Karakteristik Benua Afrika beserta penjelasan-nya

Posted on

Karakteristik Benua Afrika – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Karakteristik Benua Afrika pengertian, Luas, Letak dan batas, Bentang, Iklim, kenampakan alam, penduduk, flora dan fauna serta karakteristik benua Afrika. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Fenomena Geosfer.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Karakteristik Benua Afrika, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Benua Afrika

Wilayah benua Afrika membentang di belahan bumi utara ataupun selatan, dengan daratan yang luas di barat Asia dan terdiri dari pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Afrika merupakan benua yang di lalui garis lintang 00 dan garis bujur 00 dan selatan.

Benua Afrika terbagi menjadi 5 wilayah yaitu Afrika Barat, Afrika Utara, Afrika Selatan, Afrika Tengah dan Afrika Timur.

Luas, Letak dan batas Benua Afrika

Benua Afrika berada di sebalah Barat Daya Benua Asia. Sebelum terpisahkan dengan adanya peraiaran atau yang di kenal dengan Terusan di Suez benua Afrika dan Benua Asia ini mneyatu

Letak benua Afrika berada di antara ± 350 LU – 330 LS dan 180 BT – 530 BT. Dengan luas yang mencapai ± 29.800.540 km2 dengan batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan laut tengah atau laut mediterania dan benua Eropa
  • Sebelah timur yang berbatasan dengan laut merah dan samudera hindia
  • Sebelah selatan dan barat berbatasan dengan samudera atlantik

Bentang Benua Afrika

Wilayah Afrika merupakan wilayah yang terluas dari benua yang lainnya yang sebagian besar wilayahnya adalah daratan. Pada bagian Timur Afrika di lembah terdapat retakan yang besar yang terbentuk oleh kegiatan vulkanik dan adanya pergeseran kerak bumi.

Di Benua Afrika terdapat Rangkaian pegunungan yaitu pegunungan Atlas, Darkrnsberg, pegunungan Camerron dan pegunungan Ruwenzori.

Di Benua Afrika terdapat titik tertingii yang berada di Tanzania yaitu Gunung Kilimanjoro dan daratan kering yang bernama gunung sahara, namib dan kalahari.

Selain ada titik tertinggi terdapat juga titik terendah yaitu danau Assal yang berada di Djibouti dan danau Victoria, Malawi, Chad dan Tanganyika.

Terdapat sungai yang penting di Benua Afrika seperti Nill, Zambesi, Orange, Congo, Volta dan Niiger.

Iklim Benua Afrika

Daerah iklim subtropis berada di daerah pantai Tenggara Afrika Selatan, garis balik selatan dan wilayah selatan.

Daerah iklim tropis berada di daerah sekitar ekuator dengan curah hujan yang semakin menjauh sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda dan pantai timur mengalami panas dan hujan sepanjang tahun

Iklim gurun yang berada di wilayah Afrika bagian Utara dan bagian barat daya benua.

Iklim mediterania yang berada di wilayah Utara Afrika di laut Tengah

Iklim pegunungan yang terdapat di wilayah pegunungan.

Kenampakan Alam Benua Afrika

Gurun

Gurun sahara, selain gurun sahara banyak lagi gurun-gurun yang berada di Benua Afrika.

Sungai

DiBenua Afrika juga terdapat sungai yang terpanjang yaitu sungai Nil yang mempunyai panjang 6.690 km. Sungai nill ini di anggap oleh masyarakat sekitar dengan dewa penyelamat.

Danau

Danau-danau di Benua Afrika banyak yang luas dan dalam seperti danau Tangayika dengan danau terdalam dan danau Victoria dengan danau yang terbesar di dunia.

Gunung

Gunung tertinggi di Benua Afrika adalah gunung Kilimanjoro dengan tinggi 5.963 m yang berada di Tanzania. Puncak gunung ini terdapat salju yang menutupinya dekat dengan katulistiwa.

Penduduk Benua Afrika

Di Benua Afrika terdapat penduduk yang berjumlah 818.000.000 jiwa dengan sebagian besar adalah bangsa Negro sekitar 70%. Orang Negro yang terdiri dari orang Negro Sudan dan Negro Bantu.

Orang ras khusus yang primitif seperti Ras Pygmy yang berada di Hutan Kongo, Ras Hottento, Ras Bushmen di gurun Kalahari.

Di Afrika Selatan terdapat bahasa yang di gunakan masyarakat sekitar menggunakan bahasa Arab, Swahili dan Hausa.

Flora dan fauna di Benua Afrika

Flora dan fauna tergantung dengan kondisis iklim. Flora di iklim hujan tropis terdapat tumbuhan dan hutan hujan yang lebat. Bagian Utara dan Selatan terdapat stepa dan sabana yang luas dandi gurun terdapat stepa dan tumbuhan kaktus.

Fauna di Benua Afrika memiliki banyak jenis fauna. Yang khas dari fauna Benua Afrika adalah jerapah, zebra, antilop, addax, badak, kuda nill, dan gajah.

Karakteristik Benua Afrika

Benua Afrika mempunyai karakteristik yang berbeda dari benua-benua yang lainnya. Di bawah ini adalah karakteristik dari Benua Afrika yaitu sebagai berikut:

  • Benua Afrika memiliki wilayah daratan yang berada di benua lain yaitu di Benua Asia, Semenanjung Sinai
  • Di Benua Afrika terdapat gurun yang terluas di dunia yaitu gurun sahara
  • Benua Afrika adalah benua yang mempunyai perekonomian yang rendah sehingga di katakan benua yang termiskin jika di bandingkan dengan benua lainnya.
  • Benua Afrika mempunyai sungai terpanjang di dunia yaitu sungai Nil
  • Pada Afrika Timur sampai danau Taganyika di Afrika Selatan mempunyai tampak alam yaitu berupa lembah celah besar yang terbentang sepanjang 6.400 km.
  • Di Benua Afrika masih terdapat bangunan-bangunan yang bersejarah seperti Piramida, patung raja Ramses II dan patung Ssphinx
  • Benua Afrika terdapat terusan Ssuez yang dapat menghubungkan laut merah dan laut tengah untuk mempersingkat lalu lintas antar benua. Terusan ini mempunyai panjang 163 km, lebar permukaan 70 m, kedalaman rata-rata 8 m dan lebar dasar 22 m.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Karakteristik Benua Afrika yang mencakup pengertian, Luas, Letak dan batas, Bentang, Iklim, kenampakan alam, penduduk, flora dan fauna serta karakteristik benua Afrika.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Persebaran Stepa di Benua Eropa : Pengertian, Jenis, Ciri, Proses Tebentuk-nya, dan Persebaran-nya Lengkap
Benua Di Dunia : Luas, Letak dan Asal Usul-nya Lengkap