Fenomena Geosfer beserta penjelasan-nya lengkap

Posted on

Fenomena Geosfer – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Fenomena Geosfer pengertian, bagian, macam-macam, contoh fenomena dari geosfer. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Stratosfer.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Fenomena Geosfer, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Bumi

Bumi merupakan planet yang berada di tata surya yang dapat di tempati oleh makhluk hidup. Bumi adalah planet yang di lapisi oleh udara.

Pengertian Atmosfer

Atmosfer adalah udara yang menyelimuti bumi yang memiliki ketebalan sampai berkilo-kilo meter.

Dari bumi, Atmosfer terdapat ketinggian 0 km dari permukaan tanah hingga 560 km di atas permukaan bumi.  Pada atmosfer ini mempunyai beberapa lapisan. Dan lapisan-lapisan tersebut mempunyai nama yang berbeda-beda selain nama yang berbeda tentunya memiliki manfaat dan fungsi yang berda-beda.

Pengertian Geosfer

Pengertian geosfer merupakan suatu fenomena atau suatu kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi pada permukaan bumi. Hal ini terdiri dari lapisan atmosfer, hidrosfer, litosfer, antroposfer dan biosfer.

Bumi memiliki beberapa lapisan utama yaitu:

Barisfer : lapisanintu bumi yang terdiri dari bahan yang padat yang isinya atas lapisan nikel dan ferum besi yang mempunyai jari-jari sekitar 3.470 km

Asthenosfer mautle : lapisan bumu yang terletak pada lapisan nife dan mempunyai tebal 1.700 km. Lapisan ini terdiri dari bahan cair dengan suhu tinggi dan berat sekitar 5 gr/cm.

Lithosfer : lapisan terluar dari kulit bumi yang berada di lapisan asthenosfer mautle dengan ketebalan sekitar 1.200 km dan berat rata-rata 1,8 gr/cm.

Bagian dari lapisan geosfer

Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan yang menyelimuti dan melindungi planet dari tata surya dari permukaan planet. Atmosfer terdiri dari nitrogen 78.17%, oksigen 20.97%, karbondioksida 0.0357%, argon 0.9%, gas dan uap air. Atmosfer ini dapat melindungi kehidupan pada bumi dengan menyerap ultraviolet dari matahari dan mengurangi suhu ekstrim siang dan malam.

Troposfer

Di antara lapisan atmosfer yang lainnya lapisan troposfer adalah lapisan yang paling tipis dari lapisan yang lainnya. Di lapisan ini tempet terjadinya gejala alam seperti yang telah di jelaskan pada pertemuan sebelumnya.

Stratosfer

Pada lapisan ini merupakan tempat penyerapan ultraviolet sinar matahari atau dari benda asing yang lainnya dan pemanasan global. Di lapisan ini mempunyai suhu yang semakin bertambah jika semakin naik karena bertambahnya lapisan dengan konsetrasi ozon yang bertambah juga.

Mesosfer

Lapisan mesosfer ini memiliki suhu yang kembali turun di ketinggian yang semakin naik mejadi berkurang lebih -1430 C. Di suhu yang rendah tersebut terdapat awan noctilucent yang terbentuk dari kristal es.

Termosfer

Lapisan termosfer ini dapat memantulkan gelombang radio. Sebelum adanya satelit lapisan termosfer ini bermanfaat untuk memancarkan gelombang radio pada jarak jauh.

Eksosfer

Lapisan ini berada di lapisan yang terluar dari atmosfer, yang tempat adanya refleksi cahaya matahari yang dipantulkan dari partikel debu meteoritic. Zahaya yang di pantulkan di sebut dengan cahaya zodiakal.

Macam-macam lapisan geosfer

Atmosfer lapisan gas yang melindungi planet.tidak hanya di bumi lapisan atmosfer ternyataada juga di planet seperti mars, venus, dan planet luar padraksasa tata surya

Litosfer

Bagian bumi yang paling kaku atau padat. Lapisan ini masih di katakan elastis, tetapi elastis serta keuletan litosfer tergantung dari suhu dan kelengkungan bumi. Litosfer ini bermanfaat untuk melakukan pemanasan yang berhunungan dengan konveksi yang terjadi di mantel plastik di bawah litosfer.

Hidrosfer

Hidrosfer ini dapat berupa cairan, uap dan juga es. Hidrosfer ini memiliki jumlah terbesar di lautan hidrosfer melingkupi 71% dari luas permukaan bumi.

Biosfer

Salah satu dari empet lapisan yang mengelilingi bumi dengan bersama litosfer, atmosfer, hidrosfer dan jumlah dari seluruh ekosistem.

Antroposfer

Suatu bagian dari lingkungan yang dibuat dan dimodifikasi oleh manusia yang digunakan dalam aktivitas manusia dan habitat manusia. Di antroposfer ini merupakan salah satu bagian dari permukaan bumi yang di tinggali oleh manusia.

Contoh fenomena geosfer

Fenomena di atmosfer

Perubahan musim pada belahan bumi yang dapat berpengaruh untuk kehidupan. Contohnya faktor penyebab iklim musim yaitu pada musim penghujan petani dapat memanfaatkan dengan penanman sawah.

Adanya perubahan unsur cuaca. Contohnya perbedaan jenis pakaian yang di gunakan pada saat musim dingin  dengan menggunakan pakaian yang tebal sedangkan penduduk pada musim panas mereka menggunakan pakaian yang tipis.

Fenomena di litosfer

Terjadinya gempa karena pergeseran pada lempeng tektonik. Contohya pergeseran lempeng tektonik yang terjadi di Indonesia seperti jogja dan papua serta di daerah lainnya

Terjadinya erosi, oleh karena itu di lakukan pembuatan sengkedan atau terasering pada daerah tanah miring.

Fenomena di hidrosfer

Jumlah cadangan air pada tanah yang di pengaruhi oleh peresapan air ke dalam tanah dan faktor potensi air tanah yang lainnya. Jenis batuan ini dapat menjadi penutup lahan.

Adanya salju di pegunungan jaya wijaya, Papua.

Fenomena di biosfer

Adanya persebaran flora dan fauna di berbagai belahan bumi. Contohnya seperti adanya harmau jawa, onta di arab dan lainnya. Keberagaman fauna dan flora ini dapat di manfaatkan oleh manusia, misalnya Indonesia memanfaatkan kerbau, sapi sedangkan thailand memanfaatkan gajah untuk membantu kegiatan dan aktivitas sehari-hari

Adanya keberagaman konsumsi bahan pangan karena perbedaan flora dan fauna. Contohnya inidonesia makanan pokoknya adalah nasi.

Fenomena di antroposfer

Keberagaman adat dan budaya di belahan bumi. Keberagaman ini dpaat berpengaruh pada ketrampilan , kebutuhan dan cara berinteraksi.

Terdapat potensi SDA yang berbeda-beda. Karena perbedaan ini juga dapat di manfaatkan mislanya pengolahan dan juga alat yang digunakan.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Fenomena Geosfer yang mencakup pengertian, bagian, macam-macam, contoh fenomena dari geosfer.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Stratosfer : pengertian, ciri-ciri, jenis, dan fungsi-nya lengkap
Troposfer: Pengertian, Ciri-ciri, kandungan dan mafaat-nya lengkap