Bioma Tundra : Pengertian, Jenis, Proses Terbentu-nya, Ciri-Ciri, Dampak Negatif & Positif, dan Penyebaran Ekosistem-nya Lengkap

Posted on

Bioma Tundra – Pada maeteri kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai pengertian,ciri-ciri, proses terbentuknya, jenis, penyebaran ekosistem, dan dampak negatif dan positif pada bioma tundra. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi Tanah Humus.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan Bioma Tundra, kalian dapat seimak materi berikut ini :

Ada banyak macam jenis bioma yang ada di bumi ini, antara lain bioma hutan hujan, bioma gurun, bioma tundra, bioma padang rumput, dan lain sebagainya. Setiap bioma tersebut memiliki ciri khas masing – masing yang membedakan antara bioma satu dengan bioma yang lainnya.

Materi kali ini yang akan kita bahas adalah bioma tundra. Ada beberapa hewan dan juga tanaman yang memiliki ciri khas tersendiri yang dapat beradaptasi dengan kondisi ataupun iklim yang ditempat tersebut, atau disebut dengan bioma tundra.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap.

Pengertian Bioma Tundra

Bioma tundra yaitu adanya sebuah ekosistem yang berada pada suatu daerah yang luas yatu yang berupa daratan tanpa adanya pepohonan.

Bioma tundra ini hanya berada di kutub utara dan juga kutub selatan, khususnya berada di sekitar Artik, Greenland, dan Antartika, dan juga terdapat dipulau pulau kecil di sekitar Antartika.

Bioma tundra memiliki pemandangan yang indah yaitu dimana tidak terdapat pepohonan  dan yang ada hanya hamparan saju. Hal ini dikarenakan daerah tundra memiliki cuaca yang sangat rendah dan hanya terdap sedikit hujan.

Pada wilayah tundra memiliki musim  untuk petumbuhan tubuhan yang buruk selain itu juga memiliki nutrisi yang buruk.

Masyarakat yang berada disekitar daerah tundra memiliki nutrisi seperti bahan organik mati dan juga nutrisi utamanya yaitu nitrogen dan juga fosfor.

Proses Terbentuknya Bioma Tundra

Terbentunya bioma tundra ini disebabkan karena lingkungan alam yang sangat gelap dan dalam kurum waktu yang lama. Sehingga sinar matahari tidak bisa menerangi area ini.

Pada daerah tundra ini ada juga yang terdapat dimana area tersebut terkena sinar matahari, sehingga ada juga beberapa pohon kecil pada area tersebut. Namun kebanyakan hanya terdapat lumut, terutama yaitu terdapat tanaman yang berlumut yang juga menghasilkan kerak lumut.

Jenis Bioma Tundra

Jenis bioma tundra ini memiliki dua maca, yaitu :

Arktik

Arktik terbentuk sejak 15.000 tahun yang lalu, dan juga Arktik ini merupakan daerah taermuda di dunia. Arktik berada di kutub utra, khususnya yaitu diantara kutub utara dan jutah jenis konifera atau berupa wilayah yan dikenal dengan perairan basah.

Bagian yang disebut dengan semak, yang terdiri dari daerah aliran sungai dan juga lembah yang memiliki fungsi sebaga habitat keanekaragaman hayati Vegetasi.

Alpine

Alpine berada di atas permukaan pegunungan yang hampir mencapai ketinggian paling tinggi di dunia. Tanah pada daerah alpine ini sudah terkuras dan juga tanpa nutrisi, karena hal ini maka akan mustahil untuk jenis pepohonan tumbuh.

Beberapa bagian pada daerah alpine dikenal dengan tanah kering. Dan vegetasi pada daerah ini yaitu didominasi dengan rumput alang-alang, perdu, lumut, daun, dan juga lichen.

Ciri – Ciri Bioma Tundra

Bioma tundra memeliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Seluruh wilayah tundra hampir tertutup oleh salju/es, atau biasa disebut dengan gurun es.
  2. Memiliki musim dingin yang panjang dan juga gelap. Dan saat musim panas juga panjang dan terang. Hal ini terjadi sebab adanya gerak semu matahari yaitu berada di posisi 23,5O LU/LS.
  3. Permafrost, yaitu berarti yang berada di bawahnya membeku secara permanen.
  4. Adanya kecepatan angin yang tinggi, dan juga memiliki suhu yang dingin, sehingga dapat menciptakan komunitas tumbuhan yang sama, atau disebut dengan tundra alpine.
  5. Sedikitnya curah hujan yang turun pertahunnya. Air yang turun dari hujan tidak dapat tembus ke permafrost, dan air tersebut akan mennumpuk didalam kolam yang diatasnya bunga tanah dangkal hal ini terjadi saat musim panas yang pendek.
  6. Bioma tundra ini hampir menutupi sebagian luas di Arktik, yaitu mencapai 20% permukaan bumi.
  7. Adanya keanjaragaman biotik yang rendah, struktur vegetasi yang sederhana, dan juga jika ada tanaman hanya berusia pendek, yaitu 30-120 hari atau 1 – 4 bulan.
  8. Mterdapat musim tanam yang hanya berkisar 50 – 60 hari, dan suhu rata-ratanya yaitu 3 – 12o C diaman suhu tersebut dapat memungkinkan bioma tundra hidup.
  9. Adanya curah hujan tahunan, yaitu juga didampingi denan salju yang mencair sekitar 15 – 25 cm.
  10. Adanya energi dan nutrisi dalam bentuk bahan organik yang sudah mati.
  11. Nitrogen tercipta karena fiksasi biologis dan juga fosfor yang terbuat karena adanya curah hujan.
  12. Adanya tanama yang bisa melaukan fotosintesis pada teperatur yang rendah dan intensitas cahaya yang rendah.

Dampak Negatif Hilangnya Bioma Tundra

Jika bioma tundra ini menhilang, akan menyebabakan pemanasan pada Kawasan, yang akan menyebabkan berkurangnya penyebaran keanekaraaman spesies dan keanekaragaman hayati.

Dampak Positif Adanya Bioma Tundra

Bioma tundra ini memiliki dampak positif saat pembentukaanya sejak zaman es. Dampaknya yaitu adanya keseimbangan keanekaragaman hayati flora maupun fauna pada bumi.

Penyebaran Ekosistem Bioma Tundra

Flora Bioma Tundra

  • Ekosistem tundra ini terdapat di rawa yang tertutup rumput, kapas, dan juga bukit gambut.
  • Ditemukan dilahan yang basah yatiu seperti Greenlnd, yang mana banyak terdapat semak-semak.
  • Terdapat pada daerah kering yang dimana tertutup oleh luut, tumbuhan misterius dan juga ada beberpa tanaman berdaun cukup lebar.
  • Dapat juga terjadi pada daerah dengan lereng yang berbatu yang diman terdapat lumut.

Fauna Bioma Tundra

  • Memiliki bulu yang tebal, contoh bison kutub, rusa, pinguin, sina laut, rubah, beruang kutub, dan juga kelinci salju.
  • Terdapat juga ungags, yaitu seperti elang dan burung hantu.
  • Terdapat juga dilautan yaitu terdapat paus putih dan juga paus bertanduk.

Demikian penjelasan materi membahas membahas mengenai Bioma Tundra.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Bioma Gurun: Pengertian, Komponen, Jenis dan Ciri ciri-nya Lengkap
Bioma Sabana