Lapisan Udara Yang Menyelimuti Bumi Paling Lengkap

Posted on

Lapisan Udara – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai lapisan udara yang menyelimuti bumi pengertian pengertian lapisan udara, fungsi lapisan udara, manfaat lapisan udara, lapisan udara yang menyelubungi bumi. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Hasil Olahan Minyak Bumi.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang lapisan yang menyelimuti bumi, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Di bumi yang kita tinggali ini, tentu kalian merasakan adanya udara. Udara yang dapat kalian hidup setiap saat setiap detik. Bumi dapat dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya karena memiliki udara yang bersih dan berisi banyak sumber daya alam yang dapat digunakan oleh makhluk hidup untuk lainnya.

Namum selain udara yang ada didalam bumi, ternyata bumi juga diselimuti oleh lapisan udara. Terdapat beberapa lapisan udara yang menyelimuti bumi.

Pada materi kali ini kita akan membahas satu persatu tentang lapisan lapisan yang menyelimuti bumi. Sebelum lebih jauh kita harus tau terlebih dahulu apa itu udara.

Pengertian Udara

Udara merupakan campuran dari yang berada pada permukaan bumi. Udara tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya akan tetapi kehadirannya dapat kita rasakan. Contoh adanya udara atau angin dapat ditandai dengan angin atau udara yang akan menggerak-gerakan tanaman atau benda yang ada disekitar kita. Udara sangat penting bagi kelangsungan hidup makhluk hidup karena merupakan salah satu satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi mahluk hidup.

Udara atau angin memiliki kandungan elemen senyawa gas dan partikel yang dapat berubah-ubah yang akan menyesuaikan dengan ketinggian permukaan tanah. Udara apabila mendekati lapisan atmosfer akan semakin menipis, sehingga ketika keluar angkasa atau keluar dari lapisan atmosfer maka akan hampa sama sekali tanpa udara.

Lapisan Udara

Sama seperti bumi dan kulit, udara memiliki beberapa lapisan yang ada, yang berada disekeliling bumi. Lapisan yang menyelimuti bumi atau mengelilingi bumi sering disebut dengan lapisan atmosfer.

Terdapat 5 lapisan udara yang menyelimuti bumi dan semuanya memiliki fungsi dan karakteristiknya masing-masing, sesuai dengan kedekatannya dengan bumi. Beberapa lapisan udara diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lapisan Troposfer

Lapisan troposfer merupakan lapisan udara yang paling dekat dengan permukaaan bumi. Lapisan udara troposfer memiliki ketebalan yang berlainan, sekitar 9 km di daerah kutub dan 12 km di daerah ekuator. Pada lapisan troposfer ini berbagai macam gas, seperti oksigen nitrogen, karbon dioksida, hidrogen akan terakumulasi.

Beberapa Sifat lapisan troposfer yaitu setiap kita naik 100 meter maka suhu udara akan turun 0,5˚-0,64˚C. Lapisan udara yang tebal pada troposfer akan dapat melindungi bumi dari sinar matahari, sehingga suhu bumi tidak terlalu tinggi pada siang hari dan tidak terlalu rendah pada malam hari.

Sehingga pada lapisan inilah sering terjadi proses gerakan udara (angin), terbentuknya awan, dan terjadinya hujan yang merupakan cirri unsur cuaca. Beberapa fenomena alam yang dapat terjadi pada lapisan atmosfer ini yaitu awan, angin topan, kilat dan angin kencang.

2. Lapisan Stratosfer

Lapisan stratosfer merupakan lapisan udara yang tingginya sekitar 18-60 km di atas permukaan bumi. Lapisan stratosfer memiliki ketebalan sekitar 48km. Pada lapisan udara stratosfer terdiri dari 2 lapisan molekul gas.

Fungsi dari lapisan stratosfer untuk bumi yaitu berfungsi untuk melindungi lapisan troposfer dari radiasi sinar ultraviolet matahari. Pada lapisan stratosfer inii terdapat proses persenyawaan dan pengeluaran panas sehingga lapisan stratosfer memiliki lapisan mesosfer.

Terdapat batas antara traposfer dengan lapisan stratosfer, batas tersebut disebut tropopause yang memiliki suhu minimum.

