Batuan Breksi: Pengertian, Kandungan, Jenis dan Manfaat-nya Lengkap

Posted on

Batuan Breksi – Pada materi kali ini materigeografi.com akan membahas mengenai Batuan Breksi yang mencakup pengertian, kandungan, proses terbentuknya, jenis dan manfaat batuan breksi. Setelah pada materi sebelumnya kita telah membahas materi tentang Gunung di Sumatera.

Untuk lebih jelas pembahasan materi tentang Batuan Breksi, kalian dapat simak materi berikut ini :

materigeografi.com

Pengertian Batu Breksi

Batu breksi merupakan batuan sedimen klastik yang tersusun atas fragmen bersudut besar, yaitu terbentuk dari pelapukan batuan beku.

Batu gragmen mempunyai ukuran lebih besar dari 2 mm, ruang antara fragmen dapat di isi dengan partikel yang lebih kecil atau semen yaitu mineral yang mengikat batuan secara bersama sama. Warna pada batuan breksi dapat di lihat dari warna matriks, semen dan fragmennya. Batuan breksi mirip dengan batuan konglomerat.

Perbedaan batu breksi dengan batu konglomerat ialah, batuan breksi mempunyai bentuk sudut fragmen yang angular sedangkan batuan konglomerat memiliki bentuk membundar. Batuan breksi merupakan batuan sedimen klastik yang tersusun dari butiran butiran fragmen dengan diameter yang lebih besar dari 2 mm dengan membentuk sudut sudut fragmen yang angular.

Morfologi Batuan Breksi

Pada batuan breksi mengandung komposisi material sesuai dengan batuan berasal dari mana batu tersebut. Selain dari asal tempat batuan, variasi dalam batuan breksi di pengaruhi oleh iklim tempat berlangsungnya pengendapan. Koposisinya tersebut ialah mineral rijang, kuarsa, batu gamping, granit dan lainnya.

Kandungan Batuan Breksi

Batuan breksi di bedakan berdasarkan mineral penyusunnya ialah sebagai berikut :

  1. Granit breksi, yang berbentuk dari pelapukan batuan granit.
  2. Breksi rijang, yang terbentuk dari pelapukan batu basal
  3. Andesit, yang terbentuk dari pelapukan batuan andesit
  4. Batuan breksi dapat di lihat dari warna penampakan morfologi yang berwarna hijau, kekuningan atau coklat keputihan.

Proses terbentuknya batu breksi

Batuan breksi terbentuk dari sebuah singkapan. Yang terdapat puing puing sisa pelapukan batuan beku. Lalu sisa sisa tersebut terbawa aliran dan terendap di dekap singkapan. Setalah itu sisa batuan beku akan terurai menjadi fragmen yang terikat dengan mineral. Selanjutnya fragmen tersebut yang akan menjadi batu breksi.

Peristiwa geologis yang dapat membuat pembentukan batuan breksi, yaitu antara lain :

  • Intrusion – related breccia
    adalah pembentukan batuan breksi langsung dari gerakan intrusi magma.
  • Stike – slip fault – releted breccia
    adalah batuan breksi yang di akibatkan oleh sesar relatif mendatar
  • Discollusion – collaps breccia
    ialah proses pembentukan yang terjadi karena reruntuhan di dalamnya rongga gua.

Jenis jenis Batuan Breksi

Jenis jenis batuan breksi sebagai berikut:

Berdarkan sifat kimia dan pembentukan jenis batuan breksi di bedakan menjadi lima jenis yaitu antara lain :

1. Batuan Breksi Sedimentary

Batuan breksi sedimentary merupakan batuan yang terbentuk dari sudut sudut subangular yang dapat di pengaruhi dari pergerakan acak fragmen endapan.batuan ini dapat di temukan di tepi tepi sungai yang mengalir.

2. Batuan Breksi Tektonik

Batuan breksi tektonik terbentuk dari benturan yang terjadi antara dua balok batuan yang terbwa arus yang saling menghantam. Fragmen tersebut kemudian mengendap dan bersatu membentuk menjadi batuan breksi tektonik atau fault.

3. Batuan Breksi Igneous

Batuan breksi igneous atau beku adalah batuan sedimen yang terbentuk langsung dari sebuah pengendapan batuan beku akibat magma. Batuan breksi igneous atau beku ini terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Batuan breksi vulkanik dari ekstrusi magma letusan gunung berapi eksplosif
  • Batuan bresi intrusif terbentuk karena intrusi magma.

4. Batuan Breksi Impact

Batuan breksi impact terbentuk karena hantaman meteorid yang jatuh di bumi. Batuan breksi impact terbentuk di bawah kawah.

5. Batuan Breksi Hydrothermal

Batuan breksi Hydrothermal terbentuk dari bawah kerak bumi yang mempunyai suhu 150 samapi 3500 C. Proses terbentuknya Batuan breksi Hydrothermal karena aktivitas seismik atau vulkanik yang kosong di bawah rongga bawahnya.

Manfaat batuan breksi

Batuan breksi dapat di manfaat untuk ornamen hiasan sejak massa sebelum masehi.

  • Pada zaman dahulu di mesir kuno di gunakan untuk bahan dasar pembuatan patung patung yang memiliki nilai religius.
  • Sedangkan orang orang Romawi di gunakan untuk membuat marmer sebagi ornamen hiasan pada dinding rumah atau sebagai bahan bangunan. Dengan menandakan orang orang tersebut adalah orang yang terpandang.
  • Batu Breksi dapat di olah menjadi berbagai bentuk benda untuk rumah tangga dapat di lihat dari bentuknya yang cukup besar.
  • dan dapat di olah menjadi bentuk vas bunga yang cantik.

Demikian penjelasan materi mengenai tentang Batuan Breksi yang mencakup pengertian pengertian, kandungan batuan breksi, proses terbentuknya batuan breksi, jenis jenis batu breksi dan manfaat batuan breksi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang memiliki minat di bidang geografi dan ilmu geografi. Sampai jumpa di materi selanjutnya para pembaca materigeografi.com

Baca Juga:
Jenis Jenis Batuan Paling Lengkap
Proses Terjdinya Siklus Batuan : Pengertian, Proses Batuan, dan Siklus Batuan Beku, Listosfer, dan Metamorf Penjelasan Secara Lengkap
Batuan Andesit : Pengertian, Manfaat dan Prosesnya