Hasil Olahan Minyak Bumi Beserta Kegunaanya Lengkap

Posted on

Hasil Olahan Minyak Bumi – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai hasil dari minyak yang mencakup pengertian minyak, pengertian minyak bumi, perbedaan minyak bumi dengan minyak tanah, apa saja yang dihasilkan dari minyak bumi dan kegunaan minyak bumi beserta manfaat minyak bumi yang telah didapatkan. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Jenis Jenis Barang Tambang.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang hasil olahan minyak bumi, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Minyak

Minyak merupakan cairan organik yang tidak akan dapat larut atau bercampur dalam air (hidrofobik). Minyak memiliki sifat awam (terasa licin ketika dipegang). Minyak akan dapat larut dalam air ketika dicampurkan pelarut organic.

Minyak masuk kedalam kategori kelompok yang termasuk dalam golongan lipid yang artinya senyawa organic yang terdapat didalam alam serta tidak dapat larut didalam air. Minyak dapat dikatakan sebagai senyawaan trigliserida atau triasgliserol, yang berarti “triester dari gliserol”.

Pengertian Minyak Bumi

Sedangkan minyak bumi merupakan campuran berbagai macam zat-zat organik, akan tetapi komponen pokok yang terdapat dalam minyak bumi adalah hidrokarbon. Minyak bumi tidak dihasilkan dan didapat secara langsung dari hewan ataupun tumbuhan yang ada disekitarnya, melainkan minyak bumi didapatkan dari fosil-fosil tumbuhan dan hewan yang sudah mati puluhan ribu tahun yang lalu.

Perbedaan Minyak dan Minyak Bumi

Minyak merupakan cairan organik yang masih murni yang belum tercampur dengan cairan organik lainnya, sedangkan minyak bumi merupakan campuran berbagai macam zat-zat organic, sehingga komponen utama dalam minyak bumi mengandung hidrokarbon

Hasil Olahan Minyak Bumi

1. Minyak Tanah

Minyak tanah merupakan cairan hidrokarbon yang tidak memiliki berwarna dan mudah terbakar. Minyak tanah biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan bakar kompor minyak dan digunakan sebagai lampu minyak sebagai penerangan dikala kegelapan.

Untuk mengurangi tingkat korosi dan kandungan sulfur yang terdapat didalam minyak tanah maka diperlukan diproses yang lebih lanjut di unit Merox atau hidrotreater.

Akan tetapi tahukah kalian, saat ini minyak tanah menjadi bahan bakar kendaraan elit yaitu bahan bakar mesin jet dengan tipe mesin (Jet-A, Jet-B, JP-4 atau JP-8)

2. Bensin

Bensin merupakan salah satu jenis bahan bakar minyak yang diolah dan dipergunakan untuk kendaraan bermotor roda dua, tiga, dan empat.

Secara lebih sederhana, bensin tersusun dari hidrokarbon rantai lurus, mulai dari C7 (heptana) sampai dengan C11. Dengan kata lain, bensin terbuat dari molekul yang hanya terdiri dari hidrogen dan karbon yang terikat antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk rantai. Apabila bensin dibakar pada kondisi ideal dengan oksigen berlimpah, maka akan menghasilkan CO2, H2O, dan energi panas.

Bensin merupakan olahan dari minyak mentah, minyak mentah yang berwarna hitam hasil pompa dari perut bumi, minyak mentah tersebut biasa disebut dengan potreleum. Cairan minyak mentah petroleum mengandung hidrokarbon, atom-atom karbon. Terdapat empat molekul dalam minyak mentah tersebut, empat molekul adalah metana, etana, propana, dan butana.

3. Solar

Solar merupakan hasil dari pemanasan minyak bumi antara dengan suhu 250-340°C. Solar sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari hadi sebagai bahan bakar mesin diesel. Solar tidak dapat menguap pada suhu 250-340°C dan bagian minyak bumi lainnya akan terbawa ke atas untuk diolah kembali.

Kandungan yang terdapat didalam solar yaitu belerang dengan kadar yang sangat tinggi.

Umumnya, solar mengandung belerang dengan kadar yang cukup tinggi.

4. Elpiji (LPG= Liquified Petroleum Gas)

LPG (liquified Petroleum Gas yang sering disebut masyarakat Indonesia elpiji merupakan gas minyak bumi yang telah dicairkan. Hal tersebut dilakukan untuk menambah tekanan dan menurunkan suhu sehingga gas akan berubah menjadi cair.

Komponen yang terkandung didalam LPG diantaranya adalah :

  • Didominasi propana (C3H8)
  • Butana (C4H10)
  • Hidrokarbon ringan dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12).

Volume yang adala dalam elpiji dalam bentuk cair akan lebih kecil jika dibandingkan dalam bentuk gas untuk berat yang sama.

Maka dari itu banyak dan sering kita jumpai elpiji dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bertekanan. Hal tersebut dilakukan untuk memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya,

Tahukan kalian jika dalam tabung elpiji tersebut tidak diisi secara penuh, namun hanya sekitar 80-85% dari kapasitasnya. Rasio antara volume dan gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair akan bervariasi tergantung dengan komposisi, tekanan dan temperature.

Jenis Jenis Elpiji

Berdasarkan jenisnya Elpiji dibagi menjadi tiga jenis yaitu

  • elpiji campuran
  • elpiji propana dan
  • elpiji butana

5. Aviator Turbine (avtur)

Aviation Turbine Fuel (ATF) atau Avtur (Aviation Turbine) merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang khusus untuk digunakan pada pesawat terbang yang yang sudah menggunakan mesin turbin gas. Selain tadi dijelaskan di atas bahwa minyak tanah juga dapat digunakan sebagai bahan bakar jet.

Namun yang lebih beberapa jet sudah menggunakan bahan bakar aviator turbine karena sudah menggunakan mesin turbin gas.

Beberapa pesawat jet yang menggunakan Aviator Turbine diantaranya Jet A dan Jet A-1 (Avtur) yang diproduksi dalam perlengkapan spesifikasi yang terstandardisasi secara internasional. Satu-satunya bahan bakar jet yang umum untuk digunakan dalam penerbangan bermesin turbin yaitu Jet B dan digunakan untuk menghadapi cuaca dingin.

Bahan bakar jet tersebut merupakan campuran dari sejumlah hidrokarbon yang berbeda, kemungkinan ribuan lebih. Kisaran ukurannya (berat molekul atau nomor karbon) dibatasi oleh persyaratan untuk produk, sebagai contoh, titik beku atau titik asap.

Kelebihan menggunakan bahan bakar Aviator Turbine dari bahan bakar bahan bakar jet dibandingkan dengan bahan bakar selain bahan bakar lain adalah penerbangan memiliki volalitas lebih kecil.

Demikian penjelasan materi mengenai Hasil Olahan Minyak Bumi yang mencakup pengertian minyak, pengertian minyak bumi, perbedaan minyak bumi dengan minyak tanah, apa saja yang dihasilkan dari minyak bumi dan kegunaan minyak bumi beserta manfaat minyak bumi yang telah didapatkan.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com.

Baca Juga :
Sumber Daya Tambang Beserta Manfaatnya Lengkap
Proses Pembentukan Minyak Bumi Paling Lengkap
Sumber Energi – Pengertian, Macam dan Manfaatnya