Evaporasi

Posted on

Evaporasi- Hallo, apa kabarnya nih para pembaca setia materigeografi.com ? masih semangatkan untuk menambah ilmu hari ini? Oke, Pada materi kali ini akan membahas mengena evaporasi. Setelah di artikel sebelumnya kita mempelajari mengenai perbedaan stalaktit dan stalagmit maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian evaporasi, proses terjadinya evaporasi, faktor yang mempengaruhi evaporasi serta contoh-contoh evaporasi yang dapat kita temui dari beberapa kejadian maupun contoh dikehidupan sehari-hari.

materigeografi.com

Pembaca setia Situs Belajar materigeografi.com  apakah kalian mengetahui apa itu evaporasi ? mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui apa itu evaporasi namun tak menutup kemungkinan banyak dari kalian belum mengetahui apa itu evaporasi bahkan asing mendengar istilah tersebut.

Nah, oleh karena hal tersebut kali ini kami akan memaparkan materi tersebut secara terperinci pada artikel ini agar kalian dapat mengerti mengenai evaporasi baik dari pengertian evaporasi, proses terjadinya evaporasi, faktor yang mempengaruhi evaporasi serta contoh-contoh evaporasi. Mari kita simak penjabaran ulasan materi pada artikel kali ini sobat.

Pengertian Evaporasi

Evaporasi atau yang sering disebut juga dengan arti penguapanmerupakan suatu kejadian perubahan molekul di dalam keadaan cair contohnya yakni air dapat berubah menjadi gas contohnya yaitu uap air. Pada umumnya penguapan dapat disaksikan saat hilangnya cairan secara perlahan-lahan ketika terpapar gas dengan volume yang cukup besar.

Proses Terjadinya Evaporasi

Cairan yang terdapat pada molekul dapat memperoleh suatu energi yang cukup  yakni dari lingkungan dalam bentuk panas sehingga molekul tersebut dapat berubah wujud menjadi uap.

Sebagian besar  molekul tidak memiliki cukup energi untuk lepas dari cairan dimaa  cairan ini akan berubah wujud menjadi uap dengan cepat. Saat terjadinya kejadian bertumbukannya berapa molekul, molekul-molekul ini saling bertukar energi. Pada saat tertentu pengiriman energi ini berat sebelah sehingga menyebabkan salah satu molekul mendapatkan energi yang cukup untuk menembus titik didih cairan. Ketika keadaan ini terjadi dekat dengan permukaan cairan maka  molekul tersebut dapat terbang ke dalam gas dan selanjutnya “menguap”

Ketika terjadinya penguapan maka keadaan  tekanan uap lebih rendah dari tekanan atmosfir yang ada sekitarnya, kejadian evaporasi ini sering terjadi pada setiap permukaan cairan tetapi tidak pada tubuh atau volume sedangkan  Kondensasi merupakan kejadian kebalikan dari penguapan atau evaporasi. Hal tersebut dapat terjadi apabila suhu uap berubah menjadi dingin, sehingga menyebabkan uap mengembun kembali ke bentuk cair.

Beberapa cairan tampaknya tidak terjadi proses penguapan pada suhu tertentu, namun sebenarnya menguap cairan tersebut meguap, hanya saja prosesnya jauh lebih lambat dan karena itu lebih tak terlihat di dalam gas tertentu itu semua terjadi desebablan oleh cairan tersebut memiliki bberapa molekul yang pada umumnya tidak bertuakar energi satu sama lain dalam pola yang cukup buat memberi satu molekul “kecepatan lepas” – energi panas – yang diperlukan untuk berubah menjadi uap.

Faktor Yang Mempengaruhi Evaporasi (Penguapan)

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi evaporasi dilihat dari beberapa segi faktor.

Faktor yang mempengaruhi evaporasi menurut seorang ahli yang bernama Ward yakni diantaranya:

Faktor Geografi

Dilihat dari faktor geografi berikut merupakan sub faktor yang mempengaruhi kejadian evaporasi atara lain :

  • Jeluk tubuh air.
  • Kualitas air (warna, salinitas dan lain-lain).
  • Ukuran dan bentuk permukaan air.

Faktor Meteorologi

Jika dilihat dari faktor Meteorologi  faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah :

  • Kelembaban
  • Angin
  • Tekanan Barometer
  • Radiasi Matahari
  • Temperatur udara dan permukaan

Faktor-faktor lainnya

Sedangkan jika dilihat dari faktor-faktor lainya kejadian  yang mempengaruhi evaporasi yakni adalah:

  • Jeluk muka air tanah
  • Warna tanah
  • kerapatan dan tingginya vegetasi
  • Ketersediaan air  seperti hujan, irigasi dan lain-lain
  • Kandungan lengas tanah
  • Karakteristik kapiler tanah

Faktor Evaporasi Secara Umum

Sedangkan jika dilihat dari segi umum terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya yakni :

Faktor Langsung

Berikut adalah penjabaran atau bagian-bagain yang mempengaruhi dari faktor langsung yakni :

a. Tekanan Uap

Jika semakin tinggi tekanan uap air pada suatu tempat atau benda maka semakin tinggi pula proses evapora atau penguapan terjadi.

b. Sifat Cairan

cairan yang memimiliki titik didih rendah maka akan terjadi evapora atau proses penguapan lebih cepat dibanndingkan dengan cairan titik diidh tinggi

c. Teperaur atau suhu

Temperatur turut serta berpengaruh semakin tinggi temperatur pada suau benda atau tempat maka semakin besar pula terjadinya evaporasi.

d. Kecepatan serta gerak angin

Semakin tinggi kecepatan serta gerak angin berpengaruh pada kecepatan terjadinya evapora.

e. Kelembapan udara

Evapora dipengaruhi oleh semakin  tinggi kelembapan udara maka semakin rendah pula terjadinya penguapan.

f. Intensitas radiasi matahari

Semakin lama terjadinya intensitas radiasi matahari maka semakin tinggi pula proses penguapan.

Faktor Tidak Langsung

  • Dipengaruhi oleh tingkat ketinggiansuatu  tempat
  • Letak lintang berpengruh untuk evaporasi
  • Waktu atau musim yang  bervariasi selama satu tahun dimulai dari bulan Januari hingga bulan Desember

Contoh Kejadian Evaporasi

Berikut adalah contoh dari kejadian evapora yang terjadi pada kehidupan keseharian kita

  • Proses pembuatan garam dengan proses mengapkan air yang terkandung didalamnya dengan  memanfaatkan sinar matahari serta angin.
  • Cucian pakaian kalian akan kering ketika telah dijemur.
  • Tubuh berkeringat saat olahraga

Demikian artikel mengenai pengertian evaporasi, proses terjadinya evaporasi, faktor yang mempengaruhi evaporasi serta contoh-contoh evaporasi yang dapat kita temui dari beberapa kejadian maupun contoh dikehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Gerhana Bulan
Dampak Pemanasan Global
Jenis Jenis Angin