gempa vulkanik beserta penjelasan-nya lengkap

Posted on

Gempa Vulkanik– Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Gempa Vulkanik pengertian, gempa vulkanik, dampak positif dan negatif letusan gunung serta contoh gempa letusan gunung. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Angin Pasat.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Gempa Vulkanik, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian gempa

Gempa adalah suatu getaran yang terjadi di permukaan bumi, yang di sebabkan oleh adanya pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Indonesia adalah rawan terjadinya gempa, karena indonesia mempunyai banyak gunung dan deretan pegunungan muda di dalamnya. Gempa bumi di bedakan menjadi 2 macam, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik. Pada materi kali ini kita akan membahas tetang gempa vulkanik.

Gempa vulkanik

Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena adanya aktivitas megma pada gunung berapi, gempa tersebut terjadi sebelum gunung berapi meletus. Keaktifan gunung mempengaruhi besar kecilnya ledakan atau letusan gunung berapi dan dapat menghasilkan efek gempa bumi.

Gempa bumi vulkanik dapat menjadi tanda-tanda akan meletusanya gunung berapi, tetapi tidak semua gempa bumi vulkanik menandakan bahwa gunung akan meletus.

Gempa dapat menjadi tanda-tanda letusan gunung berapi tergantung pada kekuatan gempa, dari pergeseran bebatuan di dalam gunung dapat meningkatkan tekanan magma. Aktivitas seismik yang lainnya yang menyebabkan letusan gunung adalah gelombang seismik jangka panjang. Karena hal tersebut dikarenakan oleh pergerakan magma yang sporadi secara tiba-tiba.

Dengan pergerakan tersebut dapat menghambat dari pergerakannya karena terjadinya penyumbatan. Hal ini dapat menyebabkan gempa bumi vulkanikn dan gunung meletus.

Jika membahas tentang gempa vulaknis maka tidak jauh dari gunung berapi yang meletus. Dari letusan gunung berapi dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Meskipun banyak yang mengarah ke dampak negatif, tetapi setiap segala sesuatu pasti terdapat dampak positif.

Dampak positif vulkanis

Aktivitas gunung berapi yang dapat menimbulkan dampak positif yaitu sebagai berikut:

Menambah kesuburan tanah

Material yang berada di dalam bumi ini sebenarnya banyak mengandung zat-zat yang membuat tanah menjadi subur. Saat gunung keluar mengeluarkan lahar, batuan, abu vulkanik dan awan panas ternyata mempunyai sifat yang subur untuk tanah. Tanah yang subur sangat cocok untuk bercocok tanam.

  • Menambah jumlah material bangunan

Muntahan dari gunung berapi dapat menambah material bangunana, seperti pasir dan batuan. Pasir yang di keluarkan oleh gunung mempunyai kualitas yang lebih bagu dari pada pasir yang di ambil dari sungai. Batuan yang keluar dari gunung juga mempunyai kualitas yang bagus juga dengan ukuran yang kecil sampai yang besar.

  • Dapat digunakan sebagai pembangkit listrik

Panas bumi yang ada di sekitar gunung dapat di manfaatkan untuk sumber pembangkit listrik. Dengan adanya sumber pembangkit listrik yang di hasilkan oleh panas bumi dapat dengan mudah kita manfaatkan sebagaimana yang telah di ketahui manusia hidup dengan aktivitas yang menyangkut adanya listrik.

  • Menyediakan sumber air mineral

Mata air yang di hasilkan di sekitar gunung mengandung banyak mineral. Air mineral sangat baik untuk di konsumsi oleh makhluk hidup. Di mana hampir setengah di dalam tubuh kita adalah air, jika di isi dengan air mineral terbayangkan bagaimana tubuh kita akan merespon dengan sangat baik. Air mineral ini juga dapat menguntungkan bagi masyarakat untuk di ambil sumber air dan di jual.

  • Sumber air panas yang mengandung belerang

Gunung api juga dapat menhasilkan sumber air panas yang mengandung belerang. Belerang dapat memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

  • Menambah keindahan

Gunung merupakan suatu keindahan alam yang tercipta. Dengan adanya keindahan ini banyak orang datang untuk berwisata dan untuk mendaki.

Selain dampak positif yang dapat di lihat dari meletusnya gunung berapi, ada beberapa dampak negatif yang di timbulkan. Dampak negatif yang di timbulkan dari letusan gunung berapi yaitu sebagai berikut:

Dampak negatif

Dampak negatif dari vulkanisme ialah sebagai berikut:

  • Dapat menimbulkan kerusakan alam

Material yang di keluarkan oleh gunung dapat menimbulkan kerusakan pada alam. Lahar panas, awan panas dan lahar dingin dapat membuat pohon-pohon dan binatang yang di sekitarnya mati kerena terkena dampak material yang keluar dari gunung.

  • Menimbulkan gempa

Sebelum terjadinya gunung berapi meletus biasanya akan terjadi gempa. Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

  • Menelan korban jiwa.

Saat erupsi terjadi banyak makhluk hidup akan mati tidak terkecuali manusia yang jauh dari tempat evakuasi atau mereka yang telat di evakuasi.

  • Menimbulkan kerusakan bangunan

Selain dapat menelan korban jiwa bangunan yang terkena awan panas atau lahar dari muntahan gunung berapi tersebut dapat merusak bangunan.

Itulah Dampak yang di keluarkan dari gunung api atau vulaknisme baik secara positif atau negatif.

Contoh gempa letusan gunung

Di Indonesia gempa bukan hal yang asing untuk masyarakat yang tinggal di sekitar gunung berapi. Ada beberapa contoh yang dapat kita lihat di bagian-bagian Indonesia yang telah mengalami gempa vulaknik, contoh gempa yang dapat menimbulkan letusan vulkanik yaitu seperti berikut:

  • Gempa meletusnya gunung berapi
  • Gempa meletusnya gunung kelud
  • Gempa meletusnya gunung slamet
  • Gempa meletusnya gunung krakatau
  • Gempa meletusnya gunung galunggung

Itulah beberapa contoh gempa yang dapat menimbulkan gunung meletus.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Gempa Vulkanik yang mencakup pengertian, gempa vulkanik, dampak positif dan negatif letusan gunung serta contoh gempa letusan gunung.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Proses Terjadinya Gempa : Jenis, Penyebab dan Dampak-nya Lengkap
Gempa Tektonik : Pengertian, Proses, Perbedaan tektonik dan vulkanik, dampak, pencegahan dan contoh gempa tektonik