Jenis Jenis Barang Tambang dan Manfaatnya

Posted on

Jenis jenis Barang Tambang – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai barang tambang yang mencakup jenis jenis barang tambang, manfaat barang tambang, kegunaan barang tambang dan penjelasannya. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Sumber Daya Tambang.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang jenis jenis barang tambang, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Barang Tambang

Barang tambang merupakan sumber daya alam (SDA) yang ada di dalam perut bumi yang tidak dapat di perbaharui, karena proses pembentukan barang tambang membutuhkan waktu yang sangat lama, sekitar puluhan ribu tahun lamanyaa. Maka dari itu harga dari barang tambang memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasar industry.

Lalu apa saja jenis jenis barang tambang, dan apa manfaat dari barang tambang yang di gali dan dicari oleh manusia untuk kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan industry.

Berikut ini jenis jenis barang tambang

Jenis Jenis Barang Tambang

1. Batu Bara

Nama batubara tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar, hal tersebut karena batubara sering sekali lewat di depan kita apabila kita melintasi perlintasan kereta api. Api apakah kalian sudah tau, ap aitu batubara dan apa manfaatnya ?

Nah batubara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui karena merupakan salah satu bahan bakar fosil. Batubara dapat dikatakan sebagai batuan sedimen yang dapat terbakar yang terbentuk dari endapan organik. Batubara terbentuk dari sisa sisa tumbuh-tumbuhan yang telah melewati beberapa tahapan sehingga menjadi batubara. Sedangkan beberapa sifat yang terkandung dalam batubara yaitu sifat kimia dan sifat fisika yang terkumbul secara komplek sehingga batubara yang di temui akan memiliki bentuk yang berbeda

a. Unsur Batubara

Unsur yang terkandung dalam batubara terdiri dari oksigen, hydrogen dan karbon.

b. Jenis Batubara

Berdasarkan kandungan karbon yang terkandung didalam batubara, batubara terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Antrasit merupakan bau batubara yang memiliki kandungan karbon 86% sampai 98%
  • Bitu dikurangi merupakan batubara menciptakan kandungan karbon mulai dari 68% ke 86%
  • Sub-bituminous merupakan jenis batubara yang memiliki kandungan karbon hanya kandungan air sedikit dan lebih
  • Lignit merupakan jenis batubara yang memiliki kandungan karbon 35% sampai 75%.
  • Gambut merupakan jenis batubara yang berpori- berpori dan kadar air hingga 75%.

c. Daerah Penghasil Batubara

Di Indonesia terdapat beberapa wilayah yang merupakan daerah potensial penghasil batubara. Beberapa wilayah yang ada di Indonesia diantaranya

  • Bukitasam di Tanjungenim
  • Sumatera Selatan
  • Kotabaru atau Pulau Laut di Kalimantan Selatan
  • Berau Sungai di Samarinda
  • Kalimantan Timur
  • Umbilin yang pusatnya di Sawahlunto Sumatera Barat
  • Bengkulu
  • Jawa Barat
  • Papua
  • Sulawesi Selatan.

2. Fosfat

Fosfat merupakan barang tambang yang terbentuk dari senyawa dalam yang ada kotoran kelelawar dicampur dengan kapur. Fosfat menjadi salah satu barang tambang karena sangat diperlukan dalam pembuatan pupuk.

Beberapa lokasi di Indonesia yang terdapat tambang fosfat berada di

  • Jawa Barat (Bogor di Jawa Barat dan Pangandaran)
  • Jawa Tengah (Gombong, Purwokerto, Jepara dan Rembang)
  • Jawa Timur (Bojonegoro).

3. Emas

Emas juga merupakan sumber daya alam yang sangat langka dan kategori barang tambang yang tidak dapat di perhabarui. Emas juga merupakan unsur kimia yang yang telah masuk ke dalam tabel periodik.

Emas tidak akan bereaksi dengan zat kimia lainnya akan tetapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Emas akan melebur dalam bentuk yang cair apabila di panaskan pada suhu sekitar 1000 derajat Celsius.

Ketika emas dipanaskan dan mulai melembek, maka emas akan memiliki sifat yang lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta memiliki berat jenisnya berbeda-beda menyesuaikan dengan ergantung pada jenis dan kandungan kandungan yang bersamananya.

Emas dapat terbentuk dari proses magmatisme atau pengkonsentrasian pada permukaan. Beberapa endapan akan terbentuk karena proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan proses pengkonsentrasian secara mekanis akan menghasilkan endapan letakan (placer).

Emas memiliki nilai yang sangat tinggi karena dapat di olah berbagai bentuk. Biasanya oleh masyarakat Indonesia emas digunakan untuk perhiasan yang kemudian akan dibentuk sepertikalung, gelang, cincin, dan sebagainya.

Di Indonesia barang tambang emas dapat ditemukan di wilayah timur Indonesia, khususnya di papua. Saat ini ada perusahaan yang secara khusus melakukan penambangan emas untuk mendapatkan emas dari dalam perut bumi di Indonesia.

4. Perak

Perak merupakan salah satu unsur logam dengan nomor atom 47. Kebanyakan perak akan diproduksi sebagai produk samping penambangan beberapa barang tambang seperti tembaga, emas, timah, dan seng.

Banyak yang menyebutkan bahwa Perak merupakan saudara dari emas, karena sama dengan logam mulia. Selain itu banyak yang menyebutkan bahwa perak merupakan emas putih. Perak memiliki warna Silver dan warna putih, sedangkan emas berwarna kuning.

Terdapat persamaan antara perak dan emas yaitu keduanya sama-sama berkilau.

Perbedaan emas dalam kehidupan sehari hari salah satunya, Jika emas sering digunakan sebagai simbol kekayaan oleh sebagian banyak orang, Sedangkan perak sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan.

Beberapa wilayah di Indonesia yang merupakan sumber tambang perak adalah sebagai berikut :

  • Bengkalis (Sumatera)
  • Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara
  • Jawa Barat Kurai
  • Meuleaboh di Aceh
  • Bengkulu Rejang Lebong.

5. Platinum

Platina merupakan salah satu unsur kimia dengan nomor atom 78. Namanya platinum sendiri berasal dari istilah Spanyol Platina, yang artinya “Perak Kecil

Platinum merupakan jenis logam yang sangat langka yang ada dalam kerak bumi dengan kelimpahan rata-rata sekitar 5 μg/kg. platinum terdapat dalam beberapa bijih nikel dan tembaga bersama dengan beberapa deposit alami.

Di Indonesia sendiri tidak ada wilayah penghasil logam mulia platina, wilayah yang masih terdapat tambang platina adalah di daerah Afrika Selatan.

Karakteristik dari Platinum diantaranya adalah :

  • memiliki warna putih keperakan ke abu-abu gelap
  • mudah dibentuk, tidak mudah berkarat
  • dapat merenggang dan juga sulit dicairkan. Konsentrasi platinum dibentuk oleh magma  di batuan beku basa.

Manfaat Platinum

Platinum biasanya digunakan oleh manusia sebagai bahan, selain itu platinum juga dapat digunakan sebagai alat-alat medis dan alat komunikasi.

Demikian penjelasan materi mengenai Jenis Jenis Barang Tambang yang mencakup jenis jenis barang tambang, manfaat barang tambang, kegunaan barang tambang dan penjelasannya.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.

Baca Juga :
Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui Paling Lengkap
Proses Pembentukan Minyak Bumi Paling Lengkap
Letak Geologi Indonesia Paling Lengkap