Daur Nitrogen: pengertian, Proses dan Metabolisme daur Nitrogen lengkap

Posted on

Daur Nitrogen – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Daur Nitrogen pengertian, Proses dan Metabolisme daur Nitrogen. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Siklus Air dan Tahapannya.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Daur Nitrogen, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Nitrogen

Nitrogen ialah komponen terbesar dalam komposisi Gas di atmosfer. Yang berasala dari tumbuhan, manusia, hewan yang memebutuhkan nitrogen dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Nitrogen ialah unsur utama untuk membentuk asam amino yang di gunakan dlaam molekul pembentukan protein.

Di nitrogen ini dapat di temukan dalam bentuk senyawa N2, NO2, NO3 dan NH4, hal ini dapat memenuhi ketersediaan nitrogen karena adanya daur nitrogen yang berlangsung secara terus-menerus.

Pengertian Daur Nitrogen

Daur nitrogen merupakan salah satu daur biogeokimia yang terjadi di bumi karena adanya interaksi yang terjadi antara komponen dalam ekosistem.

Proses daur nitrogen 

Nitrogen terdapat di lingkungan dalam bentuk  yang berupa bahan kimia yaitu nitrogen organik, nitrat (NO3-), amonium (NH4 +), nitrit (N02-) dan nitrogen (N2). Nitrogen organik yang berupa humus atau organisme hidup dalam produk dekomposisi bahan organik. Tahapan siklus nitrogen dapat mengubah nitrogen menjadi bentuk kimia yang lain.

Proses yang di lakukan mikroba baik untuk mendapatkan hasil energi atau memupuk nitrogen dnegan bentuk yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. 

Nitrogen ini dapat terjadi di atmosfer dan lapisan litosfer bumi. Nitrogen ini dapat berfungsi sebagai bahan baku pertumbuhan makro untuk tumbuhan. Dengan melalui proses pemecahan nitrogen yang dapat menjadi tersedianya nitrogen melalui proses berikut ini:

Petir

Petir mempunyai energi yang besar yang dapat di pakai untuk memecahkan Nitrogen di atmosfer agar dapat berekasi dengan oksigen dan membentuk Nitrat (NO3), lalu jatuh ke tanah bersamaan dengan air hujan yang di daur air yang membuat hara penting untuk kesuburan tanah.

Fiksasi

Ada bakteri yang mempunyai kemampuan untuk mengikat nitrogen (N4) di udara lalu terbentuk menjadi terikat di tanah (NO3) bakteri tersebut ialah bakteri Marsiella Crenata, Rhodospirillum, Kemoautotrof, Rhizobium, Azotobacteri dan bakteri Clostridium.

Bakteri ini bersimbiosis pada tanaman kacang-kacangan dan membentuk bintil akar. Ada 4 cara yang dapat mengkonversi unsur nitrogen menjadi lebih rektif yaitu sebagai berikut:

Fiksasi biologis

Bakteri simbiotik dan bakteri yang mempunyai hidup bebas yang dapat mengembalikan nitrogen menjadi nitrogen organik.

Industri fiksasi nitrogen

Di bawah tekanan yang besar di suhu 6000C dengan penggunaan katalis besi, nitrogen atmosfer dan hidrogen dapat digabungkan untuk membentuk amonia (NH3). Pada proses Haber-Bosch n2 diubah bersamaa dengan gas hidrogen menjadi amonia yang digunakan untuk membuat pupuk dan bahan peledak.

Penambangan

Nitrogen di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang maksimal. Pupuk nitrogen contohnya ZA dan Urea dapat di peroleh dari proses penambangan Nitrogen yang ada di udara, penambangan inni hanya dapat di lakukan dengan bantuan teknologi yang tinggi.

Daur nitrogen ialah salah satu bentuk daur biogeokimia yang di awali proses penambatan nitrogen di udara melalui fiksi yang di lakukan oleh bantuan petir dan bakteri tanah serta penambangan yang di lakukan oleh manusia. Setalah memlewati tahap penambangan akan melalui tahapan selanjutnya ialah Amonifikasi, denitrifikasi dan nitrifikasi.

Amonifikasi

Amonifikasi ialah proses pengubahan senyawa amonia menjadi ammonium. Ammium dpaat di hasilkan dari perubahan nitrat yang di ubah oleh bakteri Micrococcus Denitrifican. Pada proses ini dapat mengurangi jumlah nitrat yang ada di tanah menjadi berkurang dan bersifat merugikan tanaman.

Proses ini juga terjadi pada mayat dan metebolisme tubuh. Hasil eksresi danjasad dapat terdekomposisi oleh detritivor untuk mengahsilkan Amonia yang berubah menjadi amonium, amonium ini dapat langsung di manfaatkan tumbuhan, tetapi sebagian besar dapat digunakan untuk bakteri Aerob untuk sumber energi.

Nitrifikasi

Nitrifikasi adalah proses koversi amonium menjadi nitrat yang di bantu oleh enzim nitrogenase. Pada tahap tersebut melalui 2 tahapan yaitu tahap nitritasi dan nitratasi.

Nitritasi adalah proses konversi amonium menjadi nitrit dengan bantuan bakteri nitrosomonas dan nitratasi adalah tahapan konversi nitrit (NO2) menjadi nitrit (NO3) dengan bantuan bakteri Nitrobacter. Proses ini dapat terjadi hanya pada kondisi yang mempunyai cukup oksigen (Aerob), sedangkan kondisi tidak cukup oksigen (Anaerob).

Denitrifikasi

Proses Denitrifikasi ini ialah proses daur nitrogen yang dapat menyebabkan pelepasan nitrogen ke udara oleh kondisi anaerob dalam tanah. Di kondisi anaerob ini bakteri mengambil oksigen dari nitrat yang berada di dalam tanah. Proses ini juga dapat merugikan tanaman karena nitrit untuk kesuburan tanah menjadi berkurang.

Itulah proses daur nitrogen.

Pengertian Siklus Nitrogen

Siklus nitrogen ialah suatu proses konversi senyawa yang mengandung unsur nitrogen manjadi berbagai bentuk kimiawi.

Transformasi ini dpaat terjadi secara nonbiologis dan biologis. Silus ini di butuhkan dalam ekologi karena ketersediaan nitrogen berpengaruh pada tingkat proses ekosistem seperti, produksi primer dan dekomposisi.

Metabolisne nitrogen

Nitrogen merupakan unsur yang berlimpaih pada atmosfer yaitu 78% gas di atmosfer adalah nitrogen. Nitrogen ialah unsur yang tidak reaktif yang dalam penggunaan nitrogen pada makhluk hidup memerlukan beberapa proses yang telah di jelaskan sebelumnya.

Nitrogen merupakan komponen yang penting untuk tumbuhan yang di dalamnya terdapat senyawa. Protein dan asam nukledit dapat di serap dari tanah dalam bentuk teroksidasi dan direduksi dengan proses yang bergantung pada energi yang awalnya belum bergabung menjadi protein dan senyawa yang lainnya.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Daur Nitrogen yang mencakup pengertian, Proses dan Metabolisme daur Nitrogen.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Tanah Humus : Pengertian, Ciri-Ciri, Proses Terbentuk-nya, dan Manfaat Lengkap