Daftar Palung Samudra

Daftar beberapa titik samudera yang paling dalam yaitu sebagai berikut:

1. Palung Mariana

Seperti yang telah di jelaskan di atas palung Mariana adalah palung yang paling dalam urutan yang pertama.

2. Palung Tonga

Palung Tonga ini mempunyai kedalaman 10.882 meter di permukaan laut. Palung ini berada di Samudera Pasifik. Titi terdalam palung tonga berada di 23.25833°S 174.726667°W, 10.800 ± 10 m (35.433 ± 33 kaki) menjadikannya titik terdalam di Belahan Bumi Selatan. Palung Tonga adalah palung terdalam yang ke dua setelah palung mariana.

3. Palung Kuril

Palung Kuril adalah bagian yang erada di Samudera Pasifik. Palung Kuril mempunyai kedalaman 10.500 meter di bawah permukaan laut dengan luas yang mencapai 102.00 mil persegi. Palung ini adalah penyebab dari aktivitas vulkanik dasar laut di sekitarnya.

4. Palung Filipina

Palung Filipina mempunyai kedalaman 1.054 meter di bawah permukaan laut dan panjang Palung Filipina adalah 1320 km atau lebar yang mencapai 30 km dari pusat Pulau Luzon, Palung Filipina adalah palung yang terletak di sebelah timur Filipina, Filipina yang mengarah pada Tenggara mengarah ke pulau Maluku, Indonesia.

5. Palung Kermadec

Palung Kermadec palung yang terletak di Samudera Pasifik, sebelah Timur Australia. Dengan kedalaman 10.047 meter di bawah permukaan laut.

6. Palung Puerto Rico

Palung Puerto Rico letak palung ini masih berada di Samudera Pasifik, di perbatasan antara laut Karibia dan Samudera Atlantik. Yang mempunyai kedalaman 8.800 meter di bawah permukaan laut dengan luas 800 km. Palung Puerto Rico adalah penyebab dari bencana tsunami dan gempa bumi yang ada di sekitarnya.

Palung Puerto Rico yang terletak di batas anatarv dua lempeng yang saling melewati batas transform dengan sebagian kecil subduksi. Pada Palung Puerto Rico tidak mempunyai gunung berapi yang aktif tetapi dapat beresiko gempa bumi dan tsunami.

7. Palung South Sandwich

Palung South Sandwich  ini berada di Samudera Atlantik. Palung South Sandwich ini mempunyai kedalaman 8.428 meter di bawah permukaan laut dan luas sepanjang 956 km. Palung South Sandwich ini di asosiasikan dengan vulkanik aktif.

Palung South Sandwich di produksi oleh subduksi bagian selatan dari lempeng Amerika Selatandi bawah lempeng Sandwich Selatan yang kecil.

8. Palung Romanche

Palung Romanche memiliki kedalaman 7.760 meter di bawah permukaan laut. Dan luas sepanjang 300 km. Palung Romanche ini termasuk ke dalam daftar top 15 bagian terdalam samudera. Palung ini berada di Atlantik antara Brasil dan Afrika Barat yang membentang dari 20  N ke 20 Sdan 16 0 W sampai 200 W.

9. Palung Jawa

Palung Jawa mempunyai kedalaman 7.7725 meter di bawah permukaan laut. Palung Jawa adalah palung yang terdalam di Samudera Hindia. Yang berada di dekat kepulauan di  Samudera Hindia termasuk Jawa, Sumatera dan kepulauan Andaman.

10. Palung Eurasia

Palung Eurasia mempunyai kedalaman 5.450 meter di bawah permukaan laut dengan luas yang mencapai 350 km. Palung Eurasia di temukan di bawah perairan Laut Arktik yang membeku. Palung Eurasia adalah titik terdalam dari Samudera Arktik dan berada urutan ke 20 kedalamannya.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Laut Terdalam di Dunia yang mencakup pengertian, palung Mariana dan 10 palung terdalam di dunia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Laut Ingresi dan Transgresi: Pengertian, Perbedaan dan Manfaat-nya Lengkap
Ekosistem Laut : Pengertian, Ciri-ciri, Zona, Jenis, dan Manfaat Beserta Penjelasan Lengkap