Bom Hidrogen : Pengertian, Dampak, dan Fakta.

Posted on

Dampak Bom Hidrogen – Pada maeteri kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai pengertian, fakta, dampak dari bom hidrogen. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi Bioma Taiga.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan materi Dampak Bom Hidrogen, kalian dapat simak materi berikut ini :

Seperti yang telah diketahui bahwa bom merupakan suatu bahan peledak yang umum digunakan untuk perang atau untuk suatu kejahatan maupun criminal. Bom sendiri adalah suatu bahan yang dirangkai denan menggunakan kavel khusus yang terancang dalam waktu tertentu.

Selain itu ada juga bom yang dirancang menggunaan komponen tertentu, yang dapat menyebabkan ledakan yang luar biasa, contohnya yaitu bom atom dan bom hidrogen.

Pada materi ini kita akan mempelajari mengenai bom hydrogen terlebih dahulu.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Pengertian Bom Hidrogen

Bom hydrogen adalah bom yang berup rakitan dengan menggunakan proses dasar tenaga nuklir yang berlansung jauh dalam badan matahari untuk menghasilkan suatu energi. Bom hydrogen ini dapat menyebabkan ledakan yang luar biasa besar.

Bom hidrogen memiliki daya ledak yang luar biasa, hingga ada yang mengatakan bahwa merupakan senjata penghancur tungal yang mengerikan yan diciptakan oleh manusia. Banyak dampak yang ditimbulkan dari ledakan bom hydrogen.

Dampak Bom Hidrogen

Bom hydrogen memiliki ledakan yang sangat kuat yang pernah diciptakan oleh manusia. Umumnya bom hydrogen ini dimiliki oleh negara yang memiliki kekuatan nuklir, contohnya seperti negara korea utara.

Karena menimbulkan ledakan yang sangat besar, makan bom hydrogen memiliki dampak yang besar juga, berikut dampak yang dtimbulkan dari ledakan bom hydrogen ini :

  • Panas

Panas adalah salah satu dampak yang nyata yang ditimbulkan karena bom hydrogen. Panas yang ditimbulkan sangatlah besar , hingga dapat melelehkan materi yanga ada disekitarnya.

Lebih dari sepertiga bom hydrogen saat dilepaskan merupakan bentuk panas, cahaya dan juga radiasi ringan, seperti sinar ultraviolet dan sinar-X. bom hydrogen ini juga dapat melengketkan tanah dan pasir hingga menjadi kaca, dan juga dapat menghasilkan bola api yang berukuran raksasa.

  • Cahaya

Energi lain yang kelepaskan oleh bom hydrogen adalah cahaya. Cahaya yang dikeluarkan oleh bom hydrogen ini juga sangat besar. Karena cahaya ini dapat menyebabkan kebutakan temporer hingga permanen, pada setiap mata yang menantapnya tanpa adanya perlindunan yang memadai.

  • Ledakan

Ledakan yang dihasilkan bo hydrogen ini juga sangat besar. Jika dibandingkan dengan ledakan bom yang lain, bom hidrogen memiliki lebih jauh besar energi ledakan yang dilepaskan. Pada ledakan ini penghancur utama adalah panas yang dilepaskan yang dapat menyebabkan tekanan maupun gelombang yang berlebih yang dapat menaikan tekanna atmosferik yan terpancar dari ledakan.

  • Radiasi

Sekitar 15% energi bom hidrogen ini terbuat dari radiasi, 5% radiasi yang ada yaitu berupa raidasi yang dapat menyebabkan ionisasi. Radiasi yang terjadi dari ledakan bon hidrogen akan memancarkan zat – zat tertentu.

Zat tersebut akan terus terpancar radioaktif yang berbahaya saat zat tersebut meluruh. Karena radiasi ini akan dapat menyebabkan maslaah kesehatan hingga dapat menyebabkan kelainan pada tubuh.

Fakta Bom Hidrogen

Berikut adalah fakta dari bom hidrogen :

  • Identifikasi

Bom hidrogen adalah salah satu dari perangkat nuklir yang dikombinasikan proses fisinya (pemisahan) dan fusi (penggabungan) dari materi – materi radioaktif.

Ada beberapa jenis rancangan yang digunakan, ada beberapa tidak ada hubungannya dengan hidrogen, meskipun ada perbedaan dan kesamaan secara umumnya.

Senjata termonuklir menggunakan bom nuklir normal yang proses fisinya untuk menghasilkan energi penghasil panas dan juga tekanan yang menciptakan reaksi fusi nuklir.

  • Daya dan Ukuran

Bom hidrogen merupakan senjata nuklir yang paling kuat yang pernah dibuat dari jenis fusi.

Misal yaitu Trar Bomba, adalah salah satu bom hydrogen yang diuji ledakannya oleh soviet. Hingga sekarang bom ini menjadi satu-satunya senjata paling kuat yang pernah diledakan.

Kekuatannya mencapai 50 megaton.  Pada tahun 1960, pihak AS memiliki hulu ledak W-47 yaitu rudal nuklir kapal selam. Kekuatannya mencapai 1,2 meaton, beratnya mencapai 329 kilogram . untuk perbandinan bom fisi yang pernah dijatuhkan di Hiroshima memiliki daya leday 15 kiloton.

  • Panas

Lebiih dari sepertiga bom hidrogen melepaskan energi panas, cahaya dan beberapa radiasi ringan (ultra violet dan sinar-X).

Energi panas yang dilepaskan bisa menghasilkan suhu hingga 6.300 kali lebih panas dari permukaan matahari.

Dari panas tersebut dapat melelehkan materi yang ada disekitarnya hingga melengketkan tanah dan pasir menjadi kaca.

  • Ledakan

Ledakan bom hidrogen akan menciptakan tekanan maupun gelombanng yang berlebih.

  • Radiasi

Radiasi yang keluar dari bom hidrogen 5% adalah radiasi ionisasi. Radiasi ionisasi adalah partikel yang bermuatan tinggi atu sinar gamma yang terpancar adalah bagian dari reaksi berantai fisi pada sebuah bom hidrogen.

Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai Bioma Taiga.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com