Benua Di Dunia : Luas, Letak dan Asal Usul-nya Lengkap

Posted on

Benua di Dunia – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai pengertian benua, dan nama-nama benua beserta asal-usul namanya lengkap. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Siklus Karbon.

Materigeografi.com

Untuk lebih jelas pembahasan materi Benua di Dunia, kalian dapat simak materi berikut ini :

Tentunya kita semua tahu tentang benua, benua Asia, Eropa, Australia, Afrika, Amerika utara, Amerika selatan dan benua Antartika. Dari nama-nama benua tersebut mereka memiliki arti masing-masing. Dahulu benua-benua tersebut menjadi satu dan dinamai dengan “Pangaea”.

Sebelum pembahasannya lebih mendalam, kita harus tahu terlebih dahulu pengertian benua.

Pengertian Benua

Benua atau Continent merupakan suatu wilayah daratan yang sangat luas dan berada di permukaan bumi. Dalam artian yang sempit maka benua merupakan suatu wilayah daratan dan  saling terhubung, dimana pada garis pantai dan juga batasan daratan lainnya yang membentuk tepi benua.

Ada yang mengatakan bahwa benua merupakan kumpulan daratan yang terhubun satu sama lain yang menjadi besar dan yang terpisah oleh air. Setiap benua dibatasi atau dikelilingi oleh samudera.

Dari tujuh banua yang ad benua asia memiliki luas daratan 44.578.000 km2 sekitar 29.5% dari daratan dibumi. Dan benua yang paling kecil adalah benua Australia yaitu luasnya 9.008.500 km2 atau 5% dari daratan dibumi.

Nama Benua Dan Asal Usul Namanya

Ada 7 benua di bumi, yang memiliki luas yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya :

1. Benua Asia

Nama Asia dimbil dari Bahasa Yunani kuno Ἀσία’ yang dibacanya “Asia”

Nama ini dulu dipakai untuk menyebut daratan yang berada di tepi timur laut egea yang kemudia digunakan untuk menyebut wilayah Anatolia yang saat ini wilayah tersebutt merupakan bagian dari Turki.

Nama asia dulu belum digunakan untuk seluruh Kawasan di Asia, tetapi hanya beberapa wilayah saja.

Ada yang berpendapat  bahwa kata Asia memiliki arti “Negeri Matahari”

Benua Asia sendiri memiliki luas daratan 44.579.000 km2 (29,5%), populasi penduduk di Asia sekitar 4.164.252.000 jiwa (60%), memiliki kepadatan penduduk hingga 95/km2. Jumlah negara dalam benua Asia ada 45 negara.

2. Benua Afrika

Kata Afrika berawal dari bangsa Romawi. Bangs romawi dahulu menyebut wilayah afrika (pada wilayah Tunisia) dengan sebutan Africa Terra. Nama ini diambil dari suku asli yaitu “Afri”.

Ada yang berpendapat bahwa nama afrika diambil dri Bahasa Phoenicia “afar” yang memiliki arti “Debu” dan kata “ica” yang memiliki arti “negeri”. Maka afrika memiliki arti negeri debu, karena pada wilayah afrika utara memiliki iklim gurun.

Benua Afrika sendiri memiliki luas daratan 30.370.000 km2 (20.4%), populasi penduduk di Afrika sekitar 1.020.201.229 jiwa (15%), memiliki kepadatan penduduk hingga 33.7/km2. Jumlah negara dalam benua Afrika ada 54 negara.

3. Benua Amerika Utara

Ada yang mengtakan bahwa benua amerika berasal dari pelancong Italia, Amerigo Vespucci.

Para ahli kartogragi atau ilmu membuat peta, berpendapat bahwa merigo merupakan orang yang pertama mempercayai bahwa seluruh wilayah amerika adalah benua yang tidak terhubung dengan asia.

Maka nama beliau digunakan dalam peta yang dibuat oleh Martin Waldseemuller.

Yang saat ini disebut dengan Amerika utara dan Amerika selatan.

