Ciri-ciri Hutan Sabana lengkap beserta penjelasan-nya

Posted on

Ciri-ciri Hutan Sabana – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Ciri-ciri Hutan Sabana pengertian, macam-macam hutan, ciri-ciri, flora dan fauna serta manfaat. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Lapisan Mesosfer.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Ciri-ciri Hutan Sabana, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Hutan

Hutan adalah area tanah luas yang di tumbuhi pohon-pohon dan tumbuhan lainnya yang lebat yang di dalamnya banyak habitat hewan-hewan.

Peranan hutan memang sangat penting untuk keseimbangan alam dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, oksigen, rumah bagi flora dan fauna dan dapat mencegah pemanasan global.

Hutan dapat di bedakan dalam beberapa jenis seperti :

Hutan Bakau

Hutan Bakau ini hidup di pantai-pantai dan berlumpur yang terkena pasang surut air. Yang bermanfaat seperti mencegah gelombang tsunami, mencegah abrasi laut, tempat tinggal ikan-ikan kecil dan spesies burung-burung laut.

Hutan Rawa

Hutan Rawa yang hidup di rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuhan. Hutan rawa memiliki ciri-ciri tanah selalu di genangi air, memiliki lapisan tanah gambut, tanamannya berukuran kecil.

Hutan Sabana

Hutan Sabana adalah hutan yang di tumbuhi oleh padang rumput yang di selingi oleh pohon dan banyak semak belukar. Ciri-cirinya di tumbuhi ilalang dan semak-semak yang banyak, di Hutan Sabana ini sangat jarang terjadi hujan begitu juga dengan suhunya yang cukup tinggi.

Hutan Musim

Hutan musim di namakan butan musim karena mempunyai perbedaan saat terjadi musim hujan dan musim kemarau. Pada saat hujan hutan ini akan tumbuh dengan lebat sedangkan pada saat kemarau hutan ini akan merenggas atau kering. Hutan musim memiliki ciri-ciri jarak pohon yang satu ke pohon yang lainnya tidak rapat, tanaman pohon di sini tidak terlalu tinggi, jenis binatang yang tinggal didalamnnya tidak terlalu banyak seperti hutan lainnya.

Hutan Hujan Tropis

Di Indonesia in lebih terkenal karena Kepulauan Indonesia yang beriklim tropis yang mengdapatkan sinar matahari lebih banyak dan memiliki curah hujan yang tinngi. Hutan Hujan Tropis ini memiliki ciri-ciri pohon-pohon di dalamnya tergolong jenis tanaman batang yang besar-besar, cukup tinggi-tinggi, daunnya lebat-lebat dan tumbuh dengan rapat-rapat.

Selain itu jenis hewan di dalamnnya sangan bervariasi dan banyak yang buas-buas. Dan terakhir Hutan Hujan Tropis ini memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sehingga tanaman akan lebih mudah tumbuh.

Setelah mengetahui macam-macam hutan. Di pertemuan kali ini kita akan membahas tentang hutan Sabana.

Hutan Sabana

Hutan sabana adalah hutan yang terbentuk di daerah perpaduan antara tropis dengan sub tropis. hutan sabana dapat terbentuk karena curah hujan yang kurang.

Hutan sabana ini mempunyai iklim yang cukup unik karena menjadi padang pasir mempunyai iklim yang tidak cukup kering dan untuk menjadi hutan tidak cukup basah. Negara yang terdapat hutan sabana ini antara lain Amerika Selatan, Australia dan Afrika.

Pengertian Hutan Sabana

Hutan Sabana adalah hutan yang lebih banyak di tumbuhi dengan rerumputan, perdu atau semak atau lebih sering di sebut di Indonesia dengan Padang Rumput.

Hutan sabana ialah seperti tanah lapang yang di penuhi dengan rerumputan dan hanya di selingi oleh beberapa pohon saja.

Ciri-ciri hutan sabana

Ciri-ciri hutan sabana ialah sebagai berikut:

  • Hutan sabana memiliki suhu yang hangat dan tetap sama sepanjang tahun
  • Hutan ini mempunyai dua musim yaitu musim basah dan musim kering
  • Saat musim kering cuaca terasa lebih dingin
  • Jika musim basah terjadi pada saat musim panas
  • Musim kering datang curah hujan yang turun hanya 4 inchi
  • Saat musim basah curah hujan yang turun hanya 15 sampai 25 inchi

Ciri-ciri hutan sabana tersebut merupakan ciri-ciri yang tidak di miliki oleh hutan lainnya. hal ini di sebabkan karena wilayah dan iklim yang berbeda dengan hutan yang lainnya.

Flora dan fauna hutan sabana

Hutan sabana yang di penuhu dengan rerumputan membuat flora dan fauna yang hidup di hutan sabana ini ialah flora dan fauna yang khas. Contoh flora dan fauna di hutan sabana ialah sebagai berikut:

Flora

Tumbuhan yang hidup di hutan ini tentunya rumput seperti yang telah di jelaskan di atas. Ada beberapa pohon yang hidup di hutan ini seperti pohon palem dan pohon akasia. Pohon-pohon yang hidup di hutan ini tidak beraturan dan jumlahnya yang sedikit.

Fauna

Hewan yang hidup di hutan sabana antara lain seperti zebra, gajah, jerapah, singadan kerbau.

Suhu dan musim hutan sabana

Suhu

Suhu yang ada di hutan sabana ini suhu yang hangat. Suhu yang hangat inin sepanjang tahun akan sama. Tetapi pada saat musim kemarau hutan ini mempunyai suhu yang dingin.

Musim hutan sabana

Hutan sabana ini mempunyai dua musim yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan.

Manfaat Hutan Sabana

Hutan sabana mempunyai manfaat yaitu sebagai berikut:

  • Mencegah tanah longsor dan juga erosi tanah
  • Penyeimbang alam
  • Tempat menyimpan cadangan air
  • Menjadi tempat tinggal binatang dan tumbuhan
  • Untuk tempat wisata dan tempat fotografi
  • Tempat mencari makanan hewan

Itulah beberapa manfaat hutan sabana.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Ciri-ciri Hutan Sabana yang mencakup pengertian, macam-macam hutan, ciri-ciri, flora dan fauna serta manfaat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Contoh Hutan Lindung di Indonesia Lengkap
Persebaran Hutan Musim: Pengertian, Ciri, Jenis dan Letaknya Lengkap