10 Cara Mengatasi Pemanasan Global beserta penjelasan-nya

Posted on

Cara Mengatasi Pemanasan Global – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Cara Mengatasi Pemanasan Global pengertian dan 10 cara mengatasi pemanasan Global. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Air Terjun Tertinggi di Dunia.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Cara Mengatasi Pemanasan Global, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem pada bumi karena terjadinya proses peningkatan suhu rata rata atmosfer, daratan bumi dan laut.

Pemanasan global membutuhkan penanganan dalam mencegah, mengatasi dan menurangi. Penyebab pemanasan global salah satunya adalah penggunaan bahan bakar fosil yang dapat mengakibatkan meningkatnya kadar karbon dioksida pada atmosfer. Setiap tahun penggunaan bahan bakar fosil meningkat 1%.

Pada sebelumnya ada materi yang menjelaskan tentang akibat pemanasan global, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara mengatasinya.

Dengan mengatasi pemanasan global efeknya dapat di rasakan jika di lakukan secara terus menerus yang dapat mendingkan bumi. Cara mengatasi pemanasan global dapat diguanakan juga untuk mengurangi, mengatasi, mencegah dan menanggulangi dampak dari pemanasan global.

10 Cara Mengatasi Pemanasan Global

Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil

Hasil dari pembakaran bahan bakar fosil yaitu gas karbon dioksida yang merupakan gas buangan. Dengan alat transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak dengan jumlah cukup banyak, maka karbon dioksida yang di buang ke atmosfer akan semakin banyak.

Dampak yang di timbulkan adalah pemanasan global yang semakin buruk. Dengan minimalisir penggunaan alat transportasi yang berbahan bakar fosil dapat mengurangi gas karbon dioksida di atmosfer.

Menggunakan energi alternatif

Dengan menggunakanb energi alternatif dapat juga minimalisir hal-hal yang dapat menjadi penyebab pemanasan global. Selain alat transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil, ada alat pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar fosil juga.

Pembangkit listrik yang berbahan fosil harus di ganti dengan energi yang lebih baik, seperti angin, air, sinar matahari, biomassa dan panas bumi. Energi tersebut pada saat ini berlimpah tetapi belum dapat di gunuakan dengan semaksimal mungkin.

Tidak menebang pohon sembarangan

Pohon adalah tumbuhan yang dapat menghasikan oksigen dan dapat menyerap gas CO2. Dengan tidak menebang pohon sembarangan dapat mengurangi dampak penebangan hutan dan dapat menjaga kelestarian hutan.

Salah satu fungsi hutan yaitu sebagai paru-paru dunia dan penyeimbang ekosistem. Hutan yang sama sekali belum terjamah oleh manusia adalah hutan yang paling bagus kehidupan ekosistemnya sehingga banyak hewan dan tumbuhan yang hidup dan bertahan dari pengaruh lingkungan.

Melakukan penanaman pohon

Penanaman pohon kembali atau reboisasi sangat penting bagi kelestarian dunia. Pohon yang mempunyai klorifil sangat bagus untuk mengolah air, karbon dioksida, sinar matahari dan unsur hara menjadi bahan organik dan oksigen. Keberadaan oksigen sangat di butuhkan karena oksigen adalah salah satu faktor penetu kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi.

Alasan  tersebut menjadi kenapa banyak pohon yang di tanam di bum, maka akan semakin banyak udara yang dapat di bersihkan dari berbagai macam polut. Sebelumnya juga kita sudah membahas tentang polutan udara dan fungsi hutan.

Melakukan penghematan listrik

Listrik adalah salah satu bentuk energi yang di butuhkan oleh manusia. Listrik yang di gunakan pada saat ini kebanyakan menggunakan bahan bakar fosil yang mengahasilkan gas karbon dioksida seperti yang sudah di sebutkan di atas. Semakin tinggi dalam penggunaan listrik, maka akan semakin tinggi gas buangan yang berpengaruh pada efek rumah kaca yang semakin memburuk.

Tidak menggunakan alat yang mengahasilkan Gas CFC

Gas CFC adalah senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin. Gas CFC ini biasannya terdapat pada peralatan pendingin udara. Pada saat ini CFC merupakan penyumbang 20% dalam proses terjadinya efek rumah kaca. Maka dari ini penggunaan dari alat seperti AC dan kulkas yang dapat menghasilkan CFC tersebut setidaknya di minimalisir untuk menhindari efek rumah kaca dan pemanasan global.

Memperbaiki kualitas kendaraan dengan Uji Emisi

Kendaraan yang dapat mengakibatkan meningkatnya emisi gas buang. Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran mesin kendaraan seperti kendaraan baeroda, pesawat terbang atau perahu yang menggunakan mesin.

Dengan mengawasi dan memperketat pada uji emisi di perluakan untuk mengetahui kondisi kedaraan tersebut sudah dalam keadaan prima atau belum. Dengan kondisi yang lebih prima dapat mengurangi dampak, karena menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

Menerapkan sistem budidaya peteranakan dan pertanian yang baik

Penggunanan pupuk pestisida yang berlebihan dan terlalu sering dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Tetapi dengan menggunakan pupuk organik yang tidak tepat dapat berdampak buruk pada lingkungan.

Pupuk organik yang belum matang akan berdampak pada terjadinya efek rumah kaca. Karena kotoran hewan yang belum matang adalah sumber gas metana yang dapat mengakibatkan terjadinya efek rumah kaca. Oleh karena itu penggunaan pupuk organik harus di perhatikan, pupuk tersebut sudah mengalami proses dekomposisi.

Melakukan R3( Reduce, Reuse dan Recycle)

Reduce yang mempunyai arti penghematan dan mengurangi sampah.

Reuse adalah cara pemanfaatan sampah atau memanfaatkan kembali barang yang masih dapat digunakan untuk kedua kalinya.

Dan recycle merupakan mendaur ulang barang yang tidak dapat di gunakan menjadi barang yang lebih bermanfaat. 

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Cara Mengatasi Pemanasan Global yang mencakup pengertian dan 10 cara mengatasi pemanasan Global.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Akibat Pemanasan Global Lengkap Dengan Penjelasan-nya
Penyebab Pemanasan Global : Dampak dan Cara Mengatasi-nya Lengkap