Benua Amerika Utara sendiri memiliki luas daratan 24.490.000 km2 (16.5%), populasi penduduk di Amerika Utara sekitar 542.056.000 jiwa (8%), memiliki kepadatan penduduk hingga 22.1/km2. Jumlah negara dalam benua Amerika Utara ada 12 negara.

4. Benua Amerika Selatan

Asal usul benua Amerika selatan sama denga nasal usul benua amerika utara, yaitu.

Ada yang mengtakan bahwa benua amerika berasal dari pelancong Italia, Amerigo Vespucci.

Para ahli kartogragi atau ilmu membuat peta, berpendapat bahwa merigo merupakan orang yang pertama mempercayai bahwa seluruh wilayah amerika adalah benua yang tidak terhubung dengan asia.

Maka nama beliau digunakan dalam peta yang dibuat oleh Martin Waldseemuller.

Yang saat ini disebut dengan Amerika utara dan Amerika selatan.

Benua Amerika Selatan sendiri memiliki luas daratan 17.840.000 km2 (12%), populasi penduduk di Amerika Selatan sekitar 392.555.000 jiwa (6%), memiliki kepadatan penduduk hingga 22/km2. Jumlah negara dalam benua Amerika Selatan ada 12 negara.

5. Benua Antartika

Kata antartika berasal dari bahawa Yunani yaitu “Antarktike” yang memiliki arti “lawan dari selatan”. Hal ini karena benua ini berada paling selatan bumi.

Ada yang mengatakan nama tersebur diberikn oleh ahli kartografi yitu John George Bartholomew.

Nama ini sebelumnya pernah digunakan oleh bangsa Perancis untuk menyebt suatu wilayah kekuasaan Brasil.

Benua Antartika sendiri memiliki luas daratan 13.720.000 km2 (9.2%), populasi penduduk di Amerika Utara sekitar 4.490 jiwa , memiliki kepadatan penduduk hingga 0.0003/km2. Jumlah negara dalam benua negara pada benua Antartika – .

6. Benua Eropa

Asal usul benua eropa yaitu dari Europa yaitu merupakan salah pasangan Zeus dalam mitologi Yunani.

Ada yang berpendapat bahwa nama eropa diambil dari Bahasa Akkadia “Erebu” yang memiliki arti “terbenam” dan kata  “ereb”dari Bahasa Phoenicia yang memiliki arti “malam, barat”

Nama eropa dulu tidak dipakai untuk seluruh Kawasan eropa tetapi hanya beberapa wilayah, yang saat ini wilay tersebut merupakan bagian dari Turki.

Benua Eropa sendiri memiliki luas daratan 10.180.000 km2 (6,8%), populasi penduduk di Eropa sekitar 738.199.000 jiwa (11%), memiliki kepadatan penduduk hingga 72.5/km2. Jumlah negara dalam benua Eropa ada 45 negara.

7. Benua Australia

Kata Australia memiliki asal dri nama terra australis incognita dalam Bahasa latin memiliki arti “negeri di selatan yang tidak diketahui”.

Nama ini mulai dikenal pada saat zaman Romawi kuno, walupun bangsa romwi kuno tidak pernah ke Australia.

Saat bangsa eropa ini menemukan benua Australia, nama terra australis incognita tetap digunakan.

Benua Austrlia sendiri memiliki luas daratan 9.008.500 km2 (5.9%), populasi penduduk di Australia sekitar 29.127.000 jiwa (0.4%), memiliki kepadatan penduduk hingga 3.2/km2. Jumlah negara dalam benua Australia ada 14 negara.

Demikian penjelasan materi membahas mengenai pengertian, dan nama benua beserta asal-usul namanya.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga :
Karakteristik Benua Amerika Lengkap
Karakteristik Benua Afrika Lengkap
Benua Terluas Di Dunia – Jumlah Penduduk dan Luasnya
Karakteristik Benua Asia Beserta Penjelasan dan Cirinya