Lapisan Mesosfer: pengertian, letak, ciri-ciri, suhu, fungsi, fenomena alam pada lapisan mesosfer

Posted on

Lapisan Mesosfer – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Lapisan Mesosfer pengertian, letak, ciri-ciri, suhu, fungsi, fenomena alam lapisan mesosfer.  Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Pengertian Seismik.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Lapisan Mesosfer, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Atmosfer mempunyai fungsi yang menjaga kehidupan di bumi. Atmosfer terdiri dari 6 lapisan. Lapisan ini terbagi berdasarkan perbedaan temperatur pada atmosfer.

Enam lapisan atmosfer dan fugsi yaitu sebagai berikut:

Troposfer

Lapisan ini terdapat paling bawah dari lapisan yang lainnya. Pada lapisan troposfer ini mmepunyai aktivitas yang terus berubah-ubah mulai dari angin, cuaca dan udara.

Stratosfer

Lapisan ini kebalikan dari lapisan troposfer udara pada lapisan stratosfer dingin dan semakin ke atas semakin panas.

Mesosfer

Pada lapisan mesosfer mempunyai udara yang sangat tipis, jadi saat kita berada di lapisan ini kita tidak bisa bernapas.

Thermosfer

Di lapisan Thermosfer ini mempunyai suhu yang mencapai 1.5000C. tetapi di lapisan ini tidak terdapat molekul gas untuk menghantarkan panas.

Ionosfer

Lapisan ini bergerak dan bergejolak tergantung dari energi yang di serapnya dari matahari

Ekosfer

Lapisan ini lapisan yang paling jauh dan paling tebal dari yang lainnya. Di ekosfer menyimpan gas seperti helium dan hidrogen.

Pada saat ini kita akan membahas salah satu lapisan, yaitu lapisan Mesosfer.

Pengertian Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer adalah suatu lapisan yang menyusun lapisan atmosfer. Lapisan mososfer ialah lapisan ketiga terndah dan lapisan teratas dari smeua lapisan udara yang menyusun atmosfer bumi.

Letak Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer berada di ketinggian sekitar 50 kilometer sampai 85 kilometer dari permukaan bumi. Di lapisa ini dapat di jumpai beberapa meteor yang jatuh jika di lihat dari bumi seperti bintang jatuh yang mempunyai ekor. Benda langit yang berjuta-juta tersebut akan menabrak bumi dan menembus lapisan atmosfer bumi.

Lapisan mesosfer ini dapat melindungi bumi dari jatuhan meteor dan benda-benda langit lainnya jika jatuh langsung ke permunukaan bumi yang dapat membahayakan bumi. Pada lapisan mesosfer ini membuat benda langit yang jatuh ke bumi akan meleleh atau di uapkan dari akibat tabrakan yang terjadi antara partikel gas yang terdapat di dalamnya.

Pada lapisan ini mempunyai suhu yang rendah yang mencapai minus 1400C. Pada lapisan ini terdapat kristal-kristal yang membentuk sebuah awan yaitu awan bocyilucent.

Ciri-ciri lapisan Mesosfer

Lapisan atmosfer mempunyai ciri-ciri yang berda-beda. Lapisan mesosfer mmepunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Terletak di ketinggian antara 60 sampai 80 kilometer
  • Mempunyai suhu yang mencapai minus 50 sampai minus 70 0 C
  • Adanya lapisan yang di namakan dengan lapisan mesopause yang berada di antara lapisan mesosfer dan lapisan termosfer
  • Mempunyai ketebalan 45 sampai 75 kilometer
  • Semakin tinggi lapisan maka suhu semakin rendah
  • Lapisan yang melindungi bumi dari jatuhan atau hambatan benda langit atau meteor jatuh ke bumi.

Suhu pada lapisan mesosfer

Lapisan mesosfer adlah lapisan yang memiliki suhu rata-rata minus 50 sampai minus 700 C. Salah satu tanda jika berada di lapisan mesosfer ini adalah terjadinya penuruanan suhu rata-rata 0.40 C setiap naik dengan jarak 100 meter.

Penurunan suhu ini dapat terjadi karena lapisan mesosfer mempunyai kesetimbangan radioaktif yang bersifat negatif. Pada lapisan mesosfer ini di temukan suhu terendah dari lapisan ini mencapai minus 800C.

Suhu terendah ini dapat di rasakan di badan lapisan mesosfer. Pada lapisan puncak mesosfer ini mempunyai suhu yang lebih rendah lagi yang mencapai minus 1000C. Puncak dari lapisan ini di beri nama dengan mesopause. Mesopause adalah lapisan batas antara mesosfer dengan lapisan termosfer.

Fungsi lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer ialah lapisan yang berada di tengah-tengah dari semua lapisan atmosfer bumi. Fungsi dari lapisan ini bermanfaat untuk bumi, kelangsungan hidup dan ruang publik untuk kehidupan.

Fungsi atau manfaat dari lapisan mesosfer ini dapat kita rasakan ataupun tidak langsung untuk kehidupan menusia dan makhluk hidup lainnya. Fungsi lapisan mesosfer tersebut ialah sebagai berikut:

  • Lapisan yang melindungi bumi dari benda-benda langit

Lapisan ini berfungsi menghalau dari benda-benda langit yang jatuh ke bumi. Di luar bumi banyak benda-benda asing yang tertarik jatuh ke bami. Saata benda ini jatuh atau menghantam bumi menjadi berbahaya jika tidak di halangi dengan pelindung. Dampak dari yang di timbulkan yaitu bumi dapat terbakar atau terjadi ledakan.

  • Berfungsi sebagai penghantar gelombang

Lapisan ini juga berfungsi sebagai penghantar gelombang elektromagnetik. Pada lapisan mesosfer terdapat beberapa atom yang terionisasi sehingga dapat memantulkan gelombang elektromagnetik mempunyai fungsi yang banyak untuk manusia. Di antaranya untuk menghidupkan sinyal radio, telephon dan televisi. Karena kemampuan dapat memancarkan gelombang elektromagnetik, lapisan ini juga di sebut dengan unsur-unsur geosfer.

Fenomena alam di lapisan Mesosfer

Ombak gravitasi

Ombak gravitasi terjadi di lapisan stratopause sampai di mesosfer. Ombak gravitasi ini di sebabkan karena adanya rotasi bumi pada porosnya. Saat bumi berputar lapisan atmosfer terbawah lalu ikut berputar. Kecepatan berputar berbeda-beda pada lapisan atmosfer yang satu dengan yang lainnya.

Saat troposfer bergerak mengikuti perputaran bumi, startosfer di atasnya bergerak dengan pelan. Termosfer di atas mesosfer lalu bergerak dengan kecepatan yang lebih rendah lagi bahkan hampir tidak bergerak sama sekali.

Hal ini di sebabkan oleh adanya perbedaan kecepatan gerak, lalu lapisan mesosfer ini mengalami ombak gravitasi. Hal inilah yang dapat menyebabkan fenomena ombak gravitasi.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Lapisan Mesosfer yang mencakup pengertian, letak, ciri-ciri, suhu, fungsi, fenomena alam lapisan mesosfer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Troposfer: Pengertian, Ciri-ciri, kandungan dan mafaat-nya lengkap
Stratosfer : pengertian, ciri-ciri, jenis, dan fungsi-nya lengkap