Lapisan Tanah : Pengertian beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Lapisan Tanah  – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai pengertian lapisan tanah, struktur dan penyusun lapisan tanah. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Jenis Fauna di Amerika Serikat.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Lapisan Tanah, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Tanah

Tanah adalah salah satu unsur penting yang dapat menjamin kelangsungan hidup mahkluk hidup yang berada di atasnya. karena hal ini penting bagi kita untuk mengetahui tentang lapisan – lapisan tanah.

Tanah menyimpan banyak sumber makanan dan juga mineral yang penting bagi kehidupan organisme maupun mikroorganisme. Bagi manusis sendiri tanah sangat penting keberadaanya bukan hanya untuk sumber makanan tetapi juga untuk membangun tempat tinggal dan juga bekerja.

Karena hal ini sangat penting bagi kita untuk menjaga kelestarian tanah agar ekosistem tetap terjaga. Berikut adalah pejelasannya.

Pengertian Lapisan Tanah

Lapisan tanah adalah dimana lapisan ini menyusun tanah dari bawah hingga sampai ke atas, setiap lapisan memiliki jenis dan fungsi yang berbeda.

Susunan ini biasanya terbentuk dari berbagai lapisan yang ada di dalam tanah. Setiap tanah memiliki tiga sampai 4 lapisan yang berbed-beda , hal ini dikelompokan yang berdasarkan dari penampakan fisik, warna dan juga tektur tanah. Dari tekstur tanah dilihat dari prtikel tanah yaitu berpasir, liat, lempung atau berupa endapan. Seiring dengan usian tanah yang semakin lama semakin tua, lapisan penyusun sudah berbeda.

Berikut adalah penyusun lapisan tanah, ada 4 tingkatan,

Lapisan Tanah

Pada ilmu tanah, lapisan dikelompokan menjadi dua, yaitu lapisan umum dan lapisan terperinci. Pada lapisan umum adalah suatu lapisan yang dapat dilihat penampakannya secara umum. Jika lapisan terperinci yaitu disebut dengan horizon yang menjadi satu dengan lapisan dalam tanah. Campuran tersebut dikatakan sebagai profil tanah.

Berikut adalah lapisan – lapisan tanah.

a. Lapisan Tanah Atas

Pada lapisan ini adalah lapisan yang memiliki kedalamannya 30 cm, biasanya disebut dengan Top Soil. Dalam lapisan ini kaya akan bahan organic, humus yang membuat lapisan tanah ini yang paling subur, sehingga cocok untuk tumbuhan yang memiliki akar pendek.

Ciri – ciri tanah ini yaitu memiliki warna yang cenderung paling gelap jika dibandingkan dengan lapisan tanah dibawahnya, terlihat lebih gembur dan sangat banyak mikroorganisme yang hidup di lapisa tanah ini yang membuat proses pelapukan daun, sisa batang, dan juga bagian mahkluk hidup lainnya.

Pada lapisan ini penyusunnya yaitu horizon A. horizon ini adalah horizon yang dikenal sebagai pencucian materi organic. horizon ini dibagi menjadi tiga, yaitu A1, A2, dan A3. A1 tempat pencampuran materi oranik dengan mineral tanah. A2 tempat pencucuain bahan organic. A3 peraliihan ke A, B ataupun C.

b. Lapisan Tanah Tengah

Pada lapisan ini berada di bawah lapisan Top Soil dengan memiliki kedalaman 50 cm – 1 m. lapisan tanah ini memiliki warna yan cerah pada bagian atasnya, lapisan ini terbentuk karena adanya campuran pelapukan yang berada di lapisan bawah dari sisa material Top Soil yang terbawa oleh air, lalu mengendap dan bersifat padat, karena hal tersebut lapisan tanah ini disebut dengan tanah liat.

Pada lapisan ini terbentuk karena horizon B dan juga horizon E. horizon E memiliki tekstur sedit berpasir yang memiliki kadar organic rendah. Horizon E ini memiliki warna terang, hampir sama dengan horizon A2. Krena horizon E adalah tempat pencucian.

Horizon B dalah tempat dimana terjadinya pengendapan. Dalam horizon ini terdapat sisa bahan yang tercuci di lapisan tanah atasnya. ciri dari lapisan ini yaitu berbentuk gumpalan yang dikarenakan semua bahan tercampur.

c. Lapisan Bawah

Lapisan bawah tersusun atas batuan yang mulai melapuk dan yang sudah tercampur dengn tanah liat yang berada di atasnya. pada akar tanaman tidak bisa menembus lapisan ini, karena lapisan ini terletk sudah sangat dalam. Struktur pda lapisan ini yaitu berbatu karena ada batuan yang berlum terlapuk sempurna.

Pada lapisan ini tersusn horizon C yang memliki sifat batuan keras. Horizon R disebut dengan regolith. Karen lapisan ini tersusun atas batuan maka hanya sedikit bahan organic yang dapat ditemukan pada lapisan ini. Karena hal ini tanaman tidak bisa hidup pada lapisan ini.

d. Lapisan Batuan Induk

Pada lapisan ini tediri dari batuan padat, faktanya batuan padat pada lapisan ini sangat mudah pecah hanya dengan air. Karena letaknya yang sudah sangat dalam maka batuan yang ada di lapisan ini susan ditembus oleh akar tanaman.

Lapisan ini memiliki warna putih kelabu hingga kemerahan. Lapisn ini dapat dilihat dari dinding tebing yang terjal, jenis batuan yang pada lapisan ini berbeda-beda maka teksut tanah yang dihasilkan berbeda.

Lapisan batuan induk tersusun atas Horizon R. batuan di lapisan ini adalah berupa batuan dasar atau bedrock. Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai pengertian lapisan tanah, struktur dan penyusun lapisan tanah.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Tanah Laterit – Pengertian, Ciri ciri, Manfaat dan Karakteristik
Tanah Andosol – Pengertian, Karakteristik, Ciri ciri dan Potensinya
Tanah Humus – Pengertian, Ciri, Struktur dan Proses Terbentuknya