Dampak Globalisasi : Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya

Posted on

Dampak Globalisasi – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai globalisasi lengkap, yang mencakup pengertian globalisasi, dampak globalisasi, karakteristik globalisasi, penyebab globalisasi, dampak positif globalisasi, dampak negatif globalisasi dan dampak globalisasi di berbagai bidang. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Hukum Kekekalan Energi.

Untuk lebih jelas pembahasan tentang materi dampak globalisasi, kalian dapat simak materi berikut ini :

dampak globalisasi – materigeografi.com

Pengertian Globalisasi

Pada dasarnya globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, ide-ide, produk, dan berbagai aspek budaya lainnya.

Secara etimologis kata globalisasi diambil dari bahasa Inggris, yaitu Mengglobal yang berarti yang universal atau komprehensif. Penambahan akhiran “isasi” dari Globalisasi kata berarti proses global. Sehingga arti dari globalisasi adalah proses sesuatu (informasi, ide, gaya hidup, dan teknologi) di seluruh dunia.

Proses globalisasi dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu ; teknologi internet, telekomunikasi dan infrastruktur transportasi, pertukaran siswa, dan lain-lain.

Secara umum, globalisasi dikaitkan dengan perubahan keseluruhan dalam bidang ekonomi, industri, gaya hidup, dan aspek kehidupan lainnya.

Teori Globalisasi

Ada beberapa teori Globalisasi yang diusulkan oleh para ahli. Salah satunya adalah teori yang diusulkan oleh Cochrane dan Pain yang menyatakan bahwa ada 3 karakter utama adalah penting dalam Globalisasi.

  • Globalis
  • Para Tradisionalis
  • Para Transformalis

Teori Globalisasi para Globalis

Adanya globalisasi akan membawa konsekuensi langsung pada kehidupan di seluruh dunia bahwa akan ada serangan budaya homogen yang menyebar di seluruh dunia. Pada hal ini, globalis positif mengatakan bahwa hal itu dapat membuat orang-orang dari dunia yang telah memikirkan budaya lebih terbuka dan toleran luar budaya mereka sendiri,

Tapi globalis negatif mengatakan bahwa itu dapat melepaskan budaya asli dari setiap masyarakat dan menganggap itu juga upaya satu negara adidaya untuk menjajah budaya lain.

Teori Globalisasi para Tradisionalis

Dalam teori ini adalah orang-orang yang tidak menganggap bahwa globalisasi yang terjadi, mereka menganggap bahwa proses yang saat ini terjadi adalah dampak dari perubahan yang telah terjadi sejak zaman kuno.

Teori Globalisasi para Transformalis

Merupakan sekumpulan orang yang ada adalah antara globalis dan tradisionalis, yang berpikir bahwa globalisasi benar terjadi, tetapi telah sangat di besar-besarkan.

Teori Globalisasi Lain Globalisasi

Teori kedua menyebutkan seorang ahli bernama George Ritzer yang mengatakan bahwa era globalisasi ditandai dengan pembangunan di bidang komunikasi seperti telepon dan televisi munculnya kemudian atasnya dengan kesadaran masyarakat global tentang hal itu.

Karakteristik Globalisasi

Globalisasi memiliki beberapa karakteristik, termasuk diantaranya:

1. Perubahan Konsep Jarak, Ruang dan Waktu

Dengan dukungan teknologi dalam bentuk televisi, smartphone dan komunikasi internet dapat dilakukan dengan cepat. Informasi dari satu bagian dunia dapat segera diketahui oleh orang bagian lain dari dunia.Kemajuan di bidang transportasi juga membuat ratusan atau ribuan kilometer dapat dicapai dalam beberapa jam atau hari.

2. Interdependensi Dalam Ekonomi dan Perdagangan

Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan dan juga dominasi organisasi internasional seperti WTO atau Organisasi Perdagangan Dunia yang menaungi perdagangan dunia dan sebagainya.

3. Keberadaan Peningkatan Interaksi Kultural

Melalui televisi dan media yang dapat lainnya manusia mendapat pengetahuan baru dan belajar lebih banyak tentang keragaman yang ada di dunia luar

4. Meningkatnya Masalah Bersama

Di zaman globalisasi, masalah yang timbul di suatu negara dapat menjadi masalah yang menjadi perhatian bersama atau internasional, seperti masalah ham, lingkungan, kejahatan perang yang dilakukan di suatu negara.

Penyebab Globalisasi

Pasti ada sebab dan pendorong yang menyebabkan globalisasi ini proses dapat terjadi, di antaranya adalah:

1. Pengembangan dan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak pada kemudahan transaksi keuangan yang terjadi di seluruh negeri.Untuk beberapa waktu ada banyak perkembangan teknologi yang berhubungan langsung dengan transaksi keuangan yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi tidak hanya di negara sendiri tetapi di negara lain.