Lapisan stratosfer dapat dikatakan sebagai lapisan khsus karena karena lapisan ini mengandung lapisan ozon, lapisan yang sangat efektif untuk melawan sinar ultraviolet yang berbahaya yang masuk ke dalam bumi. Letak lapisan ozon berada di atas lapisan stratosfer ini. Lapisan ozon di stratosfer adalah lapisan ozon terbesar. Tidak seperti lapisan yang lainnya, lapisan stratosfer ini sebenarnya adalah lapisan inversi.

3. Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer merupakan lapisan udara yang berada di atas lapisan stratosfer. Lapisan ini merupakan lapisan ketiga yang menyelimuti bumi. Lapisan udara mesosfer ini berada di tengah-tengah. Lapisan ini berada pada ketinggian 60 dan 80 km diatas permukaan bumi.

Lapisan mesosfer ini memiliki beberapa berfungsi diantaranya yaitu :

  • memantulkan gelombang radio dan televise (VHF dan UHF).
  • melindungi bumi dari hujan meteor.

Semakin ke atas, suhu udara di lapisan mesosfer semakin dingin. Pada lapisan mesopause (lapisan peralihan antara mesosfer dan termosfer) suhu dapat mencapai 140˚C di bawah nol (-140˚C)

Karena suhu yang sangat dingin ini, meteor yang jatuh dari ruang angkasa dan yang suhunya sangat tinggi akan pecah menjadi potongan-potongan kecil dan tidak membahayakan penduduk atau makhluk hidup yang ada di bumi.

4. Lapisan Termosfer

Lapisan termosfer adalah lapisan atmosfer yang paling panas dengan lapisan atmosfer atau lapisan udara yang lain. Lapisan ini menjadi lapisan terluar kedua dari atmosfer. Sehingga membuatnya menjadi panas. Pada lapisan ini gas mengalami ionisasi yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari, karenanya dinamai lapisan ionosfer.

Lapisan termosfer berada pada ketinggian antara 80 km sampai batas antara atmosfer dengan angkasa luar. Pada lapisan termosfer ini suhu udara dapat mencapai 1.500˚C. Pada lapisan ini terdapat lapisan ionosfer yang berada pada ketinggian (ketinggian 80-450 km).

Pada lapisan ini kita juga bisa menemukan sinar aurora yang bisa kita lihat dari kutub bumi yang biasanya muncul saat fajar atau di malam hari.

Beberapa partikel ion yang di hasilkan oleh lapisan mesosfer akan berfungsi untuk memantulkan gelombang radio, baik gelombang panjang maupun gelombang pendek.

5. Lapisan Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan terluar dari lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi. Lapisan ini dinamakan eksosfer karena merupakan lapisan terluar dari atmosfer, di mana pengaruh gaya berat sangat kecil sehingga benturan-benturan udara jarang terjadi.

Pada lapisan eksosfer ini, kita juga bisa merasakan kepadatan udara yang sangat tipis, bahkan hampir menghilang di tepi ruang angkasa. Pada lapisan ini kita juga dapat menemukan cahaya lemah yang disebut cahaya. Cahaya tersebut merupakan cahaya yang berasal dari pantulan sinar matahari yang disebabkan oleh sejumlah besar partikel debu meteor yang mengambang di langit.

Ketinggian lapisan ini di antara 500 km sampai dengan 1.000 km. Sehingga pada lapisan ini banyak mengandung gas hidrogen. Butiran-butiran gas pada lapisan ini berangsur-angsur meloloskan diri ke angkasa luar. Lapisan ini juga dinamakan dissipasisfer.

Manfaat Lapisan Udara

  1. Lapisan udara yang mengelilingi bumi akan membantu makhluk hidup yang ada di bumi untuk bernapas.
  2. Lapisan udara juga akan pelindung makhluk hidup dari radiasi matahari yang akan masuk ke bumi.
  3. Lapisan udara akan menjadi pelindung bumi dari kemungkinan adanya benturan benda-benda angkasa yang akan masuk ke bumi karena adanya daya tarik bumi.
  4. Lapisan udara juga bermanfaat sebagai pemantul gelombang bunyi untuk aktivitas telekomunikasi dan radio yang di gunakan manusia di bumi.

Demikian penjelasan materi mengenai Lapisan Udara yang Menyelimuti Bumi yang mencakup pengertian udara, manfaat udara, manfaat lapisan udara, lapisan udara yang menyelimuti bumi, karakteristik lapisan udara, fungsi lapisan udara.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.