10 Gunung di Kalimantan beserta penjelasan-nya

Posted on

Gunung di Kalimantan – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Gunung di Kalimantan pengertian dan 10 gunung yang ada di Kalimantan. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Pengertian Tanah Longsor.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Gunung di Kalimantan, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Gunung

Gunung adalah lapisan permukaan bumi yang menonjol ke atas permukaan tanah atau tanah yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya.

Bisa di katakan gunung apabila permukaan tanah yang menonjol mempunyai ketinggian 2000 kaki atau 610 meter.

Di Indonesia terdapat bayak gunung, baik gunung berapi atau gunung tidak berapi. Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia yang memounyai banyak gunung. Di pulau Kalimantan terdapat gunung berapi dan bukan jenis gunung berapi.

Gunung di Kalimantan

Berikut gunung yang ada di Pulau Kalimantan:

Gunung bukit raya

Gunung bukit raya ini mempunyai tinggi 2.278 meter di atas permukaan laut. Pulau Kalimantan mempunyai bentang alam yang berbeda dari Pulau Sumatera. Pulau Sumatera sendiri di kenal dengan pulau yang mempunyai bentuk permukaan bumi dengan deretan gunung yang tinggi-timggi, berbeda dengan Kalimantan yang mempunyai gunung tertinggi dengan ketinggian yang hanya mencapai 2.278 mdpl.

Gunung bukit raya berada di provinsi kalimantan Tengah, Katingan. Yang letaknya berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka. Gunung ini mempunyai medan yang cukup berat dan sulit untuk di daki bahkan lebih sulit lagi dari gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa.

Gunung Liangpran

Gunung Liangpran adalah gunung tertinggi yang menempati posisi ke dua, gunung ini mempunyai ketinggian yang mencapai 2.240  meter di atas permukaan laut.

Gunung Liangpran ini berada di wilayah Kecamatan Long Pahangai. jarang sekali orang mengenal atau tahu tentang gunung ini, padahal pemandangan gunung ini sangat lah indah. Karena kurangnya informasi tentang gunng ini di media sosial.

Gunung Menyapa

Gunung ini mempunyai nama yang cukup unik buka “menyapa”. Di pulau Kalimantan memang banyak gunung yang namanya asing di telinga kita dan nama-nama gunung di Kalimantan ini hampir semuanya cukup unik-unik. Gunung Menyapa adalah gunung yang menempati posisi ke tinga untuk kategori gunung tertinggi du Pulau Kalimantan.

Gunung ini mempunyai ketinggian yang mencapai 2000 meter di atas permukaan laut. Gunung Menyapa ini terletak di Kalimantan Timur. Gunung Menyapa adalah gunung yang mempunyai puncak yang di bawahnya terdapat kawah yang cukup lebar. Gunung Menyapa ini dapat di katakan sebagai surga yang tersembunyi di Kalimantan.

Gunung Halau-Halau

Gunung Halau-Halau mempunyai ketinggian yang mencapai 1.892 meter di atas permukaan laut sehingga dapat menempatkan gunung ini berada di posisi ke 4 dengan kategori gunung tertinggi du Kalimantan.

Nama halau-halau adalah nama puncak yang berada di Pegunungan MaratusKecamatan Batang Alai Timur, Kalimantan Selatan. Di sekitar puncak halau-halau terdapat hutan tropis yang sudah tidak aktif lagi, meskipun tidak aktif lagi tetap medak untuk mendaki ke puncak gunung halau-halau cukut sulit.

Gunung Latuk

Gunung Latuk ini berada di Long Bena, Kalimantan Utara. Gunung Latuk mempunyai ketinggian yang mencapai 1.850 meter di atas permukaan laut.

Gunung Mesangat

Gunung Mesangat atau lebih di kenal dengan gunung Matumesangat, gunung ini berada di Provinsi Kalimantan Timur atau lebih tepatnya di perbatasan Kabupaten Kutai Timur dan Ktai Kartanegara. Gunung Mesangat ini memiliki ketinggian yang mencapai 1.847 meter di atas permukaan laut.

Gunung Tikut

Gunung Tikut atau yang leih di kenal dengan sebutan bukti Tinkung. Gunung Tikut ini mempunyai ketingggian yang mencapai 1.804 meter di atas permukaan laut.

Gunung Kerihun

Gunung Kerihun ini menempati posisi ke delapan dengan kategori gunung tertinggi di Pulau Kalimantan. Sebelumnya Gunung Kerihun ini bernama Gunung Bentuang, yang berada di wilayah Taman Nasional Betung atau lebih tepatnya berada di Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu Taman Nasional Betung ini merupakan salah satu situs warisan dunia oleh UNIESCO.  Gunung Kerihun ini mempunyai ketinggian yang mencapai 1.790 meter di atas permukaan laut.

Gunung Lawit

Gunung Lawit mempunyai ketinggian yang mencapai 1.767 meter di atas permukaan laut. Gunung Lawit berdiri kokoh di atas perbatasan Negara Indonesia dan Negara Malaysia. Gunung ini berada di rangkaian pegunungan Kapuas Hulu, yaitu yang merupakan rangkaian pegununga yang membentang dari arah barat ke Timur yang membatasi daerah Kalimantan Barat dan Sarawak Malaysia.

Letak gunung ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun tepatnya di akbupaten Kapuas Hulu. Di sekitaran gunung Lawit ini terdapat sungai, yaitu seperti sungai Embalon dan sungai Sibau.

Gunung Saran

Gunung Saran mempunyai ketinggian yang mencapai 1.758 meter di atas permukaan laut. Gunung Saran ini merupaka gunung yang masih sangat alami karena sangat jarang orang yang mengetahui. Di sekitaran gunung saran ini terdapat hutan tropis yang masih sangat lebat dan alami.

Selain itu terdapat sungai-sungai kecil yang menyimpang di jalanan gunung ini. Untuk mendaki gunung ini membutuhkan waktu selama ± 7-8 jam. Gunung saran ini berada di Temawang Bulai, Kalimantan Barat.

Itu lah 10 gunung yang berada di Kalimantan. Gunung-gunung yang berada di Kalimantan ini memang kurang terekspos, dan masih banyak orang yang belum mengetahui tentang gunung-gunung yang berada di Kalimantan ini. Sebenarnya gunung yang berada di Kalimantan ini tidak kalah indah dari gunung Sumatera dan Gunung di Pulau Jawa.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Gunung di Kalimantan yang mencakup pengertian dan 10 gunung yang ada di Kalimantan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Gunung Pangrango : Kawasan, Destinasi, Lokasi dan Fakta-nya Lengkap
Gunung Puncak Jaya : Karakteristik dan Fakta-nya Lengkap