2. Jumlah Kerjasama Internasional

Penyebab kedua untuk terjadinya Globalisasi banyak kerjasama internasional yang memfasilitasi transaksi keuangan yang sebelumnya dilakukan oleh berbagai negara. Dengan demikian, dengan sektor ekonomi yang membuat banyak produk dari luar negeri ke dalam negeri dan sebaliknya.

3. Kemudahan Transportasi

Sistem transportasi yang lebih canggih dengan mudah menyebabkan orang untuk melakukan perjalanan atau barang kapal meskipun jarak yang sangat jauh terpisah.

4. Perekonomian Terbuka

Selain itu, era globalisasi juga terjadi karena negara-negara di dunia mulai terbuka di bidang ekonomi, sehingga ada perdagangan global yang menyebabkan berbagai macam produk dipertukarkan dari satu tempat ke tempat lain.

Produk yang masuk juga harus mengandung unsur negara budaya dan lainnya yang mempengaruhi budaya dalam Negara itu sendiri. Kemudian era terakhir dari globalisasi juga didorong karena pasar uang sudah sangat global yang sekarang membuat transaksi keuangan di satu negara menjadi lebih besar.

Pada inti dari semua penyebab era globalisasi itu karena kegiatan ekonomi di antara negara-negara yang semakin terbuka sehingga memudahkan negara-negara di dunia untuk berinteraksi, membangun kerjasama di berbagai bidang yang mengakibatkan masuknya budaya baru, pengetahuan baru, hal-hal baru dari eksternal ke dalam negeri atau sebaliknya.

Dampak Globalisasi

Globalisasi memiliki dampak tersendiri dalam berbagai sektor masyarakat. Globalisasi dampak atau efek dari globalisasi bisa positif dan negatif. dan termasuk

Sebuah.

Dampak Positif dari Globalisasi

  • Kemudahan memperoleh informasi dan pengetahuan
  • Meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi
  • Kemajuan dalam teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memungkinkan orang.

Dampak Negatif dari Globalisasi

  • Mudahnya masukkan budaya barat dan pengaruh nilai-nilai budaya lokal.
  • Erosi nilai-nilai budaya seperti gotong royong dan sebagainya.
  • Degradasi lingkungan dan meningkatnya polusi udara
  • Penyelundupan merajalela barang ilegal dan barang haram

Dampak Globalisasi di Berbagai Bidang

Kemudian globalisasi juga memiliki dampak pada berbagai bidang, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan sejenisnya.

1. Dampak Dalam Bidang Politik

Dengan globalisasi yang terjadi, berbagai pemikiran politik negara telah menjadi lebih terbuka untuk mendapatkan sistem ke tatanegaraan yang lebih baik dari sebelumnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan sistem Negara atas baik instansi Negara juga berubah menjadi lebih baik, misalnya di Indonesia yang tidak akrab dengan DPD dan Mahkamah sekarang dengan globalisasi sudah terkandung dua lembaga.

Kemudian, dengan globalisasi kesadaran masyarakat tentang pentingnya politik menjadi semakin terbuka, dan partai-partai politik semakin berkembang.Namun, ada efek negatif dari globalisasi dalam politik adalah munculnya rasa haus akan kekuasaan politik dan munculnya politik uang atau kebiasaan politik yang akan membuat uang dunia dalam politik menjadi kotor dan penuh ketidak jujuran.

2. Dampak Pada Ekonomi

Dengan globalisasi adalah pemenuhan barang penting untuk orang lebih mudah, untuk berbagai barang dapat dengan mudah masuk ke negara itu dari luar negeri. Bahkan sektor ekonomi kecil tumbuh dan berpotensi mencapai pasar luar negeri.Hal ini tidak sulit saat ini untuk mendapatkan berita dan berita dari jarak ribuan kilometer dari tempat kami berada di waktu yang sama. Segala sesuatu yang kita kenal sebagai mudah tanpa perlu bisnis berat.

Tidak seperti pada jaman dulu, berita tempat lain di dunia yang telah terjadi sebulan yang lalu akan kita kenal sekarang. Keberadaan globalisasi ini tentunya juga didukung oleh teknologi yang semakin berkembang dan memfasilitasi kehidupan manusia. Dalam era globalisasi saat ini semua yang kita lakukan untuk menjadi lebih efektif dan efisien.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Dampak Globalisasi yang membahas mengenai globalisasi lengkap, yang mencakup pengertian globalisasi, dampak globalisasi, karakteristik globalisasi, penyebab globalisasi, dampak positif globalisasi, dampak negatif globalisasi dan dampak globalisasi di berbagai bidang.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Abrasi adalah : Pengertian, Penyebab dan Dampaknya
Revolusi Bumi: Pengertian, Proses, Manfaat dan Akibatnya
Angin Muson : Pengertian, Jenis dan Prosesnya